Comscore Tracker

Gantikan Astronaut, 5 Robot NASA yang Berjasa untuk Misi Luar Angkasa

Wow, robot canggih ini harus kamu tahu!

Badan Penerbangan dan Antariksa atau National Aeronautcis Space Administration (NASA) merancang beberapa robot untuk melaksanakan misi luar angkasa. Robot ini berguna untuk penjelajahan ruang angkasa karena dapat bertahan di lingkungan dan bertahan dalam waktu yang lama.

Dilansir dari laman NASA,  perangkat yang disertai teknologi canggih ini dimanfaatkan untuk menggantikan peran astronaut untuk berbagai misi sulit, seperti perbaikan lingkungan berbahaya, prosedur rutin, dan misi lain di luar angkasa.

Robot-robot ini berjasa dalam mengetahui kehidupan luar angkasa yang menyimpan banyak pengetahuan tentang alam semesta. Berikut robot terkenal rancangan NASA yang pernah bekerja dalam misi luar angkasa. 

1. Mars Pathfinder

Gantikan Astronaut, 5 Robot NASA yang Berjasa untuk Misi Luar Angkasadailygalaxy.com

Robot Mars Pathfinder dikirim oleh NASA untuk penelitian dalam kendaraan robot Sojournar Truth. Ini merupakan robot pertama yang menyelidiki Bumi dan Bulan. Robot ini sukses memberikan kita ilmu pengetahuan tentang Mars.

Diluncurkan pada 4 Desember 1996 dan berhasil mendarat pada 4 Juli 1997, ada tiga perangkat canggih yang dipasang pada Mars Pathfinder.

  1. Spectrometer X-Ray Alpha Proton (APXS) yang menganalisis komponen batuan dan tanah;
  2. Dilengkapi dengan tiga kamera sebagai pembantu rover navigasi dan menampilkan gambar planet Mars;
  3. Paket Instrumen Struktur Meteorologi atau Atmosfer yang memberikan informasi tentang lapisan atmosfer, namun robot ini mengakhiri misinya pada 27 September 1997. 

2. InSight

Gantikan Astronaut, 5 Robot NASA yang Berjasa untuk Misi Luar Angkasarobot.cfp.co.ir

Robot Interior Exploration using Seismic Investigations, Geodesy and Heat Transportation atau InSight merupakan robot yang dirancang oleh NASA untuk mengamati interior planet Mars.

Insight diluncurkan pada 5 Mei 2018. Robot ini dilengkapi dengan alat canggih. seperti SEIS yang mengukur gempa bumi dan aktivitas seismik yang terjadi di dalamnya. Robot ini pun dilengkapi dengan HP (Heat Flow and Physical Properties) yang mampu mengukur panas di permukaan Mars. 

Alat HP dirancang untuk panas yang mengalir di permukaan Mars. Selain itu, robot ini pun dilengkapi dengan RISE yang mengamati rotasi Mars dan eksperimen struktur interior. InSight diluncurkan pada 5 Mei 2018 dan berhasil mendarat pada 26 November 2018. Robot ini masih berfungsi untuk mengamati Mars. 

Baca Juga: Kekacauan Persaingan Misi Antariksa Antara Amerika dan Uni Soviet

3. Kirobo

Gantikan Astronaut, 5 Robot NASA yang Berjasa untuk Misi Luar Angkasanewatlas.com

Kirobo merupakan robot pertama ruang angkasa yang dirancang oleh Jepang. Robot ini dirakit oleh Universitas Tokyo untuk menghibur para astronaut yang bekerja di ruang angkasa.

Kirobo memiliki kemampuan untuk berbicara seperti tangan gelombang yang humanoid. Dilansir dari CNET, robot ini dimodelkan seperti Astro Boy. Diciptakan oleh Tomotaka Takahashi, robot Kirobo memiliki misi khusus untuk mengatasi masalah masyarakat yang mulai individual dan kurang komunikatif. 

Kirobo bisa berdiri sendiri dan beradaptasi dengan gravitasi rendah. Versi yang lebih kecil dari robot ini juga digunakan oleh Toyota sebagai mainan yang menyenangkan. 

4. Valkyrie R5

Gantikan Astronaut, 5 Robot NASA yang Berjasa untuk Misi Luar Angkasaphys.org

Valkyrie atau NASA R5 menjadi robot populer karena kemampuannya dalam berjalan. Tinggi robot ini mencapai 1,9 m. Pimpinan proyek dan grup yang bekerja untuk Dextrous Robotic Lab, NASA JSC's,  Nicolaus Radford mengungkapkan bahwa robot ini diciptakan untuk kompetisi DARPA.

Kakinya dirancang kuat untuk berdiri di lingkungan terdegradasi yang dilanda bencana. Menurut Fox News ,Valkyrie akan bersaing dalam tantangan DARPA, yang bertujuan untuk membuat robot untuk lingkungan berbahaya, seperti tumpahan nuklir.

Valkyrie R5 telah dikembangkan sebagai bagian dari pengujian perangkat lunak Space Robotics Challenge NASA. Robot ini dilengkapi dengan sensor sonar, kamera, lengan yang bisa dilepas, dan lingkaran cahaya Tony Stark pada bagian dadanya.

Badan Antariksa mengatakan bahwa robot ini cukup tangkas untuk memasuki zona bencana dan menyediakan fungsi pencarian dan penyelamatan, termasuk memberikan informasi visual. 

5. Curiosity

Gantikan Astronaut, 5 Robot NASA yang Berjasa untuk Misi Luar Angkasalivescience.com

Robot Curiosity diciptakan NASA sebagai robot penjelajah seukuran mobil yang dirancang untuk mempelajari Kawah Gale di permukaan Mars. Robot ini diluncurkan pada 26 November 2011 dan mendarat di Mars pada 6 Agustus 2012.

Misinya adalah mengeksplorasi peluang bertahan hidupnya mikroba di planet ini dengan mengumpulkan sampel tanah dan sejarah endapan air. Dilansir dari laman BBC, pengendali NASA memerintahkan Curiosity untuk menjalankan percobaan pengambilan sampel udara lebih lanjut selama akhir pekan.

Curiosity terlihat dari pencitraan satelit yang mengawasi planet tersebut. Pencitraan satelit menampilkan sebuah titik kecil di planet Mars yang diduga robot NASA tersebut. Robot ini dimotori oleh daya nuklir sehingga dapat bertahan lama. Sumber energinya adalah generator termoelektrik berbasis plutonium yang bertahan hingga empat belas tahun. 

Nah, robot-robot yang dirancang NASA ini telah membantu kita untuk mengetahui tentang kehidupan planet di luar bumi. Dengan begitu, wawasan kita akan alam semesta akan semakin bertambah.

Baca Juga: 8 Rahasia Gelap NASA, Jangan Ngaku Pencinta Antariksa kalau Belum Tahu

Nurul Aulia Photo Community Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You