Comscore Tracker

8 Tanaman Ini Tidak Butuh Banyak Air, Mudah Dirawat Kamu yang Sibuk

Jadi favorit banyak orang dengan aktivitas padat

Tanaman-tanaman yang tahan terhadap kondisi kekeringan umumya akan ditanam di kawasan atau lingkungan yang mana air sulit untuk di temui dan beriklim panas. Sehingga, saat tanaman yang lain layu dan mati, tanaman jenis ini akan tetap bisa tumbuh subur.

Kelebihan inilah yang menarik banyak orang untuk memelihara tanaman seperti ini. Mau tahu apa saja tanamannya? Yuk, baca ulasan di bawah ini!

1. Palem

8 Tanaman Ini Tidak Butuh Banyak Air, Mudah Dirawat Kamu yang Sibukhtbg.com

Tanaman satu ini sangat mudah ditemui di daerah tropis seperti Indonesia. Lebih tepatnya, tanaman ini sangat mudah dijumpai di lingkungan outdoor yang mana dengan keberadaannya di lingkungan terbuka menunjukkan bahwa tanaman ini sangat tahan terhadap kondisi kekeringan tanpa perlu diberikan air setiap hari. Apalagi jika tanaman ini sudah tumbuh besar, palem akan memiliki akar yang sangat baik yang dapat berfungsi mengambil air secara mandiri dari dalam tanah.

2. Mentimun

8 Tanaman Ini Tidak Butuh Banyak Air, Mudah Dirawat Kamu yang Sibukgoodhousing.com

Buah satu ini sangat mudah ditemukan ketika kalian sedang menyantap lalapan atau acar. Seperti yang dilihat saat memakan buah ini, mentimun memiliki kandungan air yang melimpah.

Namun, ternyata saat perawatannya, mentimun tidak membutuhkan air yang banyak, lho. Tumbuhan mentimun hanya membutuhkan lingkungan yang hangat cenderung panas dengan intensitas cahaya matahari yang banyak, untuk dapat tumbuh dengan subur.  

3. Kacang panjang

8 Tanaman Ini Tidak Butuh Banyak Air, Mudah Dirawat Kamu yang Sibukasiangarden2table.com

Indonesia dengan letak geografisnya yang melintang di garis khatulistiwa menyebabkan ia memiliki dua musim yakni kemarau dan penghujan. Saat musim kemarau adalah saat di mana air sulit ditemukan dan membuat sejumlah wilayah pertanian menjadi kering. Kondisi seperti ini tak khayal membuat banyak petani merugi karena tanaman akan mengering dan membawa dampak gagal panen.

Oleh karenanya, agar petani tetap bisa mendapatkan penghasilan dari kegiatan bercocok tanam, mereka sering beralih untuk menanam kacang panjang. Kenapa begitu? Komoditi ini memiliki perawatan yang tidak menyulitkan dan sederhana, kacang panjang tetap bisa tumbuh saat lingkungan mengalami kekurangan persedian air dan memiliki harga jual yang relatif tinggi dibandingkan tanaman lainnya.

Baca Juga: 7 Tanaman Tersehat dalam Kamar, Selain Indah Bisa Buat Tidurmu Nyenyak

4. Amarilis

8 Tanaman Ini Tidak Butuh Banyak Air, Mudah Dirawat Kamu yang Sibukgardeners.com

Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan nama bunga jenis ini. Bunga Amarilis sering dijadikan nama-nama penginapan. Amarilis sendiri adalah jenis tanaman yang dikelompokkan sebagai tanaman hias daun dengan karakteristik batang yang menjulur panjang ke bawah dari pangkal daun. Bunga amarilis memiliki warna yang sangat mencolok seperti merah, putih maupun jingga.

Dengan penampilannya yang cantik seperti itu, ternyata bunga amarilis tidak membutuhkan air saat perawatannya, lho guys. Tak heran, jika tanaman ini dinobatkan sebagai tanaman unggul dalam kondisi kekeringan ditemani panas terik matahari. Dengan demikian, amarilis sangat pas untuk kalian yang ingin memiliki pekarangan rumah hijau tetapi minim waktu untuk melakukan penyiraman.

5. Impatiens

8 Tanaman Ini Tidak Butuh Banyak Air, Mudah Dirawat Kamu yang Sibuketsy.com

Bunga satu ini mungkin masih asing didengar oleh masyarakat Indonesia. Tetapi sebenarnya bunga ini sangat sering kalian jumpai di taman-taman kota. Kenapa di taman kota? Taman kota yang sangat identik dengan lingkungannya yang sangat panas dengan sinar matahari yang begitu terik sangat pas untuk ditumbuhi tanaman impatiens.

Alasannya, bunga ini adalah bunga yang tahan terhadap kondisi semacam itu dan tidak membutuhkan penyiraman di waktu-waktu tertentu. Maka dengan menanam bunga ini di sana adalah sebuah keputusan yang sangat tepat.  

6. Bunga Bougenville

8 Tanaman Ini Tidak Butuh Banyak Air, Mudah Dirawat Kamu yang Sibukjooinn.com

Tanaman hias jenis ini sering kita lihat menghiasi perkarangan rumah orang-orang. Alasannya, karena selain warna bunganya yang indah dan segar di mata, perawatan tanaman ini tergolong tidak merepotkan si pemilik. Kamu yang ingin memiliki bunga ini tidak akan merasa direpotkan dengan jadwal menyiram setiap hari lantaran tanaman hias ini tergolong sebagai tanaman yang kuat terhadap kekeringan dan juga terik matahari.

7. Bunga Euphorbia

8 Tanaman Ini Tidak Butuh Banyak Air, Mudah Dirawat Kamu yang Sibukpranaogogreen.com

Sama halnya dengan bunga Bougenville, bunga cantik dengan banyak duri di seluruh batangnya sangat tidak menyukai air yang banyak. Justru, bunga ini lebih mencintai kondisi di mana lingkungannya memberikan sinar matahari dengan intensitas yang tinggi.

Jika hal ini tidak terpenuhi akan berdampak pada proses pertumbuhannya. Perawatan tanaman ini tergolong sangat mudah karena tidak membutuhkan kondisi yang spesial. Kamu hanya cukup menyiramnya sesekali saja, sehingga sangat cocok bagi orang yang sibuk dan tidak memiliki waktu banyak untuk merawatnya secara rutin.

8. Lidah mertua

8 Tanaman Ini Tidak Butuh Banyak Air, Mudah Dirawat Kamu yang Sibukhomedepot.com

Orang awam hanya mengetahui kelebihan lidah mertua sebagai tanaman yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Banyak di antara mereka yang masih kurang mengetahui kelebihan lain dari tanaman ini yaitu, mudahnya dalam perawatan.

Tanaman lidah mertua tidak membutuhkan banyak air. Kondisi seperti ini tentu saja membuat sang pemilik merasa bahagia karena tidak perlu repot-repot menyiramnya di kala pagi ataupun sore hari dan juga saat ditinggal pergi dalam waktu yang cukup panjang tanaman ini masih tetap hidup dengan baik. 

Wah, ternyata tidak disangka ya tanaman-tanaman di atas sangat kuat jika tidak disiram. Sangat efisien, sederhana dan tidak merepotkan orang yang memeliharanya. Apakah kalian tertarik untuk memiliki salah satu di antara mereka?

Baca Juga: 7 Tanaman Indonesia Ini Membuat Lingkungan Lebih Sehat, Sudah Tahu?

Topic:

  • Nisa Widya Amanda
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You