Comscore Tracker

Gak Bisa Kenali Wajah Orang Ternyata Ada Istilahnya, Prosopagnosia

Mereka bahkan gak mengenali wajah sendiri

Pernah gak sih kamu mendengar penyakit buta wajah? Atau mungkin pernah mengetahuinnya lewat beberapa film maupun drama? Yup, ternyata penyakit ini beneran ada lho. 

Prosopagnosia atau biasa disebut buta wajah merupakan penyakit di mana penderitanya tidak dapat mengenali wajah seseorang. Penyakit ini belum banyak diketahui banyak orang, bahkan pengidapnya pun terkadang tidak menyadarinya. Nah berikut ini 5 fakta pengidap buta wajah yang harus kamu ketahui.

1. Tidak dapat mengenali wajah seseorang

Gak Bisa Kenali Wajah Orang Ternyata Ada Istilahnya, Prosopagnosiaformerdays.com

Pengidap buta wajah bukan berarti tidak dapat melihat wajah seseorang, mereka melihat wajah seperti orang-orang normal melihat pada umumnya. Mereka melihat bentuk mata, hidung, bibir seperti pada umumnya, namun mereka tidak dapat mengenalinya. Tak hanya orang-orang yang baru ditemui saja, melainkan mereka juga tidak bisa mengenali teman-teman bahkan keluarganya sendiri.

2. Tidak mengenali wajah sendiri

Gak Bisa Kenali Wajah Orang Ternyata Ada Istilahnya, Prosopagnosiavariety.com

Lebih parahnya lagi bahkan mereka tidak mengenali dirinya sendiri. Saat penderita melihat dirinya melalui cermin, mereka tidak akan mengenalinya dan mereka akan merasa asing ketika melihat pantulan dirinya sendiri melalui cermin.

3. Mengenali seseorang dari ciri khas terntentu

Gak Bisa Kenali Wajah Orang Ternyata Ada Istilahnya, Prosopagnosiabustle.com

Karena tidak dapat mengenali wajah seseorang, biasanya pengidap buta wajah akan mengenali seseorang melalui ciri khas tertentu dari orang lain. Mereka akan mengenali seseorang seperti dari model rambut, tanda lahir di wajah, jenggot, suara, maupun aroma.

Baca Juga: Kaya & Miskin Bisa Terlihat dari Wajah, Ini Hasil Risetnya!

4. Kesulitan memahami film yang ditonton

Gak Bisa Kenali Wajah Orang Ternyata Ada Istilahnya, Prosopagnosiaanarchak.com

Di dalam film biasanya akan banyak berbagai macam karakter. Hal ini tentu akan menyulitkan penderita untuk mengikuti cerita yang ada dalam film karena kesulitan dalam mengenali atau mengingat karakter wajah para pemain.

5. Sulit dalam bersosialisasi

Gak Bisa Kenali Wajah Orang Ternyata Ada Istilahnya, Prosopagnosiapairedlife.com

Biasanya pengidap buta wajah juga akan sulit dalam interaksi sosial dan akan sulit untuk mendapatkan teman. Tak jarang penderita akan mengalami depresi dan social anxiety disorder atau kecemasan sosial.

Itu dia beberapa fakta tentang pengidap buta wajah. Sampai saat ini belum ada pengobatan untuk penyakit ini, mereka hanya bisa berusaha mengenali wajah seseorang dari ciri khas tertentu yang ada pada orang lain.

Baca Juga: Kami Tahu Karaktermu dari Bentuk Wajah, Ayo Para Cewek Cocokin di Sini

Nursyamsi Kusuma Dewi Photo Verified Writer Nursyamsi Kusuma Dewi

The girl who has millions of dreams | Find me on Instagram : Nursyamsidewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You