Comscore Tracker

6 Fakta Unik Orang Utan, Hewan Paling Berisik di Dunia

#ANGPOIN Mari lindungi orang utan dari kepunahan!

Pernahkah kamu melihat orang utan secara langsung? Orang utan merupakan salah satu hewan yang dianggap mirip manusia. Menurut laman National Geographic, orang utan memiliki DNA yang hampir mirip dengan manusia. Selain itu, hewan ini hanya bisa ditemukan di Indonesia.

Data dari IUCN menyebutkan bahwa ada 100 ribu spesies yang ada di Kalimantan. Kurang dari 14 ribu spesies berada di Sumatra dan kurang dari 800 berada di Tapanuli. Banyak hal unik dari hewan ini yang harus menjadi alasan kita untuk melindunginya dari kepunahan. Dilansir dari World Atlas, berikut fakta unik orang utan yang harus kita lindungi!

1. Dijuluki manusia hutan karena kemiripannya dengan manusia

6 Fakta Unik Orang Utan, Hewan Paling Berisik di DuniaPixabay.com/Edgar winkler

Dilansir dari National Geographic, orang utan merupakan hewan yang paling dekat kekerabatannya dengan manusia. Hewan unik ini diperkirakan memiliki DNA yang 97 persen mirip manusia.

Secara fisik, terdapat kesamaan manusia dengan orang utan. Dari bentuk mulut hingga tulang, orang utan lebih dekat kekerabatannya dengan manusia daripada simpanse. Selain itu, kecerdasan yang dimiliki orang utan dalam menggunakan alat sehari-hari bisa dibilang mirip manusia, lho. Pantas saja dijuluki Manusia Hutan.  

2. Betina hanya melahirkan dalam delapan tahun sekali

6 Fakta Unik Orang Utan, Hewan Paling Berisik di DuniaPixabay.com/Veileneinerhuelle

Masa kelahiran bayi orang utan disebut paling panjang dibandingkan mamalia darat lainnya. Betina hanya bisa melahirkan satu atau dua bayi dalam delapan tahun sekali. Setelah lahir, bayi dan ibunya akan tinggal selama 6-7 tahun dan membentuk ikatan batin.

Betina akan memperhatikan bayinya sepenuhnya selayaknya manusia, dari makanan hingga melindungi mereka. Dilansir dari laman Live Science, jantan akan bepergian sendiri, sedangkan betina memelihara anak mereka.

Orang utan yang berjenis kelamin perempuan akan bereproduksi di usia 18 tahun, sedangkan jantan akan aktif secara seksual di usia 15 tahun. 

Baca Juga: 10 Hewan Termalas di Dunia! Mereka Tidurnya Bisa 20 Jam Setiap Hari

3. Orang utan adalah salah satu makhluk paling berisik di dunia

6 Fakta Unik Orang Utan, Hewan Paling Berisik di DuniaPixabay.com/Stefanie

Ketika kamu pergi ke hutan, sering kali kamu mendengar suara lolongan, jeritan, hingga tangisan di balik pohon besar. Orang utan disebut sebagai hewan paling berisik di dunia.

Biasanya, suara ini dilakukan oleh orang utan berjenis jantan jika ada ancaman dari luar. Siapa pun yang masuk ke hutan akan disambut oleh suara berisik dari mereka. Hal ini, bisa dianggap sebagai peringatan awal untuk melindungi wilayah mereka. 

4. Tidur, makan, bahkan bermain di pohon

6 Fakta Unik Orang Utan, Hewan Paling Berisik di DuniaPixabay.com/Van Zonneveld

Orang utan lebih suka menghabiskan 90 persen kehidupan mereka di atas pohon. Mereka bisa bermain, tidur, bahkan makan dalam waktu yang lama di sarang yang mereka buat.

Orang utan membuat ayunan dari satu cabang pohon ke cabang lain untuk bermain. Kadang kala, kita melihat mereka bergelantungan terbalik di pohon dalam jangka waktu yang lama. Jika berada di tanah, mereka akan berjalan merangkak dan tidak pernah bisa lama berada di sana. 

5. Orang utan membangun sarang yang digunakan untuk keperluan tidur

6 Fakta Unik Orang Utan, Hewan Paling Berisik di DuniaPixabay.com/Herbert2512

Untuk pendaki gunung, menemukan ayunan yang dipasang di atas pohon itu adalah hal yang biasa. Orang utan selalu membuat sarang mereka di pohon-pohon. Biasanya, sarang dibangun di atas pohon yang tinggi untuk melindungi mereka dari ancaman binatang buas.

Sarang yang dibangun terbuat dari cabang-cabang pohon yang dirancang nyaman. Dalam merancangnya, mereka membutuhkan waktu sepuluh menit untuk latihan. Saat musim hujan, mereka akan membangun atap pada sarang mereka.

6. Orang utan jantan jauh lebih besar dari betina

6 Fakta Unik Orang Utan, Hewan Paling Berisik di DuniaPixabay.com/Wasi1370

Untuk membedakan orang utan jantan atau betina, kamu tidak perlu kesulitan. Orang utan jantan memiliki ukuran yang lebih besar daripada betina. Tingginya bisa mencapai 1,7 meter dan beratnya 68 kg.

Pejantan memiliki kantong tenggorokan yang besar dan flap pipi besar yang disebut flensa. Flap inilah yang membuat mereka menarik di mata betina. Selain itu, betina hanya memiliki tinggi 1,2 meter dan berat 36 kg. 

Itu tadi fakta unik orang utan yang kini semakin terancam keberadaannya. Sebagai bagian dari alam, yuk, kita lindungi mereka dengan mendukung kampanye antiperburuan liar.

Baca Juga: 8 Sistem Reproduksi Hewan Paling Unik yang Bikin Kamu Terheran-heran

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You