Comscore Tracker

Hati-hati, 7 Serangga Ini Doyan Makan Daging Manusia, Apa Saja? Part 1

Sumpah, bikin merinding!

Serangga adalah hewan yang paling banyak dibenci oleh manusia. Ini karena bentuknya yang aneh, menggelikan dan bisa menimbulkan penyakit. Alasan lainnya karena serangga bisa menyengat dan menimbulkan rasa sakit pada manusia. Ada pula serangga yang hidup di tempat kotor dan sering menyebarkan bibit penyakit.

Yang lebih mengerikan, ada beberapa serangga yang doyan memakan daging manusia! Jangan coba-coba mendekat jika menjumpainya, ya!

Ps. Hati-hati ada gambar prosedur medis yang terbilang menjijikkan bagi beberapa orang. Skip aja gambarnya kalau kamu gak kuat.

1. Larva botfly

Hati-hati, 7 Serangga Ini Doyan Makan Daging Manusia, Apa Saja? Part 1dailymail.co.uk

Melihat gambarnya saja bisa membuat kita bergidik. Bagaimana rasanya larva memasuki kulit dan memakan daging dari dalam? Creepy! Bagaimana proses masuknya larva botfly di tubuh manusia? Pertama, lalat dewasa akan menempelkan telur mereka pada nyamuk.

Lalu, telur lalat akan masuk ke tubuh manusia melalui lubang gigitan nyamuk. Selanjutnya, telur-telur ini akan menetas menjadi larva dan hidup di bawah kulit manusia. Mereka akan tumbuh besar dari meminum darah serta memakan daging manusia dari dalam. Ngeri!

Hati-hati, 7 Serangga Ini Doyan Makan Daging Manusia, Apa Saja? Part 1youtube.com

Habitat asli larva botfly adalah di Amerika Tengah dan Selatan. Untuk mengeluarkan larva, kulit manusia ditaburi dengan yodium dalam jumlah banyak. Lalu, larva akan bereaksi dengan instan dan berusaha keluar dari lubang di kulit manusia. Dokter pun dengan sigap menarik larva dengan pinset dan penjepit.

2. Semut tentara

Hati-hati, 7 Serangga Ini Doyan Makan Daging Manusia, Apa Saja? Part 1funeralwise.com

Betapa beruntungnya kita tinggal di Indonesia. Sebab, negara ini tidak ditinggali oleh semut tentara. Semut dengan nama lain Africa driver ants ini sangat agresif, karnivora dan bisa memakan daging manusia. Gigitannya sangat menyakitkan karena mereka memiliki rahang yang kuat, ungkap laman Funeral Wise.

Semut ini memakan apa pun, termasuk tikus, laba-laba, kalajengking atau bahkan mamalia seperti kucing dan anjing rumahan. Yang lebih mengerikan, semut ini bergerak dalam kawanan besar berjumlah 50 juta semut. Mereka akan memakan daging mangsanya dan bisa memotong daging dari tulang kurang dari sehari, terang laman Ranker.

3. Larva lalat tumbu

Hati-hati, 7 Serangga Ini Doyan Makan Daging Manusia, Apa Saja? Part 1youtube.com

Larva botfly bukan satu-satunya larva yang bisa hidup sebagai parasit di dalam tubuh inangnya. Ada larva lain yang bisa melakukan hal yang sama, yaitu lalat tumbu (Cordylobia anthropophaga). Lalat betina akan mencari pakaian yang terkontaminasi urine atau kotoran dan meninggalkan telurnya di sana, ujar laman Ranker.

Lalu, telurnya akan masuk ke kulit manusia sampai mereka menetas menjadi larva. Larva ini akan memakan darah, daging dan jaringan inangnya. Seringkali, manusia tidak menyadari dan mengira kulit yang melepuh sebagai tanda infeksi kecil. Selain menjijikkan, larva ini akan menyebabkan masalah kesehatan parah dan bisa berakhir dengan kematian.

4. Kutu jigger

Hati-hati, 7 Serangga Ini Doyan Makan Daging Manusia, Apa Saja? Part 1researchgate.net

Kutu jigger memang berukuran sangat kecil, yaitu sekitar 0,1 cm hingga 1 cm. Namun, jangan remehkan mereka, karena kutu ini bisa masuk ke kulit manusia dan memakan daging kita dari dalam! Kutu betina bahkan bisa meletakkan telurnya di dalam, sehingga larvanya akan menetas di balik kulit kita. Hiiiiy, ngeri!

Biasanya, kutu jigger akan menggerogoti daging di area kaki, lutut, siku dan pergelangan kaki. Kutu ini biasanya masuk melalui kuku tangan atau kaki. Akibatnya, daging kita akan berlubang-lubang, menghitam, membengkak dan membusuk. Jika tidak ditangani secara serius, bukan tidak mungkin kita akan meninggal akibat kutu ini!

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Hiu Berjumbai, Ikan Mengerikan Penghuni Laut Dalam

5. Lebah yellowjacket

Hati-hati, 7 Serangga Ini Doyan Makan Daging Manusia, Apa Saja? Part 1youtube.com

Biasanya, lebah memakan nektar atau sari bunga. Tetapi, lebah yellowjacket berbeda. Mereka adalah lebah karnivora dan pemakan daging! Umumnya, lebah ini masih memakan nektar, tetapi mereka akan memakan daging ketika butuh asupan protein untuk larvanya. Jangan dekat-dekat, karena lebah ini sangat agresif!

Namun, jangan terlalu khawatir, karena lebah ini lebih suka memakan daging bangkai daripada hewan atau manusia yang masih hidup, ujar laman Ranker. Lebah ini juga suka berkerumun di atas makanan yang mengandung daging. Sedikit lega mendengarnya, ya?

6. Larva lalat

Hati-hati, 7 Serangga Ini Doyan Makan Daging Manusia, Apa Saja? Part 1washingtonpost.com

Setelah telur serangga menetas, mereka akan berubah menjadi larva sebelum menjadi bentuk dewasa. Larva atau belatung lalat contohnya, mereka suka memakan apa pun, termasuk daging manusia. Biasanya, belatung ini memakan daging manusia yang telah mati dan membantu agar proses pembusukan berjalan lebih cepat.

Tapi, larva ini juga bisa tinggal dalam daging manusia hidup, lho! Di wilayah tropis yang lembab dengan sanitasi buruk, belatung lalat akan masuk ke dalam kulit yang terinfeksi. Mereka akan hidup di bawah kulit sembari memakan daging kita! Meski mengerikan, larva ini hanya memakan daging atau jaringan yang sudah mati saja, jelas laman Ranker.

7. Tungau kudis

Hati-hati, 7 Serangga Ini Doyan Makan Daging Manusia, Apa Saja? Part 1scabiesremedy.com

Apa yang bisa dilakukan oleh hewan berukuran 0,5 mm ini? Jangan dipandang sebelah mata, karena tungau kudis (Sarcoptes scabiei) bisa hidup di bawah permukaan kulit manusia dan memakan daging kita dari dalam! Semakin horor, tungau ini bisa kawin, bertelur dan beranak-pinak di dalam tubuh kita!

Tungau betina akan tinggal di bawah kulit selama dua bulan, lalu ia akan mati. Hewan mikroskopis ini akan menyebabkan ruam di kulit. Tungau ini bisa menular dari kontak kulit ke kulit antara manusia yang sudah terinfeksi ke orang lainnya, tutur laman Ranker.

Nah, itulah 7 serangga yang doyan makan daging manusia sekaligus bisa tinggal di tubuh kita! Jika kamu melihat serangga-serangga ini, langsung musnahkan dan menjauh, ya!

Baca Juga: 7 Cara Serangga Melindungi Diri, Ada yang Berpura-pura Mati Lho!

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya