Comscore Tracker

5 Fakta Menabjukkan Tentang Inti Dalam Bumi yang Jarang Diketahui

Inti dalam bumi ternyata hampir sebesar bulan

Bumi terdiri dari beberapa lapisan dengan struktur yang unik dan memiliki peran masing-masing setiap lapisannya. Bumi terdiri dari 4 lapisan, yakni kerak bumi yang merupakan lapisan paling tipis di antara lapisan lainnya, lapisan kedua yaitu mantel, ketiga inti luar bumi dan terakhir yaitu inti dalam bumi.

Menjadi lapisan terdalam bumi, Inti dalam ternyata memiliki beberapa sifat serta fakta-fakta menarik dan menakjubkan. Berikut 5 fakta inti dalam bumi yang perlu kamu ketahui.

1. Ukuran inti dalam bumi hampir sebesar bulan

5 Fakta Menabjukkan Tentang Inti Dalam Bumi yang Jarang Diketahuiuniversetoday.com

Siapa sangka ukuran inti bumi ternyata sangat besar, yakni 2.440 km atau 1.516 mil yang merupakan 19 persen dari volume bumi. Hal ini membuktikan bahwa ukuran inti bumi hanya 30 persen lebih kecil dari ukuran bulan.

2. Panas inti bumi setara dengan suhu permukaan matahari

5 Fakta Menabjukkan Tentang Inti Dalam Bumi yang Jarang Diketahuinbcnews.com

Suhu inti bumi diperkirakan mencapai 3.000 sampai 5.000 Kelvin atau 4.940 sampai 8.540 derajat Fahrenheit. Suhu ini dihasilkan dari tiga unsur utama. Yang pertama terdapat sisa panas dari pembentukan bumi, lalu panas yang dihasilkan dari tekanan gravitasi pada inti oleh gaya pasang surut dan rotasi bumi. Dan yang terakhir dihasilkan dari peluruhan unsur radioaktif dari dalam bumi.

Baca Juga: 10 Fakta Planet Mars, Si Merah yang Jadi Tetangga Terdekat Bumi

3. Inti bumi tersusun dari besi padat

5 Fakta Menabjukkan Tentang Inti Dalam Bumi yang Jarang Diketahuitheconversation.com

Para ilmuwan percaya bahwa inti bumi merupakan bola logam yang padat yang dikelilingi oleh logam cair yang berasal dari inti luar bumi. Besi pada inti bumi dalam dapat tetap padat karena tekanan yang sangat tinggi di pusat bumi. Unsur-unsur lain yang ditemukan dalam inti yaitu nikel, logam yang mirip dengan besi, silikon, zat berlimpah yang digunakan dalam gelas dan chip komputer.

4. Inti bumi berputar lebih cepat daripada permukaan bumi

5 Fakta Menabjukkan Tentang Inti Dalam Bumi yang Jarang Diketahuihudsonvalleyone.com

Menurut ilmuwan dari Columbia University pada tahun 1997 menunjukkan bahwa inti dalam bumi berputar lebih cepat daripada bumi itu sendiri. Inti dalam bumi berputar ke arah yang sama dengan bumi dan berputar sedikit lebih cepat dari bumi. Inti dalam bumi menyelesaikan sekali rotasi sekitar dua per tiga detik lebih cepat dari planet lainnya.

5. Inti dalam bumi menciptakan medan magnet

5 Fakta Menabjukkan Tentang Inti Dalam Bumi yang Jarang Diketahuiscienceofcycles.com

Perbedaan suhu, tekanan, dan komposisi pada inti luar bumi menyebabkan arus konveksi pada logam cair ketika zat padat dan dingin tenggelam, sementara bahan yang hangat dan kurang padat naik. Aliran besi inilah yang mengelilingi inti dalam bumi dan menghasilkan medan magnet. Itulah 5 fakta-fakta menakjubkan yang terdapat pada inti dalam bumi.

Meski beberapa fakta mengenai inti dalam bumi sudah berhasil ditemukan, namun masih banyak misteri dan fakta-fakta mengenai inti dalam bumi yang belum terkuak oleh para ilmuwan.

Baca Juga: 6 Fakta Bulan, Satelit Alami Bumi yang Memesona

Nursyamsi Kusuma Dewi Photo Community Writer Nursyamsi Kusuma Dewi

The girl who has millions of dreams | Find me on Instagram : Nursyamsidewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You