Comscore Tracker

Jangan Main-main dengan 7 Jenis Burung Ini, kalau Tidak Ingin Terluka!

Galak banget, hati-hati ya!

Jika berbicara soal hewan yang berbahaya, pikiran kita langsung tertuju pada hewan-hewan seperti ular, buaya, singa atau ikan hiu. Padahal, burung bisa menjadi ganas dan berbahaya. Bahkan, burung-burung ini bisa melukai dan berpotensi membunuh manusia!

Burung apa saja yang paling berbahaya di bumi dan apa alasannya? Simak selengkapnya di bawah ini! Pssst, jangan coba-coba mendekat kalau tidak ingin terluka!

1. Elang mahkota Afrika

Jangan Main-main dengan 7 Jenis Burung Ini, kalau Tidak Ingin Terluka!flickr.com

Hewan dengan nama latin Stephanoaetus coronatus ini adalah salah satu elang terbesar sekaligus terkuat di dunia. Saking kuatnya, elang ini bisa membunuh antelop (sejenis kijang) yang mempunyai berat badan tujuh kali lipat darinya! Elang ini juga kerap ditemui membunuh anak lembu dan monyet, ungkap laman List Amaze.

Dilaporkan bahwa pernah ada tengkorak anak manusia ditemukan di sarang elang mahkota Afrika, ujar laman Huffpost. Meski belum dikonfirmasi kebenarannya, hal ini sangat mungkin terjadi. Pasalnya, elang ini memiliki kebiasaan membawa mangsanya yang berukuran lebih besar ke sarangnya untuk dimakan. Ngeri!

2. Angsa

Jangan Main-main dengan 7 Jenis Burung Ini, kalau Tidak Ingin Terluka!angryasianman.com

Yep, kamu tidak salah baca. Meski terlihat tenang dan anggun ketika berenang di danau, angsa bisa menjadi agresif. Bahkan, angsa dilaporkan menyerang dan melukai manusia. Hal ini bisa terjadi ketika kamu mendekati sarang angsa, lalu induknya akan bersikap protektif dan akan menyerang siapa saja apabila merasa terancam.

Menurut laman List Amaze, tak terhitung anak-anak dan orang tua yang tulangnya patah akibat serangan angsa. Cara menyerangnya cukup unik sekaligus mengerikan. Angsa akan berlari sembari mengepakkan sayapnya dengan cepat. Lalu, lehernya akan tegak dan paruhnya akan siap menyosor. Jangan sampai kena, rasanya sakit!

3. Elang ekor merah

Jangan Main-main dengan 7 Jenis Burung Ini, kalau Tidak Ingin Terluka!audubon.org

Elang ekor merah alias red tailed hawk (Buteo jamaicensis) sering dilaporkan menyerang manusia. Salah satunya adalah kejadian di hotel Brevard County pada 14 Januari silam. Dipublikasikan di laman News 13, 14 orang yang diserang terluka cukup parah sehingga harus dirawat di rumah sakit. 

Ketika sarang elang dibangun di wilayah yang sering dikunjungi manusia, maka ia akan menganggap manusia sebagai ancaman. Elang ini tak punya rasa takut pada manusia dan tidak akan segan-segan mengusir manusia dari wilayahnya. Yang paling mematikan adalah cakar dan paruhnya yang tajam. Kamu bisa terluka dan berdarah!

4. Elang harpa

Jangan Main-main dengan 7 Jenis Burung Ini, kalau Tidak Ingin Terluka!animals.sandiegozoo.org

Selain elang mahkota, elang harpa adalah salah satu elang terkuat di dunia. Di antara semua elang, paruhnya adalah yang paling tajam dan mematikan. Elang ini sangat disegani, bahkan macan kumbang dan cheetah pun menjauh darinya. Mereka memangsa monyet, kukang, possum, iguana dan ular.

Elang ini juga tak segan-segan menyerang manusia. Menurut laman The Guardian, elang ini menyerang juru kamera mereka, James Aldred, dan hampir membuatnya tak sadarkan diri. Bagian leher James diserang, untungnya ia melindungi dirinya dengan pelindung dan helm. Saking tajamnya, paruh ini bisa merobek kulit dan menyebabkan pendarahan.

Baca Juga: 10 Ular Berbisa Paling Berbahaya di Dunia, Bisa Membunuh dengan Cepat

5. Australian magpie

Jangan Main-main dengan 7 Jenis Burung Ini, kalau Tidak Ingin Terluka!abc.net.au

Australian magpie (Cracticus tibicen) memang berukuran kecil. Beratnya saja hanya 220-350 gram. Tapi, jangan remehkan burung ini! Bahkan, seorang pengendara sepeda di Australia meninggal akibat dikejutkan oleh burung ini. Untuk menghindarinya, pria berusia 76 tahun ini berbelok dari jalan, menabrak tiang pagar dan terlempar ke tanah.

Akibatnya, pria itu menderita cedera kepala yang serius dan meninggal pada malam harinya di Rumah Sakit St. George di Sydney, Australia, ungkap laman BBC News. Burung Australian magpie dikenal agresif dan kerap menyerang manusia. Selain itu, mereka juga kerap menyerang anak-anak dan hewan peliharaan. Small but fierce!

6. Burung unta

Jangan Main-main dengan 7 Jenis Burung Ini, kalau Tidak Ingin Terluka!thoughtco.com

Jangan macam-macam dengan burung unta (Struthio camelus). Burung unta dewasa bisa tumbuh hingga 1,7-2 meter untuk betina dan 2,1-2,8 meter untuk jantan. Senjata andalannya adalah kakinya yang kokoh, kuat dan bisa berlari cepat. Bahkan, tendangan kaki burung unta bisa membuat lawannya roboh dan tumbang!

Ada banyak kasus burung unta yang menyerang manusia. Salah satunya, menyerang seorang penjaga kebun binatang Rusia. Burung unta itu menyerangnya dengan cakar yang tajam. Beruntung, penjaga kebun binatang itu tidak terluka, ungkap laman The Sun. Berhati-hatilah dan jangan mendekat, demi keamananmu sendiri.

7. Burung kasuari

Jangan Main-main dengan 7 Jenis Burung Ini, kalau Tidak Ingin Terluka!birdwatchingdaily.com

Burung endemik asli Papua ini adalah burung yang paling berbahaya di dunia, menurut laman List Amaze. Kasuari terkenal dengan tendangannya yang kuat dan bisa membunuh manusia. Peneliti menyebut bahwa burung Kasuari masih memiliki kekerabatan dengan dinousaurus. Tak heran jika mereka sangat agresif!

Salah satu kasusnya terjadi di Florida, di mana seorang pria tewas dibunuh oleh burung Kasuari peliharaannya sendiri. Laki-laki berusia 75 tahun ini memelihara burung Kasuari di peternakan, bersamaan dengan burung-burung eksotis lainnya. Sayangnya, burung ini menyerang, melukainya dan membuatnya tewas, terang laman Science Alert.

Nah, itulah 7 burung paling berbahaya di dunia yang perlu kamu waspadai. Ingat, jangan coba-coba untuk mendekat jika tidak ingin terluka!

Baca Juga: 5 Fakta Ular Derik, Predator dengan Racun Paling Berbahaya

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You