Comscore Tracker

5 Fakta Naga Hitam, Ikan Laut Dalam yang Disebut Mirip Alien

Ikan ini punya gigi nanokristal yang sangat tajam!

Bukan rahasia lagi, laut dalam memang memiliki banyak spesies ikan yang super unik. Salah satunya ialah naga hitam atau Idiacanthus atlanticus, ikan berwarna hitam gelap yang mempunyai tubuh ramping dan panjang.

Selain itu, naga hitam juga kerap disebut memiliki rupa bak alien versi film-film fiksi populer. Bentuknya yang tak biasa jelas menjadi daya tarik tersendiri ikan laut dalam ini. Penasaran seperti apa lebih jelasnya? Yuk, simak di bawah ini!

1. Tinggal di lapisan laut yang kedalamannya mencapai 2.000 meter

5 Fakta Naga Hitam, Ikan Laut Dalam yang Disebut Mirip Alienilustrasi ikan naga hitam (dok. SNMNH/D. Belliot)

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, naga hitam merupakan spesies ikan yang hidup di laut dalam. Ikan ini tinggal di zona atau lapisan mesopelagik hingga batipelagik, lebih tepatnya di kedalaman 200 hingga 2.000 meter.

Dilansir National Weather Service, mesopelagik dan batipelagik adalah zona laut yang gelap dan dingin. Ini karena sinar matahari dari atas permukaan tak lagi bisa menembus lapisan air hingga ke zona tersebut. Maka tak heran jika penghuni lapisan laut ini memiliki ragam bentuk yang unik atau tak seperti kebanyakan ikan di permukaan.

2. Termasuk ke dalam hewan dimorfisme seksual

5 Fakta Naga Hitam, Ikan Laut Dalam yang Disebut Mirip Alienikan naga hitam sedang diteliti (dok. UC SDJSE/D. Belliot)

Pernahkah kamu melihat hewan yang karakteristik jantan dan betinanya sangat berbeda hingga tampak seperti tak berasal dari spesies yang sama? Itulah yang disebut dimorfisme seksual, yakni ciri berbeda antara jantan dan betina meskipun tergabung dalam satu spesies yang sama.

Dilansir Australian Museum, ikan naga hitam termasuk ke dalam hewan yang mempunyai ciri seksual dimorfisme. Berikut perbedaan karakteristik black dragonfish jantan dan betina yang harus kamu tahu.

  • Jantan: Ukurannya jauh lebih kecil dari betina, tidak memiliki gigi taring serta sungut dagu, mempunyai usus yang tak berfungsi, dan seluruh tubuhnya lebih cenderung berwarna cokelat tua.
  • Betina: Memiliki mata yang kecil serta gigi panjang bak taring, ada sungut dagu, dan seluruh tubuhnya berwarna hitam.

Baca Juga: 5 Spesies Ikan yang Coraknya Seperti Hewan Lain, Ada Ikan Jerapah

3. Memiliki fotofer untuk menghasilkan cahayanya sendiri

5 Fakta Naga Hitam, Ikan Laut Dalam yang Disebut Mirip Alienilustrasi naga hitam dengan cahaya merah (roaring.earth)

Sama seperti ikan laut dalam pada umumnya, naga hitam memiliki fotofer yang berfungsi untuk menghasilkan cahaya sendiri di tubuhnya. Dilansir Planet Save, ikan ini bisa memancarkan kumpulan cahaya merah, biru, atau hijau.

Sebagai informasi, fotofer pada ikan naga hitam bisa kamu temukan di seluruh tubuhnya. Namun, untuk fotofer yang lebih besar dan mencolok akan nampak pada sisi-sisinya.

4. Wajahnya disebut-sebut menyerupai alien

5 Fakta Naga Hitam, Ikan Laut Dalam yang Disebut Mirip Alienilustrasi ikan naga hitam (dok. SNMNH/Kalen Osborn)

Ikan naga hitam terkenal karena rupanya yang kerap disebut mirip alien. Namun, bukan yang berperawakan manusia, melainkan lebih cenderung ke monster dari luar angkasa seperti yang sering muncul di film-film fiksi.

Ikan ini memiliki tubuh yang ramping dan panjang bak belut. Wajahnya disebut mirip alien karena bentuk rahang dan matanya yang lebar. Terlebih, gigi taring yang nampak pada naga hitam betina membuat penampilan ikan tersebut jadi semakin seram.

5. Merupakan predator ikan lain

5 Fakta Naga Hitam, Ikan Laut Dalam yang Disebut Mirip Alienilustrasi dragonfish (dok. UC San Diego JSE/David Belliot)

Ikan naga hitam merupakan satu dari banyaknya predator laut yang memangsa ikan lainnya. Dilansir New York Times, pada tahun 2017, seorang peneliti dari California University, Amerika Serikat, Dr. Meyers, menemukan bahwa ikan ini memiliki gigi nanokristal transparan yang sangat kuat.

Gigi super kecil dan nyaris tak terlihat itu memiliki diameter sekiranya 5 hingga 20 nanometer. Pada awalnya, Meyers mengira jika benda kristal tersebut adalah kaca biasa. Namun setelah diteliti, ternyata itu adalah gigi transparan dari ikan naga hitam.

Sebenarnya, ikan naga hitam adalah satu dari banyaknya spesies dragonfish atau Idiacanthus di laut dalam. Akan tetapi, karena habitat mereka sulit untuk dijangkau, maka belum banyak penelitian yang dilakukan terhadap ikan unik ini.

Baca Juga: 10 Potret Spesies Berparuh dan Bersayap yang Tidak Bisa Terbang

Mutiara Ananda Photo Verified Writer Mutiara Ananda

I write what I read, I read what I wrote.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya