5 Fakta Planet TOI 700d yang Diduga Lebih Layak Huni dari Bumi

Atmosfernya kaya akan uap air, lho!

Selama beberapa dekade, NASA telah menemukan banyak planet luar tata surya (eksoplanet) yang diklaim mirip dengan Bumi. Salah satunya ialah planet TOI 700d yang terletak di konstelasi Dorado.

Dilansir NASA, planet tersebut ditemukan dengan metode transit melalui instrumen Transiting Exoplanet Survey Satelite (TESS). Selain ukurannya yang mendekati ukuran Bumi, TOI 700d juga diduga lebih layak huni dari planet ketiga dari Matahari itu.

Penasaran seperti apa lebih jelasnya? Yuk, simak fakta-fakta seputar TOI 700d di bawah ini!

1. Mengorbit bintang katai merah TOI 700

5 Fakta Planet TOI 700d yang Diduga Lebih Layak Huni dari BumiIlustrasi bintang katai merah TOI 700 (dok. NASA)

Dengan metode transit, TESS menemukan TOI 700d di orbit bintang katai merah kelas M, yakni TOI 700. Tepatnya di konstelasi Dorado yang berjarak sekitar 100 tahun cahaya dari Bumi.

Tidak hanya TOI 700d, melihat lebih jauh ke dalam, ada dua planet lain yang juga mengorbit bintang induk katai merah ini, yaitu TOI 700b dan TOI 700c. Ukuran dua planet tersebut sama miripnya dengan Bumi, tetapi tidak berada di zona orbit layak huni seperti halnya TOI 700d.

2. Satu-satunya planet yang terletak di zona orbit layak huni

5 Fakta Planet TOI 700d yang Diduga Lebih Layak Huni dari Bumiilustrasi zona layak huni di bintang TOI 700d (dok. NASA)

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, TOI 700d adalah satu dari tiga planet yang mengorbit bintang katai merah TOI 700. Namun, hanya planet itu saja yang terletak tepat di zona orbit layak huni.

NASA melansir bahwa orbit ini memungkinkan TOI 700d untuk mempertahankan bentuk air di permukaannya tetap dalam keadaan cair. Itulah mengapa, planet tersebut diklaim sangat mirip dari Bumi.

3. Ukurannya 20 persen lebih besar dari Bumi

5 Fakta Planet TOI 700d yang Diduga Lebih Layak Huni dari BumiIlustrasi ragam eksoplanet (dok. IPAC-Caltech Edu)

Dilansir Forbes, TOI 700d diperkirakan memiliki ukuran yang 20 persen lebih besar dari Bumi. Menurut para ilmuwan, atmosfer planet ini diselimuti oleh zat metana, karbon dioksida, dan uap air, komponen yang sangat menunjang kehidupan.

Selain itu, waktu satu kali orbit planet ini lebih singkat daripada Bumi, yakni hanya 37 hari, sedangkan planet kita bisa mencapai 366 hari. Wah, perbedaan yang sangat jauh, bukan?