Comscore Tracker

10 Potret Unik Ekor Hewan, Ada yang Mirip Ekor Putri Duyung

Sudah pernah lihat ekor hewan-hewan ini?

Ekor adalah salah satu bagian tubuh yang menjadi ciri khas hewan. Meskipun tidak semua hewan memiliki ekor, tapi makhluk hidup yang memiliki ekor sudah pasti hewan. Ekor hewan memiliki penampilan dan fungsi yang beragam. Berikut ini 10 potret ekor hewan yang mungkin belum pernah kamu lihat atau luput dari pengamatanmu selama ini.

1. Pernah lihat ekor beruang kutub? Ukurannya memang kecil, sehingga banyak orang mengira mereka tidak memiliki ekor

10 Potret Unik Ekor Hewan, Ada yang Mirip Ekor Putri Duyungzooologist.com

Laman Zoologist menyebut bahwa panjang ekor beruang kutub hanya 7--13 cm. Guna ekornya adalah untuk melindungi bokongnya dari suhu dingin di kutub. Ekor beruang kutub tidak panjang, karena ekor panjang memiliki luas permukaan yang lebih besar sehingga lebih mudah melepas panas. Lagipula, beruang kutub gak butuh ekor panjang untuk keseimbangan tubuhnya.

2. Sebaliknya, jerapah adalah mamalia darat dengan ekor terpanjang, apalagi ditambah dengn rambut panjang di ujung ekornya tersebut  

10 Potret Unik Ekor Hewan, Ada yang Mirip Ekor Putri Duyunglifegate.com

Panjang rata-rata ekor jerapah adalah 1 meter. Namun National Geographic menyebut bahwa ekor mereka juga bisa mencapai panjang 2,4 meter. Fungsi rambut di ujung ekor mereka adalah untuk mengusir serangga.

3. Ekor panjang juga jadi ciri khas banyak spesies burung, seperti misalnya astrapia ekor pita 

10 Potret Unik Ekor Hewan, Ada yang Mirip Ekor Putri Duyungscienceabc.com

Ekor burung ini bisa mencapai panjang hampir 1 meter. Namun ekor panjang itu hanya dimiliki oleh pejantan, dan mereka menggunakannya untuk menarik perhatian betina. Burung unik ini merupakan endemik dataran tinggi Papua Nugini.

4. Ikan cupang terkenal memiliki ekor yang indah, bahkan mereka kerap dikawinsilangkan untuk mendapatkan berbagai jenis ekor 

10 Potret Unik Ekor Hewan, Ada yang Mirip Ekor Putri Duyungfishkeepingworld.com

Laman Japanese Fighting Fish menyebut beberapa jenis ekor ikan cupang, misalnya ekor mahkota seperti pada foto di atas. Ada pula ekor tudung, ekor sisir, ekor sekop, ekor ganda, ekor setengah lingkaran, dan banyak lagi.

5. Sudah pernah lihat katak muda yang masih memiliki ekor? Seperti inilah penampakannya 

10 Potret Unik Ekor Hewan, Ada yang Mirip Ekor Putri Duyungmatthewwills.com

Dilansir laman All About Frogs, anak katak alias berudu akan mulai memiliki kaki pada usia 6--9 minggu. Pertama kaki belakang, lalu menyusul kaki depan. Katak pada foto di atas sendiri berusia sekitar 12 minggu, di mana mereka sudah lebih menyerupai katak dewasa dibanding berudu, tapi masih memiliki ekor.

Baca Juga: 7 Hewan Paling Mematikan bagi Manusia di Dunia, Ada Hewan Apa Saja?

6. Apakah kura-kura memiliki ekor? Ya, dan beberapa spesies bahkan memiliki ekor yang cukup panjang seperti ini 

10 Potret Unik Ekor Hewan, Ada yang Mirip Ekor Putri Duyunganimalia.bio

Ini adalah potret kura-kura snapping aligator (Macrochelys temminckii). Selain panjang, ekor kura-kura snapping dilapisi oleh plat bertulang. Kura-kura snapping aligator sendiri adalah spesies kura-kura snapping terbesar, dan bahkan merupakan spesies kura-kura air tawar terbesar di dunia, dengan panjang mencapai 66 cm dan berat 100 kg.

7. Bunglon kerap menggulung ekornya seperti ini. Tahukah kamu kenapa mereka melakukannya? 

10 Potret Unik Ekor Hewan, Ada yang Mirip Ekor Putri Duyungmychameleononline.com

Dilansir laman Oddly Cute Pets, ternyata bunglon menggulungkan ekornya untuk menunjukkan agresi, terutama antara sesama bunglon jantan. Selain itu, mereka juga menggulung ekor saat merasa stres. Ekor mereka pun kadang digulung untuk menjaga keseimbangan saat mereka tidur di atas dahan pohon.

8. Opossum virginia ini memiliki ekor prehensil, yaitu ekor yang bisa digunakan untuk menggenggam seperti tangan 

10 Potret Unik Ekor Hewan, Ada yang Mirip Ekor Putri Duyungthoughtco.com

Seperti terlihat di gambar, ekor mereka cukup kuat untuk menahan seluruh beban tubuhnya seperti ini. Banyak orang berpikir bahwa opossum bahkan suka tidur semalaman sambil bergantung pada ekornya. Tapi sebenarnya mereka gak bisa melakukan itu karena ekornya gak cukup kuat untuk bergantung selama itu.

9. Dari foto ini, terlihat seolah ekor paus beluga ini berbentuk seperti kaki, sehingga mereka tampak seperti putri duyung! 

10 Potret Unik Ekor Hewan, Ada yang Mirip Ekor Putri Duyungpiqueen.com

Gambar di atas memang sempat ramai di media sosial beberapa tahun lalu dengan narasi bahwa seolah-olah paus ini punya tulang kaki. Tapi tentu saja faktanya tidak demikian. Laman IFL Science menyebut bahwa bagian yang tampak seperti kaki itu hanyalah lipatan lemak saja. Jangan langsung percaya pada info dari media sosia ya!

10. Serangga ini memiliki nama yang unik yaitu lalat kalajengking, dan kamu pasti paham alasannya 

10 Potret Unik Ekor Hewan, Ada yang Mirip Ekor Putri Duyungroaring.earth

Ya, lalat kalajengking dinamakan karena bentuk ekor mereka yang seperti sengat kalajengking. Namun sebenarnya itu bukanlah ekor mereka, dan bukan pula sengat, melainkan alat kelamin jantan. Selain itu, mereka juga sebenarnya bukan lalat, tapi tergabung dalam ordo Mecoptera yang masih berkerabat dengan lalat.

Itulah 10 potret unik ekor berbagai jenis hewan. Ekor hewan apa yang paling unik menurutmu?

Baca Juga: 10 Momen Hewan Tak Terduga Ini Bikin Ketawa, Ada Sapi di Atas Genting!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya