Comscore Tracker

10 Potret Unik Mulut Hewan, Ada yang Bergigi Tak Punya Rahang

Ada hewan yang rahangnya sangat kuat tapi sensitif

Mulut adalah bagian tubuh hewan yang digunakan untuk makan. Tapi selain untuk makan, mulut hewan bisa memiliki beberapa fungsi lain. Karena itu, wajar jika penampakan mulut hewan pun berbeda satu sama lain, dan beberapa di antaranya terbilang sangat unik. Mau tahu seperti apa saja? Ini dia 10 potret unik beragam mulut hewan yang pasti akan membuatmu kagum.

1. Ini adalah katak Pac-Man, dan mereka mendapatkan nama itu karena mulutnya yang bisa terbuka sangat lebar seperti tokoh Pac-Man di video game 

10 Potret Unik Mulut Hewan, Ada yang Bergigi Tak Punya Rahangexopetguides.com

Karena ukuran mulutnya yang besar, katak Pac-Man bisa memangsa banyak jenis hewan, termasuk yang lebih besar daripada tubuhnya sendiri. Dilansir Animals, itu termasuk tikus, kadal, ular, ikan, dan bahkan sesama spesiesnya sendiri. Katak Pac-Man terdiri dari delapan spesies dalam genus Ceratophrys, dan mereka semua terdapat di Amerika Selatan.

2. Coba lihat penampakan rahang dari semut bulldog ini. Ngeri banget ya! 

10 Potret Unik Mulut Hewan, Ada yang Bergigi Tak Punya Rahangbrisbaneinsects.com

Rahangnya itu mereka gunakan untuk menahan mangsanya, sambil menyuntikkan racun dengan sengatnya. Mereka sangat agresif, dan bisa menyengat korbannya berkali-kali. Mereka juga tidak takut pada manusia, dan bahkan tercatat pernah beberapa kali membunuh manusia! Tak heran jika laman Guinness World Records menobatkan semut bulldog sebagai semut paling berbahaya di dunia.

3. Selain rahang penggigit, masih ada banyak tipe mulut serangga, misalnya mulut pengisap seperti yang dimiliki kupu-kupu ini 

10 Potret Unik Mulut Hewan, Ada yang Bergigi Tak Punya Rahangfunnyjunk.com

Mulut kupu-kupu berbentuk seperti belalai gajah, dan mereka menggunakannya untuk mengisap nektar bunga. Uniknya, kupu-kupu tidak merasakan makanannya dengan mulut seperti kita. Dilansir Animal Corner, kupu-kupu merasakan makanan dengan kakinya!

4. Mulut lamprey juga tak kalah mengerikan, karena berisi banyak gigi tajam namun tidak memiliki rahang 

10 Potret Unik Mulut Hewan, Ada yang Bergigi Tak Punya Rahangnature.com

Kebanyakan jenis lamprey hidup sebagai parasit. Mereka menggunakan mulutnya untuk menempel pada ikan atau mamalia laut dan mengisap darahnya. Laman Animals menyebut bahwa kadang lamprey membuat hewan yang jadi inangnya terluka atau mati, terutama jika hewan tersebut berukuran kecil.

5. Mulut buaya juga dipenuhi gigi tajam dan mematikan, tapi juga sangat lembut hingga bisa menggendong anak-anaknya 

10 Potret Unik Mulut Hewan, Ada yang Bergigi Tak Punya Rahangdkfindout.com

Buaya muara adalah hewan dengan gigitan terkuat di dunia, dengan gaya gigitan mencapai 16.460 Newton, alias sekitar empat kali lipat kekuatan gigitan singa. Tapi National Geographic menyebut bahwa rahang buaya juga sangat sensitif, bahkan lebih sensitif dari ujung jari kita! Karena itulah mereka bisa membawa bayinya dalam mulutnya dengan sangat hati-hati.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Kotoran Hewan, Ada Hewan yang Memakainya Sebagai Kosmetik

6. Ini adalah potret bagian dalam mulut ular mamba hitam, dan mereka memang dinamai mamba hitam karena warna mulutnya tersebut 

10 Potret Unik Mulut Hewan, Ada yang Bergigi Tak Punya Rahangaminoapps.com

Mamba hitam (Dendroaspis polylepis) akan memperlihatkan mulutnya yang berwarna hitam itu saat merasa terancam. Mamba hitam adalah ular yang sangat berbahaya. Selain memiliki bisa yang mematikan, mereka sangat agresif dan memiliki gerakan yang cepat. Untunglah ular mengerikan ini hanya ada di Afrika.

7. Banyak hewan pemakan serangga memiliki mulut yang berbentuk panjang dan langsing, contohnya adalah anteater raksasa ini 

10 Potret Unik Mulut Hewan, Ada yang Bergigi Tak Punya Rahangaboutanimals.com

Anteater raksasa (Myrmecophaga tridactyla) adalah spesies terbesar dari semua hewan pemakan serangga. Ukuran mereka bisa mencapai 2,4 meter dan berat 45 kg. Karena merupakan pemakan serangga, anteater raksasa tidak memiliki gigi, tapi mereka memiliki lidah lengket yang panjangnya bisa mencapai 60 cm.

8. Sementara unta memiliki mulut dengan bagian dalam yang unik, karena dilapisi banyak struktur keras yang disebut papila 

10 Potret Unik Mulut Hewan, Ada yang Bergigi Tak Punya Rahangmentalfloss.com

Fungsi dari papila tersebut adalah membantu unta makan tumbuhan berduri yang banyak terdapat di habitat mereka, misalnya kaktus. Manusia sebenarnya juga punya papila pada lidah, tapi papila unta lebih besar dan lebih keras untuk melindungi mulutnya dari duri-duri kaktus yang tajam.

9. Burung ini disebut burung frogmouth, yang secara harfiah berarti burung bermulut katak 

10 Potret Unik Mulut Hewan, Ada yang Bergigi Tak Punya Rahangtheepochtimes.com

Kalau diperhatikan, bentuk paruh burung ini memang mirip mulut katak karena bentuknya yang lebar. Dengan paruhnya itu, burung ini memangsa serangga, kadal, dan tikus. Beberapa spesies juga makan buah. Frogmouth sendiri tergabung dalam famili Podargidae yang terdiri dari 12 spesies, dan beberapa spesies bisa ditemukan di Indonesia.

10. Terakhir, ada ikan sarcastic fringehead, yang mulutnya bisa terbuka sangat lebar seperti ini! 

10 Potret Unik Mulut Hewan, Ada yang Bergigi Tak Punya Rahanganimalplanet.gr

Menurut Oceana, mulut ikan sarcastic fringehead (Neoclinus blanchardi) bisa terbuka hingga empat kali lipat lebar mulutnya saat tertutup. Ikan pejantan membuka mulutnya lebar-lebar untuk mengintimidasi pesaingnya saat berebut wilayah. Ukuran ikan ini tidak terlalu besar, hanya sekitar 30 cm.

Itulah 10 potret mulut berbagai jenis hewan yang unik. Memang anatomi tubuh hewan sangat menakjubkan dan asik untuk dipelajari, ya!

Baca Juga: 7 Fakta Unik tentang Ekor Hewan, Ada Hewan yang Berekor Enam 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya