Suka 'Sembunyi', Ini 5 Bintang Paling Redup di Langit Malam

Kamu gak akan bisa menemukan mereka dengan mata telanjang

Bintang diklasifikasikan berdasarkan tingkat kecerahan atau magnitudo tampaknya. Maka dari itu, tak heran jika ada bintang yang terang dan ada pula bintang yang redup. Sebuah bintang dikatakan terang jika memiliki magnitudo 1 hingga 3. Sementara itu, bintang redup biasanya mempunyai magnitudo di atas 6.

Nah, berikut ini beberapa bintang paling redup di langit malam yang pernah ditemukan oleh para ilmuwan. Manusia tidak bisa menemukannya hanya dengan mata telanjang. Simak, ya!

1. Atakoraka

Suka 'Sembunyi', Ini 5 Bintang Paling Redup di Langit Malamilustrasi bintang di Canis Major (amazingsky.net)

Atakoraka atau yang memiliki nama lain WASP-64 adalah salah satu bintang paling redup di langit malam. Bintang ini terletak di dalam garis-garis pembentuk rasi Canis Major.

Dilansir International Astronomical Union (IAU), Atakoraka mempunyai magnitudo tampak sebesar 12,69. Jadi, bisa dipastikan jika bintang ini tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Kamu memerlukan bantuan teleskop untuk mengamatinya.

2. Horna

Suka 'Sembunyi', Ini 5 Bintang Paling Redup di Langit Malamilustrasi bintang Horna (astronomytrek.com)

Horna atau yang disebut juga HAT-P-38 termasuk ke dalam bintang redup yang menghiasi langit malam. Bintang ini terletak di rasi Triangulum, tepatnya di dalam garis-garis pembentuk rasi.

Dilansir IAU, Horna memiliki magnitudo tampak sebesar 12,53. Yap, sama seperti Atakoraka, bintang yang memancarkan cahaya kuning ini hanya bisa diamati jelas melalui teleskop.