Comscore Tracker

Nanopartikel: Walau Berukuran Kecil Tapi Memiliki Manfaat di 9 Bidang!

Kecil-kecil cabe rawit…

Dewasa ini perkembangan teknologi nanopartikel sedang gencar-gencarnya dikembangkan oleh para peneliti. Para scientist sangat meyakini bahwa teknolgi terbaru ini dapat memberikan banyak manfaat di berbagai bidang. Dilansir dari berbagai sumber, berikut pemaparan dari kelebihan yang dapat digunakan nanopartikel.

1. Di bidang tekstil

Nanopartikel: Walau Berukuran Kecil Tapi Memiliki Manfaat di 9 Bidang!Pixabay

Terciptanya nanofiber dan nanofabric dapat menjadi produk unggulan dari teksil. Dengan memanfaatkan kedua jenis partikel dari ukuran nano tersebut, kain menjadi sukar kotor dan anti basah.

2. Di bidang farmasi

Nanopartikel: Walau Berukuran Kecil Tapi Memiliki Manfaat di 9 Bidang!Sumber Gambar: helath.liputan6.com

Dengan hadirnya teknologi partikel nano ini, sudah tercipta vitamin maupun obat bagi penyakit sendi. Biaya dan efek negatif dapat ditekan dengan penggunakan teknologi nanopartikel ini. Sehingga tidak akan membahayakan bagi pasien yang sedang melakukan pengobatan maupun terapi.

3. Di bidang kedokteran/kesehatan

Nanopartikel: Walau Berukuran Kecil Tapi Memiliki Manfaat di 9 Bidang!twitter.com/CLEARUK

Manfaat yang bisa dirasakan di bidang ini salah satunya adalah tingkat ketepatan saat mengukur gula darah menggunakan sensor akan semakin valid dan terpercaya. Pengobatan untuk penderita sel kanker misalnya dengan menjadikannya sebagai inhibitor sehingga sel kanker tidak tubuh menyebar ke seluruh permukaan tubuh.

4. Di bidang pangan

Nanopartikel: Walau Berukuran Kecil Tapi Memiliki Manfaat di 9 Bidang!instagram.com/svzywanders

Nanopartikel berhubungan dengan beberapa mekanisme aktivitas antimikroba, seperti dapat menghambat fungsi enzim dari bakteri karena adanya interaksi antar NP dan ZnO terhadap gugus fosfor dalam DNA. Interaksi antara nanopartikel dan sel-sel mikroba dapat mengganggu proses transmembran pada proses transfer elektron.

Baca Juga: Menurut Sains, Ini 6 Hal Paling Bau di Dunia yang Harus Kamu Tahu

5. Di bidang kecantikan

Nanopartikel: Walau Berukuran Kecil Tapi Memiliki Manfaat di 9 Bidang!theculturetrip.com

Produk-produk kosmetik yang memaksimalkan penggunaan nanopartikel akan memiliki daya serap dan memberikan perlindungan lebih tinggi terhadap kulit. Partikel nano ini dapat dengan cepat beradaptasi terhadap lingkungan si pemakaianya.

6. Di bidang energi

Nanopartikel: Walau Berukuran Kecil Tapi Memiliki Manfaat di 9 Bidang!phys.org

Teknologi partikel nano dapat digunakan dalam menciptakan nanogenetaror. Hadirnya alat ini mampu mengubah gelombang ultrasonik dan getaran. Kedepannya nanogenetaror ini dapat diimplemtasikan dalam mengubah gelombang air laut menjadi arus listrik.

7. Pada kemasan makanan

Nanopartikel: Walau Berukuran Kecil Tapi Memiliki Manfaat di 9 Bidang!twitter.com/02ESyRaez4VhR2l

Pembungkus makanan pada umumnya memiliki barrier yang cukup besar. Menggunakan nanopartikel, barrier tersebut menjadi lebih kecil yang berdampak proses pertukaran gas, yang dapat menyebabkan kelembapan serta berkurangnya paparan dari sinar UV.

8. Di bidang lingkungan

Nanopartikel: Walau Berukuran Kecil Tapi Memiliki Manfaat di 9 Bidang!Instagram.com/sumba_heaven

Pencemaran air, udara maupun tanah dapat diminimalisir dengan menggunakan nanoteknologi. Proses fotokatalis okisdasi logam dengan beberapa materi kimia dapat menyerap foton dan menginiasi proses redoks, yang akan memecah molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana. Residu tersebut dapat dimanfaatkan dan tidak akan membahayakan.

9. Di bidang pertanian

Nanopartikel: Walau Berukuran Kecil Tapi Memiliki Manfaat di 9 Bidang!digination.id

Pemanfaatan nanoteknologi dapat meningkatkan efisiensi pada pestisida maupun insektisida. Pertumbuhan hama pada tanaman akan mengalami penurunan.

Beberapa manfaat dari si kecil nanopartikel sudah bisa kita rasakan kan? Apalagi bagi kaum hawa, beberap kosmetik sudah dapat memebrikan efek cerah, akibat penyerapan yang lebih mendalam pada kulit. Semoga lebih banyak lagi yang bisa dimanfaatkan dari si nano ini ya!

Baca Juga: Para Ahli Gak Sengaja Temukan Partikel Nano Teh Bisa Bunuh Sel Kanker

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You