Comscore Tracker

Tak Terduga! 8 Hal Ini Ternyata Ditemukan oleh Bangsa Prancis, lho

Penemuannya masih kita pakai sampai sekarang!

Apa yang kamu pikirkan saat mendengar kata Prancis? Yang terbayang di benak kita pasti Menara Eiffel atau roti baguette dan croissant yang nikmat. Namun, bangsa Prancis juga menciptakan penemuan menarik dan masih berguna hingga kini.

Lantas, apa saja penemuan yang telah diciptakan oleh bangsa Prancis? Dan bagaimana sejarah di balik penciptaan benda tersebut? Dilansir dari laman French Affair dan Masterclass, temukan fakta uniknya di bawah ini!

1. Menemukan teknik pengalengan

Tak Terduga! 8 Hal Ini Ternyata Ditemukan oleh Bangsa Prancis, lhounsplash/Alla Hetman

Apa yang terjadi seandainya teknik pengalengan tak pernah diciptakan? Salah satunya, makanan akan cepat basi dan tidak tahan lama. Rupanya, ide ini berasal dari Napoleon Bonaparte. Ia mengadakan sayembara berhadiah 12.000 Franc kepada orang yang bisa mengawetkan makanan untuk jangka waktu yang lama.

Sayembara ini dibuat karena Napoleon Bonaparte memiliki rombongan yang sering pergi ke tempat jauh, tapi mengalami masalah dengan perbekalan. Makanan yang dibawa tidak bertahan lama dan cepat busuk, sehingga mereka sering terancam kelaparan. Dan orang yang berhasil memenangkan sayembara itu adalah Nicolas Francois Appert.

2. Menciptakan mesin jahit

Tak Terduga! 8 Hal Ini Ternyata Ditemukan oleh Bangsa Prancis, lhocontrado.co.uk

Pakaian yang melekat di badan kita tercipta berkat jasa mesin jahit. Kita perlu berterima kasih pada Barthélemy Thimonnier, penemu mesin jahit asal Prancis. Di tahun 1829 ia menemukan mesin jahit dan tahun selanjutnya, 1830 ia menandatangani kontrak dengan Auguste Ferrand, seorang insinyur pertambangan.

Lalu, paten untuk mesin jahitnya keluar pada 17 Juli 1830. Yang menyedihkan, pabrik mesin jahitnya dihancurkan oleh 200 penjahit. Para penjahit yang menjahit manual dengan tangan merasa marah dan menganggap bahwa mesin jahit ini bisa mengancam karier mereka. Mirisnya, Barthélemy meninggal di usia 64 tahun dalam keadaan miskin.

3. Menemukan sistem Braille

Tak Terduga! 8 Hal Ini Ternyata Ditemukan oleh Bangsa Prancis, lhopenningtonlibrary.org

Sistem Braille sangat membantu bagi kaum tunanetra untuk membaca. Sesuai namanya, sistem ini diciptakan oleh Louise Braille. Saat usianya masih tiga tahun, ia tidak sengaja menusuk dirinya sendiri dengan pelana ayahnya. Akibatnya, ia mengalami infeksi dan menjadi buta.

Waktu ia berusia 12 tahun, mantan perwira Prancis datang ke sekolahnya untuk menunjukkan kode dua belas titik dan garis yang terangkat. Fungsinya ialah memberi perintah tempur di malam hari. Lalu, di usia 15 tahun, Louis mengembangkan sistem ini sendiri dengan hanya 6 titik, sehingga lebih mudah diraba oleh satu jari.

4. Menciptakan teknik pasteurisasi

Tak Terduga! 8 Hal Ini Ternyata Ditemukan oleh Bangsa Prancis, lhounsplash/Debby Hudson

Tahukah kamu apa itu teknik pasteurisasi? Ini adalah proses di mana produk makanan, seperti susu dan jus, sedikit dipanaskan suhunya untuk membunuh bakteri berbahaya. Jika tidak melalui proses pasteurisasi, mungkin susu akan berbahaya untuk dikonsumsi dan cepat basi.

Teknik pasteurisasi diciptakan oleh ahli kimia Prancis, Louis Pasteur. Teknik ini diciptakan pada tahun 1864. Saat minuman dipanaskan dengan suhu 60°C dalam waktu singkat, Louis Pasteur berhasil membunuh patogen yang ada di dalam cairan. Untuk mencegah pembusukan, ia mematikan enzim tertentu.

Baca Juga: 7 Penemuan Brilian yang Membuat Kita Melongo Tak Percaya

5. Menemukan balon udara

Tak Terduga! 8 Hal Ini Ternyata Ditemukan oleh Bangsa Prancis, lhounsplash/Ricardo Rocha

Naik balon udara mungkin jadi impian sebagian besar orang. Di Indonesia, wisata balon udara bisa dibilang sangat sedikit, beda dengan di luar negeri. Pencipta balon udara pertama adalah Joseph dan Jacques Etienne Montgolfier asal Prancis. Di bulan Desember 1782, balon udara pertama diluncurkan dan bisa terbang hingga ketinggian 300 meter.

Balon udara buatan mereka terbuat dari kertas, sementara bahan bakarnya adalah wol dan jerami lembap yang dipanaskan. Lalu, penerbangan selanjutnya dilakukan pada September 1783 dengan ketinggian 500 meter. Penerbangan ini berlangsung selama delapan menit dan sukses mencatatkan rekor sejarah.

6. Menciptakan aqua lung

Tak Terduga! 8 Hal Ini Ternyata Ditemukan oleh Bangsa Prancis, lhounsplash/hallie heeg

Manusia hanya bisa bertahan sebentar di bawah air tanpa oksigen. Untuk membuat manusia bertahan lebih lama di air, Jacques-Yves Cousteau, penjelajah bawah laut Prancis dan Emile Gagnan, insinyur Prancis menciptakan aqua lung. Ini adalah alat pernapasan yang memasok oksigen dan membuat penyelam bisa bertahan beberapa jam di air.

Mereka membuat katup inhalasi dan pembuangan pada tingkat yang sama. Cousteau dan Gagnan berhasil membuat perangkat yang aman dan mudah digunakan untuk mendapatkan asupan oksigen saat menyelam. Ini merupakan sistem scuba modern pertama di dunia.

7. Menemukan saus mayones

Tak Terduga! 8 Hal Ini Ternyata Ditemukan oleh Bangsa Prancis, lhounsplash/Sara Cervera

Sejarah terciptanya mayones terbilang cukup unik. Di awal abad ke-18 di Spanyol, Louis XIV mengirim jenderal favoritnya, Duc de Richelieu, untuk membasmi beberapa orang Inggris bermasalah yang bersembunyi di benteng yang menghadap ke pelabuhan Mahon.

Namun, Duc de Richelieu terbiasa dengan jamuan makan Versailles yang mewah. Kokinya berinisiatif untuk membuat saus, tapi ia hanya menemukan telur dan minyak zaitun saja. Ia kemudian bereksperimen dengan menambahkan cuka. Voila! Terciptalah saus mayones yang sering kita makan sekarang.

8. Menciptakan kulkas pertama

Tak Terduga! 8 Hal Ini Ternyata Ditemukan oleh Bangsa Prancis, lhoUnsplash/Squared.one

Apa jadinya jika dunia tanpa kulkas? Kita tidak akan pernah bisa merasakan kesegaran air es, bahan makanan pun akan cepat basi. Maka, kita harus berterima kasih pada Marcel Audiffren, pastor, ahli fisika sekaligus kepala biara di Prancis. Ia pun mengembangkan alat untuk menjaga cairan agar tetap dingin.

Lalu, di tahun 1894 ia diberikan paten atas alat ciptaannya. Kemudian, patennya dibeli oleh perusahaan Amerika. Kulkas ini pun dijual ke publik pertama kali pada tahun 1911. Tak seperti sekarang, harga lemari es di era itu sangat mahal, bahkan mencapai angka seribu dollar. Harganya dua kali lipat harga mobil saat itu!

Nah, itulah 8 penemuan yang tak diduga diciptakan oleh bangsa Prancis. Menurutmu, mana penemuan yang paling berjasa?

Baca Juga: 10 Penemuan Zaman Dahulu yang Masih Menyisakan Misteri Hingga Kini

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Pinka Wima

Just For You