Comscore Tracker

Menilik Kisah Perjuangan Hidup Ikan Salmon yang Menakjubkan

Harus berpuasa selama berbulan-bulan

Siapa yang tidak kenal dengan ikan salmon. Ikan salmon ini terkenal dengan harganya yang mahal dan dagingnya yang empuk. Selain itu, ikan salmon bisa dihidangkan dalam berbagai olahan salah satunya dalam keadaan mentah. Namun sebelum bisa dihidangkan di atas meja ikan salmon melewati perjalanan hidup yang sangat panjang.

Berikut beberapa kisah tentang perjuangan hidup ikan salmon yang menakjubkan!

1. Salmon bertelur di hulu sungai

Menilik Kisah Perjuangan Hidup Ikan Salmon yang Menakjubkanunsplash.com/Kieran Osborn

Ikan salmon biasa hidup di Samudra Pasifik atau Samudra Atlantik. Namun hidup ikan salmon dimulai pada hulu sungai di pegunungan es daratan Amerika. Salmon dewasa biasanya bisa bertelur hingga ribuan telur, namun hanya separuhnya saja yang bisa menetas.

2. Benih ikan salmon hidup selama setahun di sungai

Menilik Kisah Perjuangan Hidup Ikan Salmon yang Menakjubkanunsplash.com/Yomex Owo

Setelah menetas, benih ikan salmon akan hidup selama setahun di dasar sungai yang berkerikil dengan memakan plankton. Saat musim semi tiba ikan salmon yang berumur 1 tahun membentuk koloni dan akan melakukan imigrasi ke laut menuju Samudra Pasifik.

3. Salmon melakukan perjalanan menuju samudra

Menilik Kisah Perjuangan Hidup Ikan Salmon yang Menakjubkanunsplash.com/Mathew Schwartz

Perjalanan ikan salmon menuju samudra pun tidaklah mudah. Pada tahun pertama ini ikan salmon sudah dihadapkan dengan berbagai predator seperti hewan bahkan manusia.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Ikan Salmon Segar yang Aman untuk Keluarga

4. Salmon dewasa hidup selama 4-7 tahun

Menilik Kisah Perjuangan Hidup Ikan Salmon yang Menakjubkanunsplash.com/humberto chavez

Akhirnya salmon dewasa yang berhasil melakukan perjalanan hingga ke samudra dengan selamat akan hidup dan berpetualang di Samudra Pasifik selama 4-7 tahun. Salmon hidup di perairan samudra yang luas dan dingin. 

5. Perjalanan ikan salmon menuju sungai

Menilik Kisah Perjuangan Hidup Ikan Salmon yang Menakjubkanunsplash.com/Milada Vigerova

Salmon yang siap untuk bereproduksi akan kembali ke hulu sungai dengan berkoloni. Perjalanan pulang tidaklah mudah banyak rintangan yang harus dihadapi harus berenang melawan arus dan berenang melewati air terjun. Selain itu, ikan salmon harus menghadapi predator seperti elang, beruang, bahkan manusia. Migrasi yang menempuh jarak panjang juga membuat ikan salmon harus berpuasa selama berbulan-bulan, karena perjalanan yang sulit membuat mereka tidak sempat untuk makan.

Cadangan lemak yang ada di tubuh salmon merupakan satu-satunya energi untuk tetap melanjutkan perjalanan ke sungai. Bahkan lemak pada tubuhnya membuat perubahan sisik pada ikan salmon. Namun dari ribuan salmon yang bermigrasi tidak banyak ikan yang selamat banyak yang terjerat jaring ataupun kelelahan hingga dimangsa elang. 

6. Salmon kembali dan mati di hulu sungai

Menilik Kisah Perjuangan Hidup Ikan Salmon yang Menakjubkanunsplash.com/Clay Knight

Ikan salmon yang selamat dan dalam keadaan lelah akan segera menggali tanah di dasar sungai sedalam 25-30 cm untuk tempat menyimpan telur, telur ikan salmon berkisar 3000-8000 butir setelah itu akan dibuahi oleh ikan salmon jantan. Usai bertelur salmon dewasa akan mati di hulu sungai akibat kelelahan setelah melakukan perjalanan panjang.

Nah, itulah beberapa kisah tentang perjuangan hidup ikan salmon yang menakjubkan, tidak salah jika harga ikan satu ini terkenal sangat mahal.  

Baca Juga: Bergizi Tinggi, Inilah 7 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan 

Oktavia Isanur Maghfiroh Photo Community Writer Oktavia Isanur Maghfiroh

just do it! // find me @oktaviaa2510

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You