Comscore Tracker

Kerap Dipuja, 5 Dewa Dewi Ini Lahir dengan Cara Tak Wajar

Ada yang muncul dari kepala dewa Zeus #IDNTimeScience

Bukan rahasia lagi, Yunani tersohor karena cerita dewa dewinya yang epik. Saking fantastisnya, terkadang ada secuil kisah tentang mereka yang tak masuk akal di telinga kita.

Seperti cerita kelahiran 5 dewa dewi di bawah ini yang dinilai tak wajar. Ada yang dilahirkan lewat kepala, ada pula yang tiba-tiba muncul dari paha dewa Zeus. Penasaran seperti apa kisahnya? Yuk, simak di bawah ini!

1. Dewi Hera beserta empat saudaranya lahir dari mulut ayahnya sendiri

Kerap Dipuja, 5 Dewa Dewi Ini Lahir dengan Cara Tak WajarPatung dewi Hera (dok. Louvre Museum)

Siapa yang tak mengenal dewi Hera, istri sekaligus saudari kandung dari dewa Zeus yang notabene adalah raja para dewa di Olimpus. Kisah kelahiran Hera dan empat saudaranya, yakni Hestia, Demeter, Hades, dan Poseidon, tak lepas dari peran Zeus sendiri.

Dalam mitologi Yunani, ayah dari Zeus, yaitu Kronus mendapat kabar bahwa suatu hari kekuasaannya akan dijatuhkan oleh anaknya sendiri. Maka dari itu, Kronus yang paranoid selalu menelan semua anaknya tatkala mereka lahir.

Namun, tidak dengan Zeus! Raja para dewa itu disembunyikan oleh ibunya, Rhea, saat ia terlahir ke dunia. Lalu ketika tumbuh dewasa, Zeus menyelamatkan kelima saudaranya yang berada di dalam perut Kronus tersebut dengan ramuan beracun. Alhasil, Hera dan empat dewa dewi lainnya terlahir kembali melalui mulut atau muntahan Kronus, ayah mereka sendiri.

2. Dewi Athena lahir dari kepala Zeus

Kerap Dipuja, 5 Dewa Dewi Ini Lahir dengan Cara Tak Wajarilustrasi kelahiran Athena dari kepala Zeus (hekint.org)

Beralih ke salah satu dewi paling dipuja di Yunani, yaitu Athena. Dewi yang melambangkan kecerdasan dan kebijaksanaan ini terlahir dari kepala sang ayah, yakni dewa Zeus.

Dilansir Greek Mythology, sama seperti ayahnya, Kronus, Zeus juga dapat peringatan bahwa suatu hari ia akan dibunuh oleh anaknya sendiri. Sebab itu, ia menelan Metis, salah satu istrinya yang sedang hamil Athena.

Selang beberapa waktu, Zeus mengalami sakit kepala yang sangat hebat. Ketika tengkorak kepalanya dibelah oleh dewa Hephaestus, tiba-tiba muncul seorang perempuan remaja dengan setelan baju baja yang lengkap. Benar, itu adalah Athena, anak Zeus dan Metis!

3. Dewa Pollux lahir dari telur bersama saudarinya

Kerap Dipuja, 5 Dewa Dewi Ini Lahir dengan Cara Tak Wajarilustrasi kelahiran Pollux dan Hellen dari telur (micromythos.com/ R. Schoder, SJ)

Dewa Pollux atau yang populer dalam cerita rasi bintang Gemini adalah anak dari Zeus dan Leda, ratu Sparta. Dilansir World History, Pollux bersama saudarinya, Helen, terlahir dari sebuah telur. 

Begitu pula dengan dua saudara mereka yang lain, anak dari raja Sparta, yaitu Castor dan Clytaemnestra. Jadi, Leda memiliki empat anak sekaligus, yakni Pollux dan Helen yang memiliki jiwa abadi karena merupakan anak dewa. Sedangkan dua anak raja Sparta hanyalah manusia fana atau tidak abadi.

Baca Juga: 5 TV Series Terbaik yang Diangkat Berdasarkan Mitologi Yunani

4. Dewa Dionysus lahir dari paha Zeus

Kerap Dipuja, 5 Dewa Dewi Ini Lahir dengan Cara Tak Wajarilustrasi Dionysus bayi di dalam paha Zeus (mutualart.com/George Platt Lynes)

Dionysus adalah anak dari Zeus dan seorang manusia bernama Semele. Dalam cerita mitologi, Dionysus terlahir dari paha sang ayah lantaran ibunya, Semele, mati terbunuh oleh kekuatan Zeus sendiri.

Pada momen itu, Zeus tahu Semele tengah mengandung, lalu ia menyelamatkan janin yang ada di rahim Semele. Kemudian, Zeus menjahit janin tersebut di pahanya. Alhasil selang beberapa waktu, lahirnya Dionysus dari paha Zeus.

5. Dewi Aphrodite lahir dari buih lautan

Kerap Dipuja, 5 Dewa Dewi Ini Lahir dengan Cara Tak Wajarilustrasi dewi Aphrodite (artsandculture.google.com/William Blake Richmond)

Satu lagi dewi paling dipuja di seantero Yunani, yaitu Aphrodite si lambang cinta dan kecantikan. Dilansir Mythology Source, Aphrodite lahir dari pertemuan potongan organ seksual dewa Uranus dengan buih-buih di lautan.

Alkisah, organ-organ tubuh Uranus dibuang oleh Kronus ke Bumi. Kemudian, organ seksual Uranus jatuh ke lautan dan bercampur dengan ombak serta buih.

Dari percampuran itu, terlahirnya seorang perempuan cantik bernama Aphrodite. Dalam bahasa Latin sendiri, nama Aphrodite berasal dari kata aphiros yang memiliki makna busa' atau buih.

Wah, menarik, nih, kisah dari dewa dewi Yunani yang dalam ceritanya lahir dengan cara tak wajar. Menurutmu, siapakah pemilik kisah paling aneh dan unik di atas?

Baca Juga: Masih Jarang Disadari, Ini 5 Monarki yang Terpengaruh oleh Yunani Kuno

Mutiara Ananda Photo Verified Writer Mutiara Ananda

I write what I read, I read what I wrote.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya