Comscore Tracker

Sering Pakai, Ini 5 Benda Penemuan Jepang yang Telah Mengubah Dunia

Ada obat nyamuk juga!

Kesempatan langkah yang diraih oleh Jepang memang tiada duanya, cerdas berteknologi dan memiliki inovasi baru menjadi kelebihan negara Jepang dalam berbagai bidang. Hal ini membutikan bahwa orang Jepang selalu menginspirasi banyak orang dalam berbagai hal yang ada.

Ide - ide kreatif yang dikembangkan menjadi sasaran pasar dunia yang dapat menaikkan perekonomian negara dengan mudah, beberapa teknologi lain dikembangkan dengan baik dan mendapat apresiasi dari negara lain.

Berikut lima penemuan Jepang yang telah mengubah dunia dan membuat hidupmu lebih praktis dari sebelumnya, apa saja ya?

1. Selfie stick 

Sering Pakai, Ini 5 Benda Penemuan Jepang yang Telah Mengubah Duniaunsplash.com/Casey Chae

Selfie stick yang biasa disebut dengan tongsis merupakan alat untuk memegang handphone dan digunakan saat berfoto, selfie stick pertama kali ditemukan di Jepang pada tahun 1983 sebelum ditemukannya ponsel.

Hal ini menandakan bahwa Jepang memiliki kemajuan yang pesat sebelum negara lain memiliki inovasi tersebut, tongsis sempat booming tahun 2014 dan dinobatkan sebagai penemuan terbaik oleh majalah times meski jarang orang tahu jika selfie stick merupakan alat yang digunakan sehari - hari dan ditemukan di Jepang.

2. Kamera smartphone 

Sering Pakai, Ini 5 Benda Penemuan Jepang yang Telah Mengubah Duniaunsplash.com/Jonah Pettrich

Saat ini smartphone memiliki inovasi yang lebih modern dari keluaran tahun 90an, namun apakah kamu tahu jika ponsel pertama kamera waktu itu ditemukan di Jepang.

KYOCERA VP-210 merupakan visual phone pertama yang dirilis pada tahun 1999, meski keluaran pertama inovasi ini kurang dilirik karena hanya ada kamera depan yang dapat digunakan untuk melihatkan wajah pengguna.

Inspirasi ponsel berkamera datang dari kombinasi ponsel dengan kamera sekali pakai yang sangat populer di kalangan gadis SMA dan terus berinovasi hingga seperti model ponsel saat ini.

3. Pensil mekanik 

Sering Pakai, Ini 5 Benda Penemuan Jepang yang Telah Mengubah Duniaunsplash.com/Jess Bailey

Alat untuk menulis ini menjadi alat yang populer sehari - hari digunakan untuk kebutuhan sekolah, prototype pensil yang dipatenkan John Isaac Hawkins dan Sampson Mordan tahun 1822 menjadi inovasi yang sukses dan berkembang pesat saat ini.

Tokuji Hayakawa pendiri sharp akhirnya mengembangkan pensil ini pada tahun 1877 dengan lead yang terdorong otomatis dengan sekrup pemutarnya agar mudah digunakan, berkat hal ini ia pun mendapat hak paten pada tahun 1915 dan menjadi pensil mekanik yang sering kamu pakai sekarang.

Baca Juga: 8 Penemuan Yunani Kuno Ini Ubah Sejarah, dari Teater sampai Demokrasi

4. Obat nyamuk bakar 

Sering Pakai, Ini 5 Benda Penemuan Jepang yang Telah Mengubah Duniaunsplash.com/Matt Haggerty

Tak hanya benda praktis seperti pensil dan kamera smartphone namun obat nyamuk bara pun menjadi inovasi yang dikembangkan Jepang untuk membunuh binatang yang menganggu ini.

Obat anti serangga yang ada dalam pellitory dalmatian ini akan menyerang nyamuk dan menganggu sistem tubuhnya sehingga membuat mereka mabuk dan mati seketika, Eiichiro Ueyama merupakan seseorang penemu obat nyamuk yang efektif dengan stik yang memiliki panjang 20 centimeter yang mirip dengan dupa Buddha.

Namun istri Eiichiro Ueyama memberi ide jika membuatnya bentuk spiral dan lebih tebal agar cepat habis saat malam hari, hal ini merupakan asal usul obat nyamuk yang digunakan menjadi praktis dan tak terganggu dengan bentuknya.

5. Mie instan cup 

Sering Pakai, Ini 5 Benda Penemuan Jepang yang Telah Mengubah Duniapexels.com/Tony Schnagl

Hal yang mengangetkan ialah mie instan cup merupakan penemuan Jepang yang lainnya, mie instan ini dinamakan chiken ramen yang dibuat oleh seorang Jepang-Taiwan bernama Momofuku Ando tahun 1958.

Pondok mungil yang ia bangun di halaman rumahnya dan menjadi inovasi baru untuk ramen yang dapat dimakan bersama kuah hangat menjadi hal yang menarik, ramen ini lah yang merupakan penerus mie instan cup yang biasa kamu konsumsi setiap hari.

Sederhana namun dapat memudahkan hidupmu untuk melakukan berbagai hal menjadikan Jepang sangat toleran dengan inovasi terbaru meskipun agak nyeleneh, kejeniusan orang Jepang menjadi sumber inspirasi dunia untuk hal - hal yang tak terduga dan selalu dikagumi negara lain.

Baca Juga: 5 Penemuan Gabungan yang Bertahan hingga Masa Kini

Noer Suhasbi Photo Verified Writer Noer Suhasbi

Sedang mengetik...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya