Comscore Tracker

Coba Bayangkan, Ini yang Terjadi jika Semua Pohon di Bumi Menghilang

Apakah manusia dan hewan masih bisa hidup?

Dari tahun ke tahun, jumlah hutan yang ada di bumi kian menurun. Menurut data dari United Nations Food and Agriculture Organization (FAO), ada sekitar 7,28 juta hektar lahan hutan yang hilang setiap tahun. Sedihnya, ada 80 ribu hektar lahan hutan yang terbakar setiap harinya. Tak heran, jika suhu bumi kian memanas, ya!

Lantas, apa yang terjadi jika seluruh pohon di bumi ini musnah dan menghilang? Apakah manusia dan hewan bisa tetap hidup? Find the answer down below!

1. Udara menjadi kotor

Coba Bayangkan, Ini yang Terjadi jika Semua Pohon di Bumi Menghilangsbs.com.au

Hal yang pertama kita rasakan adalah udara menjadi kotor dan tidak layak untuk dihirup. Tanpa pohon, kita tidak akan bisa bertahan hidup karena udaranya tidak cocok untuk bernapas. Untuk menyiasatinya, manusia harus mengembangkan masker gas untuk menyaring sisa-sisa oksigen yang ada di udara. Itu pun, jumlahnya sangat tipis.

Sebagai bagian penting dari siklus karbon, pohon akan mengambil karbon dari atmosfer melalui proses fotosintesis untuk menghasilkan energi, ujar laman Nature.com. Lalu, pohon mengeluarkan hasil buangan berupa oksigen yang dilepaskan ke udara. Oksigen ini berperan sangat vital bagi manusia dan makhluk lain yang ada di bumi.

2. Kualitas tanah menurun

Coba Bayangkan, Ini yang Terjadi jika Semua Pohon di Bumi Menghilangdissolve.com

Selain membuat udara tercemar, ketiadaan pohon bisa menurunkan kualitas tanah. Pohon akan menyaring bahan kimia berbahaya dan polutan. Tanpa pohon, tanah akan menjadi lebih beracun dan sulit untuk ditanami tumbuhan. Keberadaan pohon mencegah erosi tanah dan 'mencengkeram' erat tanah sehingga bisa mencegah longsor.

Pohon akan menyerap kelebihan air ke dalam tanah ketika hujan turun. Ketika seluruh pohon di bumi menghilang, tanah tidak akan bisa menahan air dan membuat tanah menjadi lebih rapuh. Tanpa adanya pohon, tidak ada yang menahan lapisan air di tanah dan menyebabkan terjadinya banjir, ungkap laman The Star.

3. Hewan yang hidup di hutan akan mati

Coba Bayangkan, Ini yang Terjadi jika Semua Pohon di Bumi Menghilangposterfoundry.com

Keberadaan dan peran pohon di hutan sangat vital. Pohon berfungsi untuk menjaga agar tanah tetap dingin, sejuk dan lembap. Menariknya, sebuah pohon berukuran besar akan mendorong 150 ton air ke atmosfer tiap tahun dan akan jatuh kembali ke hutan menjadi hujan, terang laman Science Focus.

Ketika seluruh pohon di bumi menghilang, tanah akan memanas dan mengering. Sekitar 80 persen hewan yang tinggal di hutan pun tidak bertahan lama dan akan mati. Hewan ini akan tewas karena ketiadaan makanan dan sulit beradaptasi dengan suhu yang panas. Di sisi lain, kelaparan di seluruh dunia akan terjadi. Tak bisa dibayangkan!

4. Tidak ada lagi produk yang berasal dari pohon, seperti kertas dan tisu

Coba Bayangkan, Ini yang Terjadi jika Semua Pohon di Bumi Menghilangrobinsonloveplants.com

Ketika seluruh pohon di bumi menghilang, kita tidak akan bisa mendapatkan produk yang terbuat dari pohon. Misalnya, kertas, tisu, meja, pensil, kursi, lemari dan lain sebagainya. Beberapa dari kita bergantung pada produk tertentu, seperti tisu untuk mengelap barang yang kotor atau kertas sebagai bahan utama dalam pembuatan buku.

Hilangnya pohon dari bumi akan membuat industri berbasis pohon menjadi kolaps. Sehingga, orang-orang yang bekerja di sektor tersebut akan kehilangan pekerjaan. Perekonomian pun akan menjadi kacau dan berantakan. Ini adalah dampak sosial yang timbul ketika seluruh pohon di bumi ini musnah. 

Baca Juga: Waspadai 7 Zat Berbahaya yang Terkandung dalam Asap Kebakaran Hutan!

5. Kita akan mengandalkan oksigen yang dihasilkan oleh plankton

Coba Bayangkan, Ini yang Terjadi jika Semua Pohon di Bumi Menghilangaquariumfiltersetup.com

Sekitar 21 persen atmosfer bumi disusun oleh oksigen. Separuh dari keseluruhan oksigen dihasilkan lewat fotosintesis yang dilakukan oleh pohon dan tanaman. Sementara, sisanya diproduksi di laut oleh organisme laut mikroskopis yang bernama fitoplankton, terang Science in School. Masih ada cadangan oksigen meski seluruh pohon di bumi hilang!

Apa oksigen yang dihasilkan oleh fitoplankton cukup untuk manusia dan makhluk lain bertahan hidup? Menurut laman Science in School, cadangan oksigen di bumi akan benar-benar habis dalam waktu 4 ribu tahun. Jumlah oksigen akan lebih cepat habis ketika populasi manusia yang mengonsumsi oksigen semakin bertambah.

6. Udara dipenuhi oleh zat berbahaya

Coba Bayangkan, Ini yang Terjadi jika Semua Pohon di Bumi Menghilangthestar.com

Pohon bekerja layaknya filter raksasa untuk menyaring polusi udara. Tanpa pohon, polusi ini akan terus mencemari udara dan membahayakan siapa pun yang menghirupnya. Pohon akan menyerap karbon monoksida, belerang dioksida dan gas rumah kaca lain lewat stomata (mulut daun), ungkap laman Science in School.

Coba bayangkan, betapa sesaknya napas kita apabila kita menghirup polusi terus menerus. Polusi udara berbahaya bagi kesehatan, mulai dari memicu gangguan pernapasan, membuat jantung dan paru-paru bekerja ekstra keras, memicu asma, bronkitis hingga kanker dan memperpendek usia kita, jelas laman Spare the Air.

7. Mengurangi curah hujan

Coba Bayangkan, Ini yang Terjadi jika Semua Pohon di Bumi Menghilangphotography-images17.blogspot.com

Terakhir, apabila seluruh pohon di bumi menghilang, maka akan menurunkan curah hujan. Imbasnya, tanah akan cepat mengering karena lebih sedikit uap air yang dikembalikan ke atmosfer. Pohon punya peran penting dalam siklus air dan kehilangan seluruh pohon akan mengacaukan ekosistem yang ada, tegas laman Science in School.

Tanpa pohon, kita akan mengalami kekeringan parah dan jarang terjadi hujan. Sekali hujan turun, tanah akan kesulitan menampung air karena tidak ada pohon untuk menyerap air tersebut ke dalam tanah. Akibatnya, akan terjadi banjir dan tanah longsor. Tentu saja kita tidak ingin hal itu terjadi, kan?

Nah, itulah 7 hal yang terjadi apabila seluruh pohon di bumi hilang dan musnah. Semoga deforestasi, penebangan liar dan kebakaran hutan semakin berkurang, ya!

Baca Juga: Dampaknya Besar untuk Bumi Kita, Kenapa Hutan Hujan Amazon Terbakar?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya