Comscore Tracker

Kebiasaan Unik Norwegia, Menidurkan Bayi di Luar saat Suhu Dingin

Katanya dipercayai bisa membuat bayi lebih sehat

Kepercayaan setiap orang di berbagai negara tentang bayi berbeda-beda. Misalnya, di Indonesia, bayi tidak diperbolehkan keluar rumah sampai usianya menginjak 40 hari. Kepercayaan ini berbeda 180 derajat dengan orangtua di Norwegia yang percaya kalau bayi yang dibiarkan tidur di luar, terlebih saat cuaca dingin, akan membuat bayi lebih sehat dan kuat.

Yep, kebiasaan unik ini umum dilakukan di Norwegia dan negara-negara Skandinavia lain. Sejak kapan kebiasaan ini muncul dan apakah aman menidurkan bayi di luar saat cuaca dingin?

1. Kebiasaan ini dilakukan sejak bayi berusia dua minggu

Kebiasaan Unik Norwegia, Menidurkan Bayi di Luar saat Suhu Dinginboredomtherapy.com

Bayi berusia dua minggu sudah bisa dilibatkan dalam kebiasaan unik ini. Kebiasaan ini umum ditemui di Norwegia dan negara-negara Skandinavia lain. Bayi tidak hanya ditidurkan di luar saat suhunya hangat, tetapi saat cuacanya dingin sekalipun!

Biasanya, para orang tua akan menaruh bayinya di kereta bayi di luar ruangan, sembari tetap mengawasinya dari dalam. Mereka membiarkan bayinya tidur hingga 3 jam di suhu -4°C, jelas laman Fatherly

2. Dipercaya, tidur di luar bisa meningkatkan kesehatan bayi

Kebiasaan Unik Norwegia, Menidurkan Bayi di Luar saat Suhu Dinginboredomtherapy.com

Mengapa para orang tua membiarkan bayinya tidur di luar saat suhunya dingin? Menurut mereka, kebiasaan ini bisa meningkatkan kesehatan bayi. Hal ini diperkuat oleh penelitian yang dilakukan Marjo Tourula dari University of Oulu, Finlandia.

Menurut penelitian itu, tidur di luar saat cuaca dingin bisa meningkatkan kualitas dan durasi tidur. Sebab, saat tidur di luar, bayi akan menghirup udara segar yang bisa meningkatkan kesehatan dan membentuk sistem imun yang kuat, tutur laman Fatherly.

Baca Juga: Jarang yang Tahu, 7 Fakta Kebiasaan Unik Orang Korea Selain Oplas

3. Kriminalitas yang rendah membuat bayi aman ditidurkan di luar

Kebiasaan Unik Norwegia, Menidurkan Bayi di Luar saat Suhu Dinginboredomtherapy.com

Mungkin kamu bertanya-tanya, apakah para orang tua di Norwegia tidak takut anaknya diculik? First thing is, orangtua tetap mengawasi dari dalam rumah saat anaknya ditidurkan di luar. Selain itu, tingkat kriminalitas yang rendah di Norwegia dan negara-negara Skandinavia lain membuat bayi tetap aman.

Orangtua juga menaruh kepercayaan pada tetangga bahwa mereka saling menjaga saat bayinya ditidurkan di luar. Terkadang, bayi tidak ditidurkan sendiri tetapi beramai-ramai dengan bayi lain sehingga para orangtua bisa mengawasinya bersama. Bahkan, sesama orangtua akan memberitahu kalau ada salah satu bayi yang menangis sehingga bisa langsung ditenangkan.

4. Kebiasaan ini dilakukan hingga anak berusia tiga tahun

Kebiasaan Unik Norwegia, Menidurkan Bayi di Luar saat Suhu Dinginboredomtherapy.com

Para orang tua melakukan kebiasaan ini saat bayi berusia dua minggu sampai tiga tahun. Mereka biasanya menidurkan bayinya di luar pada jam 9 pagi hingga 3 sore. Yep, kebiasaan ini hanya dilakukan dari pagi sampai sore saja, karena di malam hari kurang aman dan suhunya akan turun drastis.

Bayi ini akan dimasukkan ke rumah untuk makan, minum susu dan buang air. FYI, ketika ditaruh di luar, bayi akan diberi pakaian dan selimut tebal serta topi, sarung tangan dan kaus kaki supaya tetap hangat, ungkap laman Boredom Therapy.

5. Rupanya, kebiasaan ini sudah dilakukan sejak awal abad ke-20

Kebiasaan Unik Norwegia, Menidurkan Bayi di Luar saat Suhu Dinginboredomtherapy.com

Sejarahnya, di awal abad ke-20, terjadi epidemi tuberkulosis (TBC) yang menggemparkan negara-negara di Eropa. Lalu orang-orang mulai berspekulasi kalau udara yang baik dan segar bisa membuat mereka lebih sehat dan meningkatkan sistem imun.

Apalagi, dulu rumah-rumah di Eropa memiliki sirkulasi udara yang buruk. Ini karena mereka memasak dengan kayu bakar di dalam sehingga asapnya memenuhi rumah. Karena menganggap kualitas udara di dalam rumah buruk, akhirnya para orang tua mulai menidurkan anaknya di luar supaya mendapat udara segar.

Nah, itulah sekilas mengenai kebiasaan unik di Norwegia di mana bayi dan anak-anak ditidurkan di luar saat cuaca dingin. Semoga bisa menambah wawasan, ya!

Baca Juga: 5 Kebiasaan Unik Ini Ada dalam Pesta Pernikahan Tradisional ala Italia

Nena Zakiah Photo Verified Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah and @foodgraphy_indonesia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya