Comscore Tracker

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 7 Perbedaan Antara Terwelu dan Kelinci

Bisakah kamu membedakannya?

Ada beberapa hewan di dunia ini yang terlihat sangat mirip. Padahal, keduanya adalah spesies yang berbeda. Salah satunya adalah kelinci dan terwelu. Sepintas, keduanya memang tampak mirip dan sulit dibedakan. Namun, ternyata ada banyak perbedaan di antara keduanya lho!

Penasaran, apa saja perbedaan antara kelinci dan terwelu? Ketahui lewat penjelasan berikut ini! Baca sampai tuntas, ya!

1. Berasal dari family yang sama tetapi berbeda genus

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 7 Perbedaan Antara Terwelu dan Kelincinationalgeographic.com

Mari kita melihat urutan taksonomi kelinci dan terwelu. Rupanya, keduanya berasal dari family yang sama, yakni Leporidae. Genus ini memiliki total 60 spesies mamalia.

Tetapi, keduanya terpisah di genus. Terwelu berasal dari genus Lepus, sementara kelinci memiliki 9 genus, di antaranya adalah Brachylagus, Bunolagus, Nesolagus, Oryctolagus, Pentalagus, Poelagus, Prolagidae (punah), Romerolagus dan Sylvilagus.

2. Bayi kelinci dilahirkan buta, bayi terwelu memiliki penglihatan yang baik

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 7 Perbedaan Antara Terwelu dan Kelincipinterest.com

Perbedaan lain bisa dilihat dari bayi keduanya. Bayi terwelu lahir dengan penglihatan yang baik dan sudah memiliki rambut, sementara bayi kelinci lahir dalam kondisi buta dan tidak berambut. Selain itu, bayi terwelu lahir dalam kondisi cukup mandiri, sementara bayi kelinci perlu perawatan induknya lebih lama.

3. Kelinci tinggal di liang tanah, sementara terwelu hidup di sarang di atas tanah

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 7 Perbedaan Antara Terwelu dan Kelinciart.com

Di alam liar, kelinci membuat sarangnya di liang tanah. Biasanya, kelinci akan tinggal berkelompok bersama kawanannya di liang tersebut.

Sementara, terwelu hidup secara soliter di sarang yang terletak di atas permukaan tanah. Terwelu membuat sarangnya dari rerumputan dan jerami kering, sementara kelinci menggali lubang untuk membuat sarang.

4. Ukuran terwelu lebih besar dari kelinci

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 7 Perbedaan Antara Terwelu dan Kelincihalsteadgazette.co.uk

Perbedaan yang menonjol antara terwelu dan kelinci bisa dilihat dari ukurannya. Terwelu berukuran lebih besar dengan telinga dan kaki yang lebih panjang.

Sementara, kelinci memiliki tubuh yang lebih mungil serta kaki dan telinga yang lebih pendek. Telinga kelinci bisa tumbuh hingga 7,5 cm, sementara telinga terwelu memiliki panjang antara 9,4-11 cm.

Baca Juga: Pulau di Jepang Ini Punya Kelinci Lebih Banyak Dibanding Manusia Lho

5. Kelinci sudah jinak, sementara terwelu masih liar

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 7 Perbedaan Antara Terwelu dan Kelincilifestylecent.com

Bagi yang pernah memelihara kelinci, kita pasti tahu bahwa kelinci merupakan hewan yang jinak. Ini karena kelinci sudah lama dijinakkan dan telah dipelihara sebagai binatang ternak sejak abad pertengahan di Eropa. Hal ini memengaruhi sifatnya, terbukti bahwa kelinci lebih sosial dan hidup berkelompok, sementara terwelu menghabiskan waktu mereka sendirian dan hanya berpasangan saat musim kawin tiba. 

6. Makanan keduanya pun berbeda!

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 7 Perbedaan Antara Terwelu dan Kelincireddit.com

Perbedaan antara terwelu dan kelinci juga tampak dari pilihan makanannya. Kelinci suka makan rumput dan sayuran yang lebih lunak seperti wortel.

Sementara terwelu suka makan kulit kayu, biji-bijian dan ranting yang lebih keras. Namun, hal ini bergantung pada ketersediaan makanannya di alam liar.

7. Cara keduanya merespon bahaya juga berbeda

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 7 Perbedaan Antara Terwelu dan Kelinciyoutube.com

Selain itu, cara kelinci dan terwelu dalam merespons bahaya juga berbeda. Kelinci lebih suka pergi ke bawah tanah untuk bersembunyi, sementara terwelu memanfaatkan kaki belakangnya yang panjang dan kuat untuk melarikan diri dari bahaya.

Kecepatan berlari terwelu tergolong mengagumkan, mereka bisa berlari hingga 60 km/jam! Bandingkan dengan kecepatan rata-rata berlari manusia yang hanya berkisar antara 6-12 km/jam.

Nah, itulah 7 perbedaan antara terwelu dan kelinci yang perlu kamu ketahui. Mudah kan membedakan keduanya?

Baca Juga: 6 Fakta Unik Flemish Giant Rabbit, Kelinci 'Super' yang Bikin Takjub

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You