7 Fakta Sejarah Air di Alam Semesta, Bermula dari Big Bang!

Tahukah kamu jika lautan di Bumi berasal dari asteroid?

Air merupakan komponen yang paling penting untuk menunjang kehidupan seluruh makhluk hidup. Itulah mengapa sebanyak 70 persen permukaan Bumi ditutupi oleh air.

Molekul-molekul air terbentuk sekitar miliaran tahun lalu, tepatnya setelah peristiwa Big Bang terjadi. Ini tentu menyisakan tanya, dari mana asal air yang berada di Bumi? Apakah dari luar angkasa? Cari tahu jawabannya di bawah ini, yuk!

1. Hidrogen dan oksigen terbentuk setelah Big Bang

7 Fakta Sejarah Air di Alam Semesta, Bermula dari Big Bang!ilustrasi garis waktu peristiwa Big Bang (dok. NASA)

Hidrogen dan oksigen adalah dua senyawa yang membentuk molekul air. Dilansir ALMA Observartory, keduanya terbentuk setelah peristiwa ledakan dahsyat yang disebut sebagai Big Bang.

Akan tetapi, dua senyawa ini harus menunggu sekitar ribuan hingga jutaan tahun lagi untuk terbentuk dengan sempurna. Tepatnya 380 ribu tahun untuk hidrogen dan 600 juta tahun untuk oksigen.

Ini karena alam semesta masih terlalu panas dan kompleks untuk membentuk suatu senyawa. Jadi, harus menunggu hingga temperaturnya mendingin terlebih dahulu.

2. Sumber molekul air terbesar ada pada bintang yang sudah mati

7 Fakta Sejarah Air di Alam Semesta, Bermula dari Big Bang!citra nebula Orion (dok. NASA/ESA/Hubble)

Jika kamu berpikir bahwa Bumi adalah tempat yang kaya akan oksigen, maka kamu keliru. Faktanya, bintang mati lah yang menyimpan kekayaan itu. Ya, oksigen yang tersebar ke seluruh alam semesta yakni berasal dari bintang mati. Oksigen ini akan bertemu hidrogen di atmosfer lalu membentuk molekul uap air yang melimpah.

Seperti data yang diperoleh Teleskop Hubble dari pengamatan nebula Orion dan Helix. Di sana terdapat kelimpahan molekul air, baik dalam bentuk gas maupun cair, yang masih terbentuk hingga saat ini.

3. Waduk terbesar ada di kuasar yang berjarak 12 miliar tahun cahaya

7 Fakta Sejarah Air di Alam Semesta, Bermula dari Big Bang!Ilustrasi kuasar penyimpan cadangan air (dok. NASA)

Dua tim astronom NASA menemukan waduk atau penyimpanan cadangan air terbesar di alam semesta berasal dari kuasar (galaksi aktif yang kuat) yang berjarak 12 miliar tahun cahaya dari Bumi. Jumlah airnya setara dengan 140 triliun kali lipat keseluruhan air di muka bumi.

Matt Bradford, ilmuwan dari NASA's Jet Propulsion Laboratory menyebutkan bahwa lingkungan di sekitar kuasar sangat unik, sehingga bisa memproduksi air dalam jumlah yang sangat besar. Penelitian tentang kuasar ini telah dipublikasi dalam Astrophysical Journal Letters.