Kualitas Terbaik, 5 Sejarah Karier Kopi Kaleng di Jepang yang Mendunia

Kopi Jepang punya cita rasa yang unik dan menarik

Tahun ke tahun semakin marak kuliner Jepang yang telah menyebar ke penjuru dunia dan membuat negara lain kagum dengan cara penyajian makanannya.

Sejarah perkopian di Jepang juga sangat unik seiring berjalannya waktu. Banyak sekali turis yang datang ke Jepang hanya ingin menikmati kopi dan bersantai ria. Tak heran, jika kopi Jepang memiliki rasa yang berbeda dengan kopi yang lain.

Tak hanya rasa, tapi kualitas kopi yang disajikan pun cukup beragam.

Berikut sejarah popularitas kopi di Jepang hingga mendunia seperti saat ini.

1. Ditemukan pada tahun 1960-an

Kualitas Terbaik, 5 Sejarah Karier Kopi Kaleng di Jepang yang Menduniatheculturetrip.com

Pada tahun 1960-an di Jepang, kopi kaleng ditemukan sebagai cara praktis dan nyaman untuk menikmati hari.

Pada tahun 1969 kopi kaleng pertama di Jepang diluncurkan dengan tambahan susu dan terus berinovasi dengan produk baru setiap tahunnya.

Perusahaan Ueshima Coffee Co dan yang lainnya juga ikut berkontribusi untuk membuat kopi kaleng menjadi minuman favorit setiap orang.

Dikutip dari laman Thrillist, meminum kopi kaleng yang beredar harus memahami tradisi kopi yang telah lebih lama berbedar di Jepang.

2. Perkembangan vending machine yang semakin canggih

Kualitas Terbaik, 5 Sejarah Karier Kopi Kaleng di Jepang yang Menduniaabc.net.au

Prefektur Shimane sempat mengklaim kopi pertama di dunia ialah Mira Coffe. Berbagai opini pun bermunculan, namun tak dapat bertahan lama.

Tetapi dibalik itu semua, vending machine lebih penting untuk penyajian kopi yang praktis dan selalu berkembang di setiap generasi. Kopi kaleng bisa dengan mudah kalian dapatkan hanya dengan mesin ini. 

Pokka Coffe yang dapat menyajikan minuman kaleng panas dan dingin juga merupakan inovasi yang cemerlang. Tahun 1973, Pokka Coffee mulai dipasarkan di Jepang secara bertahap dan mulai diminati masyarakat.

Baca Juga: Kopi Dunia, Kopi Kolombia dan Kopi Indonesia

3. Budaya kopi yang telah melekat sejak lama

Kualitas Terbaik, 5 Sejarah Karier Kopi Kaleng di Jepang yang Menduniatheculturetrip.com

Tahun 1930-an di Jepang, ada ribuan kedai kopi sebagai tempat bersantai, pertemuan, dan saling memperkenalkan budaya satu dengan yang lain.

Dikutip dari laman Japantrends, pilihan kopi kaleng yang beredar merupakan kejutan yang mengagumkan untuk kalian coba di Jepang dengan berbagai varian rasa yang unik dan menarik tentunya.

4. Kopi menjadi kebutuhan hidup sehari - hari 

Kualitas Terbaik, 5 Sejarah Karier Kopi Kaleng di Jepang yang Menduniathewaytocoffee.com

Era modern seperti ini, minuman kopi kaleng atau sejenisnya juga banyak diminati di masyarakat, ketika ingin beraktivitas untuk memulai hari kopi harus selalu mengawali.

Tak hanya aroma yang nikmat dan rasanya yang sedap, namun kualitas penyajian kopi di kedai maupun vending machine juga perlu diperhitungkan.

Berbeda selera kopi juga bukan masalah di Jepang. Hal ini karena setiap orang memiliki pandangan yang berbeda terhadap kopi yang mereka pilih untuk diminum setiap hari. Kesibukan dan kegiatan yang padat setiap orang di Jepang membuat mereka memilih vending machine, daripada kedai kopi karena lebih praktis dan cepat.

Antropolog bernama Merry White mengatakan tentang budaya kopi di Jepang yang dikutip dari laman Thrillist, bawah mengonsumsi kopi kaleng sangat berbeda dengan upacara teh atau praktek matcha pada umumnya

Kepadatan rutinitas membuat semua orang beralih ke metode ideal yaitu kopi kaleng agar lebih praktis saat meminumnya kapan saja.

5. Menjadi negara nomor satu untuk peningkatan penjualan kopi

Kualitas Terbaik, 5 Sejarah Karier Kopi Kaleng di Jepang yang Menduniatimeout.com

Popularitas kopi yang kian meningkat saat ini membuat orang berbondong-bondong ingin menikmati kopi di berbagai kedai dengan varian yang berbeda-beda,

Salah satu perusahaan Jepang, Kirin memproduksi kopi kaleng dengan versinya sendiri dan terkenal dengan birnya yang banyak digemari.

Jangan heran, jika Jepang memimpin negara lain saat ini dalam penjualan kopi nomor satu di dunia. Pada tahun 2013, industri kopi kaleng di Jepang meningkat hingga 739 milliar yen atau setara Rp100 juta (kurs Rp135,42).

Porsi kopi yang besar dan rasanya yang tak dapat diragukan lagi membuat pecinta kopi tak segan merogoh kocek dalam untuk secangkir kopi. 

Kesan unik yang terdapat dalam kopi Jepang ini tak jarang para turis maupun warga lokal menyukai kopi Jepang dibanding dengan kopi lainnya. Para penikmat kopi pasti akan senang, jika kualitas kopi selalu meningkat setiap harinya.

Tak hanya itu, harga yang cukup terjangkau dan tempat yang nyaman untuk menikmatinya juga jadi salah satu alasan mengapa kopi Jepang begitu diminati.

Baca Juga: 10 Varian Kopi yang Populer di Spanyol, Cocok buat Kamu Pecinta Kopi

Noer Suhasbi Photo Verified Writer Noer Suhasbi

Sedang mengetik...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya