Comscore Tracker

Ternyata Warna Dinding Pengaruhi Psikologismu, Pelajari 7 Macamnya Ini

Mau ganti warna dinding? Pilih dengan bijak ya

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa warna-warna ruangan di rumahnya adalah cerminan langsung dari kepribadiannya. Meskipun hanya sebentar saja beraktivitas di ruangan itu, ternyata warna ruangan itu dapat memengaruhi suasana hati dan pikiran kita. Menurut Freshome, berikut ini pengaruh 7 warna dinding ruangan terhadap psikologis.

1. Merah

Ternyata Warna Dinding Pengaruhi Psikologismu, Pelajari 7 Macamnya Iniunsplash.com/pan xiaozhen

Merah adalah pilihan yang tepat apabila kamu ingin menaikkan energi ruangan. Warna yang kuat ini terbukti dapat meningkatkan tekanan darah dan mempercepat pernapasan dan detak jantung.

Dinding berwarna merah sebaiknya digunakan pada ruang tamu atau ruang makan, karena akan membangkitkan kegembiraan dan merangsang adanya percakapan.

2. Kuning

Ternyata Warna Dinding Pengaruhi Psikologismu, Pelajari 7 Macamnya Iniunsplash.com/Nicole Honeywill

Kuning melambangkan kegembiraan, menstimulasi syaraf, dan memurnikan tubuh. Namun, jika digunakan sebagai warna utama, justru cenderung akan menciptakan rasa frustrasi dan marah.

Gunakan warna kuning pada dinding dapur, ruang makan, dan kamar mandi. Di ruang-ruang berukuran kecil, warna kuning dapat terasa luas.

3. Biru

Ternyata Warna Dinding Pengaruhi Psikologismu, Pelajari 7 Macamnya Iniunsplash.com/Ruslan Keba

Biru adalah warna yang menenangkan, santai, dan tenang. Warna ini bisa menurunkan tekanan darah dan memperlambat pernapasan dan detak jantung.

Dinding kamar tidur dan kamar mandi sangat cocok menggunakan warna ini. Namun, warna biru muda perlu diseimbangkan juga menggunakan perabotan dan dekorasi dengan warna-warna yang lebih hangat.

Baca Juga: 5 Penyakit Psikologis yang Banyak Diderita Fans Artis KPop Garis Keras

4. Hijau

Ternyata Warna Dinding Pengaruhi Psikologismu, Pelajari 7 Macamnya Iniunsplash.com/Bogomil Mihaylov

Warna campuran biru dangan kuning ini memiliki efek menenangkan mata. Warna hijau diyakini bisa menghilangkan stres. Hijau cocok digunakan untuk hampir semua ruangan di rumah karena mendorong untuk bersantai dan meningkatkan kenyamanan serta kebersamaan.

5. Ungu

Ternyata Warna Dinding Pengaruhi Psikologismu, Pelajari 7 Macamnya Iniunsplash.com/Veenit Panchal

Warna ungu yang gelap memberi kesan dramatis, mewah, dan canggih. Sedangkan warna ungu yang lebih terang (seperti lavender) memberi ketenangan yang sama dengan warna biru untuk kamar tidur, tanpa kesan dingin.

6. Oranye

Ternyata Warna Dinding Pengaruhi Psikologismu, Pelajari 7 Macamnya Iniunsplash.com/Oleg Laptev

Oranye merupakan warna yang energik. Warna ini membangkitkan kegembiraan dan antusiasme. Dalam budaya kuno, jeruk diyakini dapat menyembuhkan paru-paru dan meningkatkan energi.

Warna ini cocok untuk ruang latihan (olahraga) karena dapat membantu dalam mengeluarkan seluruh emosi yang perlu dilepaskan ketika berolahraga. Aplikasikan di ruangan kamu biasanya berolahraga.

7. Netral

Ternyata Warna Dinding Pengaruhi Psikologismu, Pelajari 7 Macamnya Iniunsplash.com/Kari Shea

Hitam, abu-abu, putih dan cokelat adalah warna netral yang fleksibel dalam suasana: menghidupkan, mengurangi, dan menenangkan. Warna hitam hanya diperlukan dalam jumlah kecil atau hanya sebagai aksen, untuk memberi kesan yang dalam.

Tidak hanya bagi pemilik ruangan, warna dinding akan mempengaruhi siapa saja yang datang ke ruangan itu. Itulah mengapa dalam mendekorasi ruangan, pemilihan warna dinding sangat penting.

Baca Juga: Flash Sale: Permainan Psikologis yang Mampu Membuatmu Jadi Konsumtif

Topic:

  • Patricia Firscha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You