Comscore Tracker

5 Fakta Arthropleura, Kaki Seribu Terbesar yang Pernah Hidup

Mimpi buruk buat kamu yang gak suka kaki seribu

Apakah kamu tahu kaki seribu? Hewan yang juga disebut luwing ini adalah jenis atropoda yang terkenal karena jumlah kakinya yang sangat banyak. Kakinya tidak benar-benar berjumlah seribu, rekor terbanyak 'hanya' 750 kaki, namun itu sudah cukup untuk membuat banyak orang merasa geli atau bahkan takut terhadap hewan ini.

Kalau kamu termasuk orang yang takut terhadap kaki seribu, kamu patut bersyukur karena hidup pada zaman modern. Jika kamu hidup di kawasan Amerika Utara 300 juta tahun lalu, kamu bisa mati ketakutan melihat Arthropleura, kaki seribu terbesar yang pernah hidup di bumi!

Seberapa besar mereka dan apa saja fakta uniknya? Berikut adalah ulasan tentang hewan ini.

1. Terdiri dari banyak spesies

5 Fakta Arthropleura, Kaki Seribu Terbesar yang Pernah Hidupjgeekstudies.com

Arthropleura bukanlah nama dari satu spesies saja, tapi merupakan genus arthropoda purba yang memiliki beberapa spesies. Spesies terkecilnya Arthropleura moyseyi dan yang terbesar Arthropleura armata.

Fosil Arthropleura ditemukan di Amerika Utara dan Skotlandia dan para ilmuwan memperkirakan mereka hidup di daerah hutan dan rawa-rawa.

2. Merupakan hewan invertebrata darat terbesar yang pernah hidup

5 Fakta Arthropleura, Kaki Seribu Terbesar yang Pernah Hiduppinterest.com

Arthropleura bukan saja merupakan kaki seribu terbesar, tapi mereka juga adalah hewan invertebrata darat terbesar yang pernah hidup di bumi. Ukuran spesies terkecilnya saja bisa mencapai 30 cm. Sedangkan Arthropleura armata, spesies yang terbesar, bisa mencapai panjang 2,5 meter!

Fosil Arthropleura umumnya ditemukan berupa jejak kaki mereka yang tercetak di batuan. Bentuk jejak kakinya sekilas mirip jejak ban mobil. Dan karena belum pernah ditemukan fosil Arthropleura utuh, tidak menutup kemungkinan ukuran mereka sebenarnya bisa lebih besar lagi.

Baca Juga: 6 Hewan Tampak Seram Ini Ternyata Gak Berbahaya bagi Manusia

3. Belum diketahui secara pasti apa makanan mereka

5 Fakta Arthropleura, Kaki Seribu Terbesar yang Pernah Hidupmasaigallery.com

Kaki seribu zaman modern umumnya adalah pemakan tumbuhan, tapi ada juga yang karnivora. Lalu bagaimana dengan si kaki seribu raksasa? Ilmuwan rupanya masih belum yakin apa yang mereka makan. Namun diperkirakan Arthropleura adalah herbivora.

Itu karena sejauh ini belum berhasil ditemukan bagian mulut dari fosil Arthropleura, sehingga menimbulkan spekulasi bahwa mereka tidak memiliki bagian mulut yang kuat, maka mereka mungkin adalah pemakan tumbuhan. Plus, di bagian perut mereka pun ditemukan fosil tumbuhan purba.

Tapi ada juga yang memperkirakan bahwa Arthropleura mungkin bisa menjadi karnivora oportunis alias memangsa hewan lain yang lebih kecil yang kebetulan lewat di hadapan mereka.

4. Mereka mungkin tidak punya predator

5 Fakta Arthropleura, Kaki Seribu Terbesar yang Pernah Hidupimgur.com

Lalu bagaimana dengan predator bagi Arthropleura sendiri? Adakah hewan yang cukup besar dan tangguh untuk memangsa kaki seribu sepanjang 2,5 meter? Kemungkinan besar tidak. Karena berdasarkan fosil, mereka tampaknya tidak punya lapisan rangka luar yang tebal.

Ketebalan rangka luarnya hanya beberapa milimeter dan strukturnya pun tidak kuat karena tidak mengandung kalsium karbonat. Bisa jadi karena Arthropleura memang tidak punya predator, sehingga tidak butuh perlindungan semacam itu.

5. Punah karena perubahan iklim

5 Fakta Arthropleura, Kaki Seribu Terbesar yang Pernah Hidupgeorgesbasement.com

Jika Arthropleura tidak punya predator, maka apa yang menyebabkan mereka punah? Kemungkinan besar adalah perubahan iklim.

Hewan sebesar Arthropleura butuh lingkungan hutan yang kaya oksigen dan lembap. Namun perubahan iklim yang terjadi sekitar 290 juta tahun yang lalu membuat bumi menjadi lebih kering, sehingga Arthropleura pun sulit bertahan.

Itulah 5 fakta tentang Arthropleura, kaki seribu raksasa sekaligus hewan invertebrata darat terbesar yang pernah hidup di dunia. Duh, untung deh mereka sudah punah ya, kalau tidak pasti bakal sangat mengerikan!

Baca Juga: 5 Hewan Endemik Selandia Baru yang Unik, dari Burung hingga Reptil

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You