Comscore Tracker

Disebut Tanaman Paling Serbaguna, Intip 7 Kegunaan Pohon Kelapa yuk!

Dari atas sampai bawah, semuanya bermanfaat

Indonesia adalah negara dengan garis pantai terpanjang ketiga di dunia. Salah satu tanaman yang biasa tumbuh di tepi pantai adalah pohon kelapa. Pohon yang bisa tumbuh hingga setinggi 30 meter ini disebut sebagai tanaman paling serbaguna. Mulai dari atas sampai bawah, semuanya bisa dimanfaatkan!

Apa kegunaan tiap bagian dari pohon kelapa? Mari kita kupas tuntas manfaat pohon kelapa dalam artikel berikut ini! Geser layarmu ke bawah, ya!

1. Daging buahnya kaya nutrisi dan serat

Disebut Tanaman Paling Serbaguna, Intip 7 Kegunaan Pohon Kelapa yuk!hivisasa.com

Berbicara soal buah kelapa, pikiran kita langsung terbayang dengan daging buahnya yang putih, tebal dan manis. Dalam satu cangkir (80 gram) daging kelapa segar, memiliki total 283 kalori, 3 gram protein, 10 gram karbohidrat, 27 gram lemak, 5 gram gula, 7 gram serat dan mencukupi 60 persen kebutuhan zat mangan harian, ungkap laman Health Line.

Selain itu, daging buah kelapa kaya akan antioksidan, mineral dan vitamin. Serat dalam daging buah kelapa bisa menyehatkan usus dan melancarkan sistem pencernaan. Daging buah kelapa juga bisa meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat. Asyiknya, konsumsi daging buah kelapa rutin bisa membantu menurunkan berat badan!

2. Air kelapa bermanfaat untuk melawan diabetes

Disebut Tanaman Paling Serbaguna, Intip 7 Kegunaan Pohon Kelapa yuk!stabroeknews.com

Saat sedang berpanas-panasan di pantai, meminum segelas air kelapa muda terasa sangat menyegarkan! Bukan hanya segar, ada segudang manfaat di balik air kelapa muda. Satu cangkir air kelapa berukuran 240 ml mengandung 46 kalori, 9 gram karbohidrat, 3 gram serat, 2 gram protein serta mencukupi 10 persen kebutuhan vitamin C harian.

Mengonsumsi air kelapa bisa menurunkan radikal bebas, menurunkan kadar gula darah, melawan diabetes, mencegah batu ginjal, mengurangi risiko terkena masalah jantung, menurunkan tekanan darah, mencegah dehidrasi dan mengandung antioksidan, terang laman Health Line. Satu gelas yang kaya nutrisi!

3. Minyaknya bisa menyehatkan rambut!

Disebut Tanaman Paling Serbaguna, Intip 7 Kegunaan Pohon Kelapa yuk!drtaylorwallace.com

Bukan hanya itu, minyak kelapa juga kaya akan manfaat! Minyak kelapa tidak hanya dimanfaatkan untuk memasak, tetapi juga untuk kesehatan, kecantikan dan perawatan tubuh. Dalam satu sendok makan minyak kelapa mengandung 120 kalori, 14 gram lemak, 0 gram protein dan 0 miligram kolesterol, terang laman The Street.

Minyak kelapa adalah kondisioner alami untuk rambut. Apabila digunakan rutin, minyak kelapa bisa membuat rambut lembut dan ternutrisi. Minyak kelapa juga banyak dipakai untuk perawatan luka bakar, melembapkan kulit dan melindungi kulit dari sinar matahari. Kandungan vitamin E di dalamnya juga bisa melembutkan kulit.

4. Kulitnya bisa dipakai sebagai wadah makanan dan kerajinan tangan

Disebut Tanaman Paling Serbaguna, Intip 7 Kegunaan Pohon Kelapa yuk!whatshot.in

Setelah daging, air dan minyaknya dipakai, kulit atau batok kelapa tidak dibuang begitu saja. Batok kelapa dimanfaatkan untuk banyak keperluan, seperti jadi tempat makan, kerajinan tangan dan aksesori. Apabila dibentuk dengan baik, batok kelapa bisa menjadi komoditas bernilai jual tinggi, lho!

Selain itu, arang dari pembakaran batok kelapa juga tak kalah bermanfaat! Arang kelapa menghasilkan karbon aktif dan dipakai sebagai bahan pembuatan obat-obatan, sabun dan pasta gigi. Untuk memperoleh 1 ton arang kelapa, dibutuhkan lebih dari 50.000 batok kelapa dan harus dibakar dalam suhu antara 300-500 derajat Celsius.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Baobab, Pohon Kehidupan Raksasa Berusia Ribuan Tahun

5. Daunnya bisa dimanfaatkan untuk membuat atap dan bahan bangunan

Disebut Tanaman Paling Serbaguna, Intip 7 Kegunaan Pohon Kelapa yuk!youtube.com

Daun kelapa bukan hanya meneduhkan kita dari sengatan matahari. Tetapi, daun kelapa bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan! Seperti digunakan untuk membuat atap dan dinding pada bangunan tradisional. Selain itu, daun kelapa bisa dianyam dan dipakai untuk kerajinan tangan. Multifungsi, ya?

Disebut Tanaman Paling Serbaguna, Intip 7 Kegunaan Pohon Kelapa yuk!commons.wikimedia.org
Disebut Tanaman Paling Serbaguna, Intip 7 Kegunaan Pohon Kelapa yuk!flickr.com
Disebut Tanaman Paling Serbaguna, Intip 7 Kegunaan Pohon Kelapa yuk!new12.access.ly

Saat lebaran tiba, daun kelapa banyak dibutuhkan sebagai bahan utama dalam membuat ketupat. Kerajinan tangan dari daun kelapa pun banyak macamnya. Hasil kerajinan bisa berupa topi, tas, keranjang, aksesori, kipas dan lain sebagainya. Penduduk pesisir bisa mencari penghasilan tambahan dengan membuat kerajinan dari daun kelapa!

6. Kayunya dimanfaatkan sebagai bahan bangunan

Disebut Tanaman Paling Serbaguna, Intip 7 Kegunaan Pohon Kelapa yuk!wsimag.com

Lihatlah rumah dalam foto di atas, cantik kan? Rupanya, bahan utama yang digunakan sebagai konstruksi rumah tersebut berasal dari kayu pohon kelapa! Kayu ini disebut sebagai kayu yang kuat, kokoh dan ramah lingkungan, ungkap laman Wall Street International Magazine (Wismag).

Kayu pada pohon kelapa termasuk kayu keras (hard wood) dan memiliki kepadatan tinggi. Kekerasannya bervariasi antara 600-900 kg/m³. Kayu ini dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti ubin lantai, bingkai jendela, kusen pintu, pilar bangunan, pagar, perabotan dan lain sebagainya.

7. Bunganya bisa untuk obat dan batang pada daunnya bisa dipakai untuk sapu lidi

Disebut Tanaman Paling Serbaguna, Intip 7 Kegunaan Pohon Kelapa yuk!flickr.com

Masih banyak bagian dari pohon kelapa yang bisa dimanfaatkan. Seperti bunganya yang bisa dipakai untuk pengobatan, sabut kelapa yang bisa digunakan untuk menyalakan api, batang dari daunnya bisa dimanfaatkan menjadi sapu lidi dan lain sebagainya. Tak heran jika pohon kelapa disebut sebagai "the most versatile plant".

Nah, itulah kegunaan pohon kelapa dari atas sampai bawah. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Manchineel Tree, Pohon Paling Mematikan di Dunia

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You