Comscore Tracker

5 Dampak Mengerikan Penggunaan Tisu Berlebihan, Kurangi Sekarang Juga!

Ayo gunakan secukupnya saja! 

Apakah kamu sering menggunakan tisu di rumah, luar ruangan atau mungkin di kendaraan? Dilansir oleh laman Bisnis.com, konsumsi tisu di Indonesia meningkat, lho. Yap, siapa sih yang tidak pernah memakainnya sekarang ini. Tisu seperti sudah jadi barang wajib yang selalu ada di mana saja kamu berada.

Nah, hal yang perlu kamu tahu adalah tisu berasal dari kayu. Maka dari itu jika banyak memakai tisu artinya banyak pohon juga yang akan ditebang, nih. Akibatnya dampak mengerikan bisa saja terjadi ke depannya, lho. Apa saja kemungkinan yang bisa terjadi, simak sampai habis ya, check it out!

1. Hutan sebagai paru-paru dunia bisa habis, akibatnya oksigen semakin menipis

5 Dampak Mengerikan Penggunaan Tisu Berlebihan, Kurangi Sekarang Juga!Ilustrasi pembabatan hutan (flickr.com/Tom)

Permintaan produksi tisu pasti meningkat saat kamu memakainya berlebihan. Otomatis banyak pohon yang harus ditebang, dong. Alhasil, paru-paru Bumi akan semakin mengecil dan oksigen yang kamu hirup bakal menipis juga.

Planet Bumi layaknya seperti tubuh kamu, nih. Jika kamu punya paru-paru, demikian juga dengan Bumi. Bumi ini punya paru-paru yang fungsinya amat begitu vital untukmu, lho.

Yap, paru-paru tersebut adalah hutan yang isinya pepohonan yang rimbun. Namun sayang, dilansir Our World in Data bahwa dunia telah kehilangan 1/3 hutannya selama seribu tahun belakangan ini. Salah satu penyebabnya adalah deforestation atau penebangan pepohonan yang ada di hutan.

Nah, hutan yang tiap detik dan waktu hanya menghasilkan oksigen untuk dirimu, masihkah kamu tidak tahu malu dan hanya menuruti egomu? Kelak jika kamu harus membeli oksigen, jangan salahkan paru-paru itu. Tapi salahkan dirimu yang tidak tahu malu itu.

2. Perubahan cuaca yang drastis, suhu Bumi jadi semakin panas

https://www.youtube.com/embed/uynhvHZUOOo

Salah satu dampak penebangan pohon adalah suhu udara bisa meningkat. Pasti pernah merasakan rasanya saat kamu di bawah pohon, kan. Rasanya lebih segar, sejuk dan gak bakal kepanasan.

Dilansir Phys.org, suhu bumi naik setengah derajat. Dulunya naik 1,5 derajat di tahun sembilan puluhan, sekarang sudah naik menjadi dua derajat. Meskipun hanya naik setengah derajat, namun dampak yang ditimbulkan begitu mengerikan, lho.

Bumi yang semakin panas ini jangan kamu perparah lagi, ya. Sudah cukup penggunaan kendaraan bermotor yang semakin menggila dan industri batu bara yang tiada habisnya. Gencarnya isu untuk mengatasi perubahan cuca ekstrim juga harus jadi tindakan yang nyata, ya. Sudah saatnya kamu ikut andil sekarang. Cukup kurangi penggunaan tisu, so simple!

Baca Juga: 6 Pengaruh Perubahan Iklim terhadap Eksem

3. Kebanjiran akibat tidak ada yang mampu menopang air lagi

5 Dampak Mengerikan Penggunaan Tisu Berlebihan, Kurangi Sekarang Juga!Ilustrasi diterjang banjir (pexels.com/Biplab Sau)

Salah satu fungsi pohon adalah menampung air hujan yang turun. Jika pohon sudah tiada lagi, siapa yang akan menopangnya kembali. Secanggih apapun sebuah teknologi, rasanya belum pernah ada yang bisa menggantikan peran pohon seutuhnya.

Bisa kamu lihat di tempat-tempat yang jarang ada pohon. Pasti sering terjadi kebanjiran, kan. Seperti yang dilansir oleh BBC News bahwa salah satu penyebab dari banjir adalah tinggal di kota yang dekat dengan sungai. Minimnya pepohonan untuk menyerap air menjadikan semuanya tumpah ke sungai dan berakhir banjir ke daerah penduduk.

Nah, jika pohon kelak bakal tiada, Bumi yang indah ini hanya akan jadi  air semata. Lantas, masih tidak mau peduli, kah? Masih mau acuh atau malah tidak mau tau? Pikirkan kembali keputusanmu itu. Tisu bukanlah segalanya. Kurangi sekarang, untuk hidup indah selamanya.

4. Punahnya spesies hewan yang bermanfaat untuk keseimbangan ekosistem bumi

https://www.youtube.com/embed/C1Jud3zOcL4

Hewan di Bumi bukan cuma satu, melainkan banyak. Tiada dari mereka yang berperan tunggal, lho. Mereka saling berikatan. Begitu juga pohon dan ekosistemnya. Saling menopang satu sama lain.

Jika kelak pohon dan hutan benar-benar tiada. Maka tiada pula hewan beserta isinya di sana. Lantas mau bagaimana lagi kehidupan ini. Spesies penting semakin hari semakin terancam. Diterangkan di laman WWF bahwa peneliti telah menghitung mengenai spesies yang menghilang atau punah, ternyata sekarang sudah direntang seribu sampai sepuluh ribu lebih besar daripada kepunahan yang terjadi secara alami, lho.

Nah, jika tidak ada gerak cepat bumi akan hancur dengan sendirinya. Makanan, minuman dan kebutuhan hidup manusia lain juga semakin terancam. Lantas, masih mau melanjutkan kegiatan mengerikan ini. Simpan tisumu, gunakan seperlunya saja sekarang!

5. Kebakaran bisa terjadi di mana saja, hutan dan kota bisa kena juga!

https://www.youtube.com/embed/xChGDlFPbL8

Dilansir BBC News bahwa gelombang panas telah mengakibatkan pemukiman di London kebakaran. Bukan hanya Inggris, namun negara eropa lainnya juga terkena dampak dari gelombang panas kali ini.

Hal tersebut pasti bikin bulu kuduk kamu berdiri, kan. Pasalnya negara maju saja bisa sampai kewalahan mengatasi kebakaran tersebut. Bayangkan apabila kebakaran tersebut terjadi di negara berkembang atau miskin, bisa-bisa habis dilahap si jago merah, nih.

Nah, sehebat apapun manusia, teknologinya dan ilmunya tidak ada yang bisa mengalahkan bencana alam, lho. Entah itu di hutan ataupun di kota sekalipu, sudah tak ada bedanya. Contohnya kebakaran tersebut bisa terjadi di kota apalagi di areal hutan.

Meskipun tisu terlihat sederhana, namun jika tidak ada batasan bisa jadi bencana, lho. Yap, pemakaian yang berlebihan bikin pohon semakin hilang. Alhasil, suhu panas membara dan akhirnya menyebar jadi api yang kemana-mana. Pohon, hewan dan manusia malah jadi korbannya. Duh, sungguh miris banget.

Jika kelima dampak mengerikan di atas masih bikin kamu memakai tisu secara berlebihan, artinya kamu kebangetan banget. Gunakan barang lain sebagai pengganti tisu, ya. Jika pemakaiannya semakin berkurang, artinya kamu dan alam akan semakin terselamatkan.

Baca Juga: Alasan Medis Mengapa Kita Harus Cebok dengan Air, Bukan Tisu

Norman Wijaya Photo Verified Writer Norman Wijaya

Semakin kreatif dan informatif! @norman_wijaya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya