Comscore Tracker

Cincinnya Lebih Besar dari Saturnus, Inilah 6 Fakta Planet J 1407b

Masih beranggapan Saturnus yang paling eye catching?
Semua orang tahu, bahwa planet Saturnus adalah planet yang memiliki cincin yang sangat indah. Sangking indahnya, banyak orang yang memfavoritkan planet Saturnus. Namun, apakah semua orang tahu jika ada planet yang memiliki cincin berjuta kali lebih besar dari cincin Saturnus?
 
Planet tersebut adalah planet luar tata surya yang bernama J 1407b. Cincinnya sangat masif dan menawan. Planet ini ditemukan pada tahun 2012 oleh Eric Mamajek dan Kenworthy pada rasi Centaurus dengan menggunakan metode transit lewat teleskop SuperWASP.
 
Berikut enam fakta menarik planet J 1407, si super saturnus yang punya cincin.

1. Ukuran cincinnya 200 kali lebih besar dari cincin Saturnus

Cincinnya Lebih Besar dari Saturnus, Inilah 6 Fakta Planet J 1407bwikimedia.org

Ukuran cincin J 1407b diperkirakan dua ratus kali lebih besar dari cincin Saturnus. Melalui kurva cahaya, ilmuwan juga memperkirakan diameter cincin J 1407b mencapai 120 juta kilometer. Ini setara dengan dua ribu kali diameter cincin Saturnus. Bisa kita bayangkan betapa raksasanya cincin J 1407b ini.

2. Sistem cincinnya berasal dari debu kosmik

Cincinnya Lebih Besar dari Saturnus, Inilah 6 Fakta Planet J 1407bmicronations.wiki/J1407b

Debu kosmik yang dimaksud, yaitu sisa-sisa materi dari pembentukan planet. Pada awal ditemukan, planet ini diduga sebagai planet mirip Jupiter yang dikelilingi oleh miliaran materi yang tersisa dari pembentukan planet.

Setelah dianalisa lebih jauh, ternyata sisa-sisa materi tersebut membentuk sebuah sistem cincin yang luar biasa besar.

3. Ada tiga puluh lebih cincin yang mengitarinya

Cincinnya Lebih Besar dari Saturnus, Inilah 6 Fakta Planet J 1407bwikimedia.org

Pada dugaan awal, hanya ada empat cincin dengan diameter yang mencapai puluhan juta kilometer. Namun, setelah dilakukan pemodelan dan penelitian lebih lanjut oleh Kenworthy, ternyata ada tiga puluh lebih cincin yang mengitari J 1407b ini. Diameter masing-masing cincin diperkirakan mencapai puluhan juta kilometer. Wah, besar sekali!

Baca Juga: Punya Bulan Terbanyak di Tata Surya, Ini 5 Fakta Sains Planet Saturnus

4. Terdapat benda lain yang diduga satelit

Cincinnya Lebih Besar dari Saturnus, Inilah 6 Fakta Planet J 1407buniverse.fandom.com

Planet J 1407b mengorbit penuh bintang induknya, J1407, selama dua tahun sekali. Pada saat gerhana bintang J1407 berlangsung, ilmuwan mengamati adanya benda lain yang mengorbit J 1407b pada celah cincinnya. Benda ini dicurigai sebagai exomoon atau satelit dari planet J 1407b. 

Keberadaan exomoon ini dibenarkan oleh para astronom karena umur sistem cincin J 1407b masih terbilang muda, yang mana planet tersebut sedang berada dalam tahap pembentukan satelit. Massa exomoon tersebut bisa saja setara dengan massa Bumi atau Mars.

5. Ukurannya sama dengan empat puluh kali Jupiter

Cincinnya Lebih Besar dari Saturnus, Inilah 6 Fakta Planet J 1407bwikimedia.org

Massa planet J 1407b ini lebih masif dari massa Saturnus. Jelas saja, karena ukurannya diperkirakan setara dengan empat puluh kali besar planet Jupiter. Temperatur planet ini juga sangat panas, yaitu sekitar seribu hingga dua ribu derajat selsius. Hal tersebut jelas berbanding terbalik dengan temperatur Saturnus yang sangat dingin.

6. Akan terlihat dari Bumi jika cincinnya berpindah ke Saturnus

Cincinnya Lebih Besar dari Saturnus, Inilah 6 Fakta Planet J 1407bwikimedia.org
Jarak antara J 1407b dengan Bumi mencapai 434 tahun cahaya. Tentu sebuah jarak yang sangat jauh jika dibandingkan dengan jarak antar Bumi dan Saturnus yang hanya 1,3 jam cahaya. 
 
Jika sistem cincin J 1407b berpindah ke Saturnus, maka cincin tersebut akan nampak dari Bumi. Ukuran penampakannya bisa lebih besar dari penampakan bulan purnama. Wah, kita bisa betah lama-lama menatap langit malam sepertinya.
 
Menakjubkan sekali, bukan? Ternyata ada cincin yang lebih besar dari cincin Saturnus tercinta kita. Bagaimana, apakah J 1407b mampu membuatmu berpaling dari Saturnus? Tidak menutup kemungkinan di masa depan akan dilakukan penelitian lebih jauh mengenai planet J 1407b ini. Siapa tahu ada tanda-tanda kehidupan yang memungkinkan manusia untuk bermigrasi.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Saturnus, Cincinnya Bisa Menghilang loh!

Mutiara Ananda Photo Verified Writer Mutiara Ananda

I write what I read, I read what I wrote.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya