Comscore Tracker

5 Fakta Planet TOI 700d yang Diduga Lebih Layak Huni dari Bumi

Atmosfernya kaya akan uap air, lho!

Selama beberapa dekade, NASA telah menemukan banyak planet luar tata surya (eksoplanet) yang diklaim mirip dengan Bumi. Salah satunya ialah planet TOI 700d yang terletak di konstelasi Dorado.

Dilansir NASA, planet tersebut ditemukan dengan metode transit melalui instrumen Transiting Exoplanet Survey Satelite (TESS). Selain ukurannya yang mendekati ukuran Bumi, TOI 700d juga diduga lebih layak huni dari planet ketiga dari Matahari itu.

Penasaran seperti apa lebih jelasnya? Yuk, simak fakta-fakta seputar TOI 700d di bawah ini!

1. Mengorbit bintang katai merah TOI 700

5 Fakta Planet TOI 700d yang Diduga Lebih Layak Huni dari BumiIlustrasi bintang katai merah TOI 700 (dok. NASA)

Dengan metode transit, TESS menemukan TOI 700d di orbit bintang katai merah kelas M, yakni TOI 700. Tepatnya di konstelasi Dorado yang berjarak sekitar 100 tahun cahaya dari Bumi. 

Tidak hanya TOI 700d, melihat lebih jauh ke dalam, ada dua planet lain yang juga mengorbit bintang induk katai merah ini, yaitu TOI 700b dan TOI 700c. Ukuran dua planet tersebut sama miripnya dengan Bumi, tetapi tidak berada di zona orbit layak huni seperti halnya TOI 700d.

2. Satu-satunya planet yang terletak di zona orbit layak huni

5 Fakta Planet TOI 700d yang Diduga Lebih Layak Huni dari Bumiilustrasi zona layak huni di bintang TOI 700d (dok. NASA)

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, TOI 700d adalah satu dari tiga planet yang mengorbit bintang katai merah TOI 700. Namun, hanya planet itu saja yang terletak tepat di zona orbit layak huni.

NASA melansir bahwa orbit ini memungkinkan TOI 700d untuk mempertahankan bentuk air di permukaannya tetap dalam keadaan cair. Itulah mengapa, planet tersebut diklaim sangat mirip dari Bumi.

3. Ukurannya 20 persen lebih besar dari Bumi

5 Fakta Planet TOI 700d yang Diduga Lebih Layak Huni dari BumiIlustrasi ragam eksoplanet (dok. IPAC-Caltech Edu)

Dilansir Forbes, TOI 700d diperkirakan memiliki ukuran yang 20 persen lebih besar dari Bumi. Menurut para ilmuwan, atmosfer planet ini diselimuti oleh zat metana, karbon dioksida, dan uap air, komponen yang sangat menunjang kehidupan.

Selain itu, waktu satu kali orbit planet ini lebih singkat daripada Bumi, yakni hanya 37 hari, sedangkan planet kita bisa mencapai 366 hari. Wah, perbedaan yang sangat jauh, bukan?

Baca Juga: Lebih Mirip Neraka daripada Hunian, Begini Gambaran Ngeri Planet 

4. Planet seukuran Bumi pertama yang ditemukan oleh TESS

5 Fakta Planet TOI 700d yang Diduga Lebih Layak Huni dari BumiIlustrasi teleskop TESS (dok. NASA/TESS/GSFC)

TESS adalah teleskop penjelajah ruang angkasa yang diluncurkan pada tahun 2018. Berdasarkan data dari NASA, TESS telah menemukan 17 planet di 11 sistem bintang dan TOI 700d adalah planet seukuran Bumi pertama yang ditemukan oleh TESS. 

Teleskop ini memang dirancang khusus untuk menemukan planet seukuran Bumi di sistem bintang terdekat dengan Matahari. Metode yang digunakan TESS adalah metode transit, yakni menangkap bayangan planet ketika posisinya berada tepat di depan bintang induknya. 

5. Terkunci pasang surut pada bintangnya

5 Fakta Planet TOI 700d yang Diduga Lebih Layak Huni dari BumiIlustrasi planet TOI 700d (dok. NASA/Goddard)

Sistem bintang TOI 700 sayangnya tidak seperti sistem tata surya kita. Dilansir Sci News, seluruh planet dalam sistem bintang katai merah ini tidak berotasi atau terkunci pasang surut terhadap bintang induknya sendiri.

Jika begitu, maka akan ada satu bagian planet yang terus menerus mengalami malam dan satu lagi siang. Berbeda jauh dengan Bumi yang memiliki sumbu rotasi, sehingga adanya pergantian siang dan malam.

Itulah fakta seputar TOI 700d, si eksoplanet yang diduga lebih layak huni dari Bumi. Bagaimana menurutmu? Apakah kamu setuju kalau planet tersebut bisa ditempati oleh makhluk hidup layaknya manusia?

Baca Juga: 5 Fakta tentang Planet-planet Inferno, Planet yang Dijuluki Neraka

Mutiara Ananda Photo Verified Writer Mutiara Ananda

I write what I read, I read what I wrote.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya