10 Potret Hewan Sedang Bertarung, Bisa Sampai Bersimbah Darah

Ada pula pertarungan antar dua spesies berbeda

Dalam dunia hewan, pertarungan antar hewan adalah hal yang biasa terjadi. Kamu pasti pernah melihat hewan yang sedang berkelahi, misalnya dua ekor kucing garong yang saling cakar karena memperebutkan wilayah.

Selain perebutan wilayah, pertarungan hewan juga bisa terjadi karena beberapa sebab lain. Apa saja itu dan seperti apa momen pertarungan mereka? Inilah 10 potret hewan yang sedang bertarung yang pasti akan membuatmu takjub.

1. Dua ekor mouflon jantan sedang saling menerjang. Besar banget ya tanduknya!

10 Potret Hewan Sedang Bertarung, Bisa Sampai Bersimbah Darahanimalia-life.club

Mouflon (Ovis orientalis) adalah spesies domba liar yang berhabitat asli di Asia Tengah dan Selatan. Ukuran tanduk mouflon jantan adalah penanda dominasi mereka dalam kawanan. Saat musim kawin, mouflon jantan akan saling bertarung untuk memperebutkan betina.

2. Pertarungan dua gorila jantan juga bisa berlangsung sengit, dan pemicunya biasanya adalah perebutan dominasi

10 Potret Hewan Sedang Bertarung, Bisa Sampai Bersimbah Darahbbc.com

Dilansir Safaris Rwanda Safari, gorila jantan akan bertarung dengan jantan lain dari luar kelompok yang menantang dominasinya. Demi melindungi kelompoknya, gorila jantan yang ditantang pun akan bertarung, meski risikonya cukup besar. Ya, dengan adu pukulan dan gigitan yang ganas, pertarungan gorila bisa berakhir dengan luka parah atau bahkan kematian.

3. Sementara pertarungan dua beruang ini terjadi akibat perebutan makanan yaitu ikan salmon

10 Potret Hewan Sedang Bertarung, Bisa Sampai Bersimbah Darahearthtouchnews.com

Laman Earth Touch News menyebut bahwa pertarungan antar beruang memang jamak terjadi di tempat yang banyak makanan, misalnya lokasi salmon berkembang biak. Untuk mendapatkan sebanyak mungkin makanan, setiap ekor beruang mesti berjuang, termasuk bertarung dengan sesamanya jika perlu.

4. Pertarungan antar hewan kadang bisa berujung pada luka-luka, seperti terlihat pada gajah laut utara ini

10 Potret Hewan Sedang Bertarung, Bisa Sampai Bersimbah Darahnbcnews.com

Bahkan, laman NBC News menyebut bahwa gajah laut jantan juga berisiko mengalami cacat permanen akibat duel ganas mereka. Gajah laut jantan sendiri saling bertarung untuk mendapatkan hak untuk kawin. Gak tanggung-tanggung, pejantan yang menang berhak kawin dengan puluhan betina sekaligus!

5. Tak hanya mamalia, komodo si kadal terbesar di dunia juga kerap bertarung dengan sesamanya

10 Potret Hewan Sedang Bertarung, Bisa Sampai Bersimbah Darahmentalfloss.com

Komodo jantan kerap saling bertarung untuk memperebutkan wilayah maupun betina. Liur komodo mengandung bakteri dan racun yang mematikan, tapi mereka kebal terhadap racunnya sendiri sehingga tidak terbunuh. Namun komodo dewasa memang kerap membunuh komodo muda untuk memangsanya.

Baca Juga: Jarang Terlihat, 10 Potret Hewan yang Sedang Tidur di Alam Bebas

6. Pada burung, pertarungan bisa berlangsung sambil terbang seperti ini. Keren ya!

10 Potret Hewan Sedang Bertarung, Bisa Sampai Bersimbah Darahthenational.scot

Ini adalah potret dua burung jay eurasia (Garrulus glandarius) yang sedang bertarung memperebutkan makanan. Dilansir The National, jay eurasia sebenarnya burung yang pemalu, sehingga melihat mereka saling berkelahi adalah pemandangan yang langka. Burung ini cukup teritorial dan vokal saat ada gangguan dari sesamanya.

7. Di dunia bawah laut, gurita pun kerap berkelahi karena memperebutkan makanan

10 Potret Hewan Sedang Bertarung, Bisa Sampai Bersimbah Darahutahpeoplespost.com

Live Science melaporkan bahwa saat akan bertarung, gurita biasanya akan mengubah warna tubuhnya menjadi gelap. Sedangkan mengubah warna menjadi lebih pucat adalah pertanda bahwa gurita lebih memilih mundur. Kebiasaan yang sama juga kerap dilakukan oleh hewan lain yang masih berkerabat dengan gurita yaitu sotong.

8. Meski kecil, pertarungan antar serangga pun bisa seru dan dramatis seperti ini, lho!

10 Potret Hewan Sedang Bertarung, Bisa Sampai Bersimbah Darahcgtn.com

Ini adalah potret dua kumbang rusa (famili Lucanidae) yang sedang bertarung. Tak hanya penampilannya, cara bertarung mereka pun mirip rusa, yaitu menggunakan 'tanduk' mereka yang sebenarnya adalah rahang. Pertarungan biasanya terjadi antar pejantan yang memperebutkan kumbang betina.

9. Pertarungan hewan kadang melibatkan dua spesies yang berbeda, contohnya kelompok singa yang sedang berebut makanan dengan kelompok hiena ini

10 Potret Hewan Sedang Bertarung, Bisa Sampai Bersimbah Darahroaring.earth

Singa dan hiena memang sejak lama dikenal sebagai musuh bebuyutan. Tapi jangan tertipu dengan film yang mencitrakan singa sebagai sosok 'baik' sedangkan hiena 'jahat'. Dilansir Roaring Earth, kerbau pada gambar di atas justru adalah hasil buruan hiena, lho.

Ya, ketika kelompok hiena sedang menikmati hasil buruannya, kelompok singa datang dan coba merebutnya dari mereka. Gak seperti anggapan orang, hiena justru lebih banyak berburu daripada singa. Malah, lebih dari 50 persen makanan singa adalah bangkai, bukan hasil buruannya sendiri.

10. Meski berukuran jauh lebih kecil, nyatanya badger madu gak segan menantang oryx. Berani banget ya!

10 Potret Hewan Sedang Bertarung, Bisa Sampai Bersimbah Darahafricageographic.com

Badger madu (Mellivora capensis) memang dikenal sebagai hewan bernyali baja. Jangankan oryx, badger madu gak takut berhadapan dengan kawanan lebah, landak, ular kobra, hiena, dan bahkan singa. Dalam satu peristiwa, seekor badger madu bahkan pernah mengusir tujuh ekor singa yang sedang menikmati hasil buruan mereka! Fearless banget!

Itulah 10 potret hewan yang sedang bertarung, baik dengan sesamanya maupun dengan hewan lain. Kalau menurutmu, pertarungan mana yang tanpak paling seru?

Baca Juga: 9 Fakta Unik Kemampuan Hewan, Siapa yang Lompatannya Terjauh?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya