Comscore Tracker

Pengorbanan 8 Induk Hewan Ini Unik Bahkan sampai Rela Mati, Menyentuh

Bukan hanya manusia, hewan juga berkorban demi anaknya!

Ibu adalah sosok yang mau berjuang dan berkorban demi anaknya. Bukan hanya manusia, induk hewan pun melakukan pengorbanan demi anaknya. Bahkan, induk hewan tak segan-segan untuk mengorbankan nyawanya untuk sang anak tercinta. Mother's love is the purest form of love!

Seperti apa pengorbanan yang dilakukan oleh induk hewan demi anak mereka? Simak jawabannya di bawah ini! Siap-siap terharu, ya!

1. Lumba-lumba

Pengorbanan 8 Induk Hewan Ini Unik Bahkan sampai Rela Mati, Menyentuhpinterest.com

Seperti yang kita ketahui, lumba-lumba adalah hewan yang cerdas. Apabila induk lumba-lumba tak sengaja kehilangan anaknya, ia akan mengirimkan sinyal berupa peluit dengan bunyi yang khas. Bunyi peluit ini akan segera dikenali oleh sang anak dan membantu mempertemukan mereka kembali, ungkap laman National Geographic.

2. Laba-laba

Pengorbanan 8 Induk Hewan Ini Unik Bahkan sampai Rela Mati, Menyentuhiflscience.com

Melihat foto di atas, mungkin kita akan merasa geli. Tapi, itu adalah wujud pengorbanan induk laba-laba pada anak-anaknya.

Salah satu contohnya adalah spesies laba-laba Mesabolivar aurantiacus. Ia akan memegang kantung telur terus-menerus di dalam rahangnya sampai telurnya menetas, ujar laman National Geographic.

3. Ayam

Pengorbanan 8 Induk Hewan Ini Unik Bahkan sampai Rela Mati, Menyentuhthespruce.com

Pernahkah kamu dikejar-kejar dan dipatok induk ayam gara-gara 'menculik' anaknya? Induk ayam memang sangat protektif dan melindungi anak-anaknya.

Selain itu, perjuangan juga dimulai sejak proses terbentuknya telur. Untuk membuat telur, dibutuhkan kalsium karbonat dalam jumlah besar. Bahkan, ayam akan melarutkan tulang mereka sendiri untuk membuat cangkang telur, terang laman Live Science.

4. Gurita

Pengorbanan 8 Induk Hewan Ini Unik Bahkan sampai Rela Mati, Menyentuhnpr.org

Bukan hanya mamalia, induk gurita akan berjuang untuk anak-anaknya. Setelah bertelur, induk gurita akan mengipasi telur itu dengan organ berotot bernama sifon.

Ini berguna untuk melindungi telurnya dari bakteri berbahaya, jelas laman National Geographic. Mereka juga tidak akan jauh-jauh meninggalkan telurnya. Padahal, jumlah telurnya ribuan!

Baca Juga: 6 Hewan dengan Penglihatan Paling Tajam di Dunia

5. Paus abu-abu Pasifik

Pengorbanan 8 Induk Hewan Ini Unik Bahkan sampai Rela Mati, Menyentuhtheguardian.com

Paus abu-abu Pasifik menempuh perjalanan panjang untuk melahirkan. Mereka akan bermigrasi dari perairan Arktik yang dingin dan kaya plankton menuju laguna tropis di lepas pantai Meksiko untuk melahirkan. Hal ini dilakukan untuk menghindari paus orca yang akan memangsa anak paus yang baru dilahirkan, ungkap laman Live Science.

6. Meerkat

Pengorbanan 8 Induk Hewan Ini Unik Bahkan sampai Rela Mati, Menyentuhthestar.com

Kalajengking memang berbahaya, tetapi meerkat membutuhkannya karena kaya nutrisi. Induk meerkat akan menunjukkan cara menaklukkan kalajengking kepada anak-anaknya. Mereka akan melukai kalajengking, membuang penyengatnya dan memberikannya ke anak-anaknya. Lalu, anak-anak meerkat akan mencoba sendiri, jelas National Geographic.

7. Panda

Pengorbanan 8 Induk Hewan Ini Unik Bahkan sampai Rela Mati, Menyentuhupi.com

Kita tahu bahwa panda berukuran besar, tetapi bayi yang baru dilahirkan sangat kecil! Anak panda raksasa dilahirkan dalam keadaan tak berbulu, buta dan lemah. Merawat bayi semungil itu membutuhkan kerja keras, oleh karena itu induk panda akan menggendong anaknya kemana-mana sampai bisa berjalan sendiri, ujar laman National Geographic.

8. Ikan salmon

Pengorbanan 8 Induk Hewan Ini Unik Bahkan sampai Rela Mati, Menyentuhearthjustice.org

Induk salmon akan menempuh perjalanan jauh demi bertelur. Mereka yang biasa tinggal di laut, akan pergi ke sungai air tawar untuk bertelur. Sedihnya, banyak ikan salmon yang mati setelah bertelur. Ini karena mereka kehabisan energi untuk menuju ke laut dan mati di aliran sungai tempat mereka bertelur, terang laman United States Geological Survey.

Nah, itulah 8 induk hewan yang rela berkorban demi anak-anaknya. Kasih sayang ibu memang tidak ada batasnya, ya?

Baca Juga: 8 Sistem Reproduksi Hewan Paling Unik yang Bikin Kamu Terheran-heran

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya