Comscore Tracker

6 Fakta Menarik Belalang Sembah, Predator Tangguh!

Belalang sembah betina bisa memkan pasangan matingnya

Belalang sembah dalam bahasa Inggris dikenal sebagai praying mantis. Hewan satu ini dinamai demikian karena gesturnya yang seperti sedang menyembah atau berdoa. Mantis sendiri berasal dari bahasa Yunani mantikos yang berarti nabi. Selain karena gesturnya yang unik, ada beberapa fakta menarik yang harus kamu ketahui mengenai belalang sembah. Simak yuk!

Baca Juga: 9 Spesies Belalang Terbesar di Dunia, Terbesar Ada di Australia

1. Belalang sembah bisa memutar kepalanya 180 derajat

6 Fakta Menarik Belalang Sembah, Predator Tangguh!Belalang sembah di atas daun (pexels.com/Manuel Bartsch)

Belalang sembah memiliki sendi yang fleksibel antara kepala dan prothorox yang memungkinkannya untuk bisa memutar kepalanya tanpa menggerakkan tubuhnya. Hal ini akan memudahkan hewan ini dalam berburu mangsanya.

2. Belalang sembah betina lebih besar dari jantan

6 Fakta Menarik Belalang Sembah, Predator Tangguh!Belalang sembah di antara bunga (pexels.com/JacLou- DL)

Belalang sembah betina bisa sebesar sekitar 7-9 cm, semantara belalang sembah jantan hanya sekitar 6-7 cm, ini juga tergantung jenisnya. Bahkan belalang sembah betina memiliki kemungkinan hidup lebih lama dari yang jantan.

3. Belalang sembah memiliki penglihatan yang tajam

6 Fakta Menarik Belalang Sembah, Predator Tangguh!Belalang sembah (pexels.com/Macro Photography)

Serangga satu ini memiliki penglihatan stereo dan mempunyai bidang penglihatan yang luas. Mata mereka memiliki fovea, area sel fotoreseptor terkonsentrasi yang membuatnya bisa lebih fokus dan melacak dengan tajam. Belalang sembah bisa melihat dalam 3D, loh!

Baca Juga: 10 Fakta Belalang Pelangi, Serangga Cantik yang Penuh Warna

4. Belalang sembah memiliki pendengaran yang lemah

6 Fakta Menarik Belalang Sembah, Predator Tangguh!Belalang sembah di atas batang pohon (pexels.com/Quang Nguyen Vinh)

Berbanding terbalik dengan penglihatannya yang tajam, belalang sembah memiliki pendengaran yang lemah. Belalang sembah tidak bisa mendengar seperti serangga pada umumnya. Mereka hanya bisa merasakan getaran. 'Telinga' belalang sembah berada di daerah perut mereka.

5. Belalang sembah memiliki kaki depan yang sangat kuat dan cepat

6 Fakta Menarik Belalang Sembah, Predator Tangguh!Belalang sembah (pexels.com/Skyler Ewing)

Mereka memiliki kaki depan yang sangat cepat, diperkirakan bisa meraih mangsanya paling sedikitnya sekitar 50 millidetik. Kaki depan belalang sembah akan menjepit mangsanya sekuat mungkin, lalu akan memakannya hidup-hidup.

6. Belalang sembah wanita bisa memakan pasangan mating mereka

6 Fakta Menarik Belalang Sembah, Predator Tangguh!Belalang sembah warna cokelat (pexels.com/Tomasz Hanarz)

Hal ini terjadi jika belalang sembah wanita bisa menangkap belalang sembah jantan, mereka akan memakan yang jantan entah itu selama proses mating atau sesudahnya. Di antara 12 hingga 28% mating berakhir dengan betina memotong kepala jantan, lalu memakannya. Ini dikarenakan akan membawa manfaat bagi sang betina yaitu memberikan sumber gizi yang mudah bagi telurnya.

Dari keenam fakta tersebut, fakta apa yang baru kamu ketahui tentang belalang sembah? Menarik bukan? Tidak hanya bisa memutar kepalanya, belalang sembah juga merupakan predator tangguh yang memakan mangsanya hidup-hidup.

Nur Aulia Safira Photo Verified Writer Nur Aulia Safira

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya