Comscore Tracker

10 Fakta 'Big Ben' di London yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Fakta-fakta menakjubkan tentang Big Ben 

Kamu pasti tidak asing lagi dengan Big Ben yang merupakan salah satu landmark terkenal Inggris. Big Ben merupakan menara yang disertai dengan jam yang berada di pusat Kota London. Menara ini sudah ada sejak tanggal 31 Mei 1859, lho!

Big Ben telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO atas sejarah pembangunannya dan kontribusinya terhadap penetapan waktu di Inggris. Ketika kamu berlalu lalang di sekitar Big Ben, jam yang ditunjukkannya dapat membuatmu tepat waktu karena lonceng jam tersebut berbunyi setiap jam.

Selain itu, Big Ben juga mempunyai fakta yang menakjubkan untuk disimak. Fakta-fakta tersebut mungkin belum kamu ketahui. Apa saja itu? Yuk, simak list berikut sebagaimana dilansir dari berbagai sumber!

1. Nama 'Big Ben' berasal dari bel terbesar yang berada di menara tersebut

10 Fakta 'Big Ben' di London yang Mungkin Belum Kamu Tahupexels.com/Dana Geisser

Ternyata, nama 'Big Ben' bukan berasal dari nama arsiteknya, Augustus Pugin, melainkan nama bel terbesar di menara tersebut. Menara tersebut mempunyai lima bel, dan bel terbesarnya dinamai 'Big Ben'. Ukuran bel terbesar tersebut berupa tinggi yang lebih dari 2, 1 meter, diameter 2,7 meter, dan berat sebesar 14 ton.

2. Waktu yang ditunjukkan pada Big Ben diakui sangat akurat  

10 Fakta 'Big Ben' di London yang Mungkin Belum Kamu Tahupexels.com/Mike

Kamu pasti sering mengalami ketika waktu yang kamu atur pada jam tidak sama persis dengan jam orang lain. Akibatnya, kamu bingung dengan waktu mana yang pas dan menjadi acuan. Oleh karena itu, samakan saja waktumu dengan waktu yang ditunjukkan oleh Big Ben karena waktu pada menara tersebut sangat akurat.

Keakuratan waktu pada Big Ben dipengaruhi oleh pendulum jam yang ditopang oleh koin-koin kuno. Tumpukan koin tersebut menyeimbangkan pusat massa pendulum agar ayunan pendulum stabil sehingga ketepatan waktunya konsisten.

3. Bel pada Big Ben berdentang untuk menandai hari peringatan penting di Inggris 

10 Fakta 'Big Ben' di London yang Mungkin Belum Kamu Tahureuters.com

Biasanya, bel pada Big Ben berdentang setiap 15 menit sekali untuk menandai waktu. Namun, bel tersebut juga akan berdentang untuk menandai hari peringatan penting di Inggris, seperti Tahun Baru, Hari Natal, dan Remembrance Sunday (hari untuk memperingati perjuangan para veteran Inggris).

Saat peringatan Tahun Baru, bel tersebut berdentang tepat pukul 12 tengah malam, pas saat mulai pergantian hari. Kembang api besar pun turut menyertai riuhnya bunyi bel.

4. Ada 23 cahaya lampu yang menerangi setiap jam pada masing-masing sisi menara 

10 Fakta 'Big Ben' di London yang Mungkin Belum Kamu Tahupexels.com/Negative Space

Mengapa jam pada Big Ben dapat terlihat jelas di malam hari? Jawabannya adalah karena ada 23 bola lampu yang menerangi masing-masing jam pada empat sisi menara. Setiap lampu yang menerangi permukaan sebuah jam dapat bertahan selama hampir 60.000 jam atau 7 tahun.

5. Ada sebuah penjara pada bangunan menara Big Ben 

10 Fakta 'Big Ben' di London yang Mungkin Belum Kamu Tahupexels.com/Oltion Bregu

Kamu mungkin tidak akan menyangka ada penjara pada bangunan menara Big Ben. Ruangan penjara tersebut diletakkan di dalam Big Ben selama masa pembangunan menara tersebut.

Penjara tersebut digunakan sebagai ruang tahanan anggota parlemen yang melanggar kode etik. Namun, penjara ini telah dibubarkan sejak tahun 1880-an.

Baca Juga: 10 Landmark Dunia Ini Bisa Dikunjungi Secara Virtual, Nyatanya Terasa!

6. Jam pada Big Ben pernah mati total pada tahun 1976 

10 Fakta 'Big Ben' di London yang Mungkin Belum Kamu Tahupixabay.com/Steppinstars

Selama lebih dari 100 tahun setelah didirikan, jam pada Big Ben selalu menggunakan komponen-komponen internal yang sama. Akibatnya, jam tersebut berhenti total pada Agustus 1976 karena keausan komponen-komponen internalnya yang menua.

Jam pada Big Ben pun harus diperbaiki selama sembilan bulan setelahnya. Akhirnya, pada Mei 1977, jam tersebut sudah berfungsi seperti sediakala.

7. Jarum jam Big Ben tidak berhenti bergerak saat terkena bom pada peristiwa Blitzkrieg 

10 Fakta 'Big Ben' di London yang Mungkin Belum Kamu Tahupexels.com/Dana Geisser

Jam pada Big Ben pun tidak luput dari peristiwa menakjubkan, salah satunya adalah tetap berfungsi saat terjadi Blitzkrieg pada tahun 1941. Peristiwa yang berarti 'Perang Kilat' tersebut merupakan pengeboman Kota London oleh tentara Nazi Jerman. Sebanyak 337 bom yang dahsyat dijatuhkan melalui udara, sebagaimana dilansir History.com.

Tentu saja banyak bangunan yang menjadi korban bom tersebut, salah satunya menara Big Ben. Bangunan, atap, pelat jam menara tersebut rusak parah, sementara jam tetap berfungsi seperti biasanya. Menakjubkan sekali, kan?

8. Sekelompok burung pernah bertengger pada jarum jam Big Ben 

10 Fakta 'Big Ben' di London yang Mungkin Belum Kamu Tahupexels.com/Pixabay

Ketika ada gangguan pada jarum jam Big Ben, waktu yang ditunjukkannya tidak lagi akurat. Sebagai contoh, jarum jam Big Ben yang menunjukkan menit pernah dipatahkan oleh sekawanan burung Jalak pada bulan Agustus 1949.

Selain itu, burung-burung tersebut juga menduduki jarum jam sehingga mengakibatkan gerakannya melambat lebih dari 4,5 menit. Untungnya, para petugas mampu memperbaiki masalah tersebut dalam beberapa jam.

9. Hanya warga negara Inggris Raya yang boleh memasuki bagian dalam menara Big Ben 

10 Fakta 'Big Ben' di London yang Mungkin Belum Kamu Tahupixabay.com/Pexels

Jika kamu penasaran dengan isi bagian dalam Big Ben, sementara kamu bukan warga Inggris Raya, kamu tidak akan diizinkan untuk melihatnya secara langsung. Sejak tahun 2010, hanya warga Inggris Raya yang diizinkan memasuki bagian dalam Big Ben, itu pun harus disetujui oleh Anggota Parlemen House of Lords.

Namun, Big Ben sudah tidak menerima tur sejak bulan Agustus 2017 sampai dengan 2021. Hal ini disebabkan karena Big Ben sedang dalam proses renovasi dengan mengecat ulang bagian interior dan eksteriornya, serta perbaikan pada jam.

10. Bunyi bel Big Ben pertama kali disiarkan di radio pada 31 Desember 1923  

10 Fakta 'Big Ben' di London yang Mungkin Belum Kamu Tahubbc.com

Bel yang terdapat pada Big Ben memang sangat ikonik. Bunyi bel tersebut pertama kali disiarkan di radio pada 31 Desember 1923.

Radio yang menyiarkannya tersebut adalah radio teranyar Inggris Raya, yaitu British Broadcasting Corporation (BBC). Momen siaran tersebut sangat tepat untuk perayaan menyambut tahun 1924.

 

Sudah tahu mengenai fakta-fakta tentang Big Ben pada list di atas? Menakjubkan sekali, kan? Jangan lupa mengabadikan momenmu di dekat menara Big Ben ketika kamu jalan-jalan ke London, ya!

Baca Juga: Coba Tebak Negara dari Landmark Ikoniknya di Sini!

Nuraina Fika Lubis Photo Verified Writer Nuraina Fika Lubis

Writing is a skill that I want to have. I try harder to make an article that worth to read. I receive critics and suggestions to upgrade my writing skill. Hope you enjoy what I write. Sincerely, me.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya