Comscore Tracker

5 Fakta Nitrogen, Salah Satu Unsur Penyusun Tubuh Kita

Tanpa nitrogen, kehidupan tidak akan bisa berlangsung

Nitrogen adalah elemen kimia yang dalam tabel periodik memiliki lambang N dan nomor atom 7. Kamu mungkin mengira bahwa zat ini jarang ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Tapi itu sama sekali tidak benar. Nitrogen ada di sekitarmu dan memiliki banyak manfaat untuk kehidupan. Gak percaya? Ini dia 5 fakta tentang nitrogen yang perlu kamu tahu.

1. Nitrogen adalah komponen terbesar dari udara yang kita hirup

5 Fakta Nitrogen, Salah Satu Unsur Penyusun Tubuh Kitaverywellfit.com

Fakta yang pertama tentu adalah bahwa nitrogen merupakan komponen terbesar dari udara yang ada di sekitar kita. Ingatkah kamu bahwa meskipun oksigen adalah zat yang kita gunakan untuk bernapas, komposisinya hanya sekitar 21 persen di udara? Sedangkan 78 persen dari udara di sekitar kita terdiri dari nitrogen.

Tapi nitrogen dalam bentuk gas tidak memiliki manfaat langsung bagi kita. Dilansir dari Sciencing, nitrogen harus diubah bentuk dulu supaya bisa berguna bagi makhluk hidup. Organisme yang bisa mengubah bentuk nitrogen adalah mikroorganisme yang hidup di akar tanaman, sehingga tanaman bisa menyerap nitrogen dalam bentuk amonia dan nitrat.

2. Nitrogen adalah bahan penyusun makhluk hidup

5 Fakta Nitrogen, Salah Satu Unsur Penyusun Tubuh Kitaunsplash/Jeremy Bishop

Gak perlu jauh-jauh, bahkan tubuhmu pun sebenarnya tersusun dari nitrogen. Hal itu karena nitrogen adalah bagian penting penyusun asam amino. Sedangkan asam amino sendiri adalah material pembentuk protein dan asam nukleat termasuk DNA.

Semua jaringan tubuh kita, mulai dari otot, kulit, rambut, kuku, dan darah, mengandung protein. Maka jelas bahwa nitrogen adalah bahan baku penyusun tubuh kita. Begitu pula dengan tumbuhan, yang beberapa bagian pentingnya tersusun dari nitrogen. Contohnya adalah klorofil, yang vital untuk proses fotosintesis. Berarti nitrogen itu penting banget kan?

3. Nitrogen banyak digunakan di kehidupan sehari-hari

5 Fakta Nitrogen, Salah Satu Unsur Penyusun Tubuh Kitatoday.com

Gak hanya vital bagi kehidupan, nitrogen juga digunakan dalam berbagai bidang kehidupan. Dalam bidang farmasi misalnya, nitrogen digunakan untuk berbagai jenis obat, termasuk antibiotik. Nitrogen dalam bentuk dinitrogen oksida juga digunakan untuk anestesi dalam proses medis.

Nitrogen punya nomor atom 7, yang artinya elektron valensi atom nitrogen berjumlah 5. Artinya atom nitrogen butuh 3 elektron lain untuk bisa membentuk ikatan, sehingga dua atom nitrogen akan membentuk ikatan rangkap tiga yang sangat kuat. Ikatan tersebut juga akan mengeluarkan energi dahsyat jika ikatannya diputuskan.

Karena sifat itulah, nitrogen cocok digunakan dalam pembuatan materi yang kuat misalnya kevlar, sejenis serat sintetis yang kekuatannya melebihi baja. Pun begitu dalam pembuatan lem super, memanfaatkan kekuatan ikatan atom nitrogen yang luar biasa. Dan nitrogen juga sangat berguna di industri bahan peledak.

Baca Juga: 6 Tips Biar Kulit Tubuhmu Gak Gampang Belang

4. Nitrogen cair adalah salah satu zat terdingin di dunia

5 Fakta Nitrogen, Salah Satu Unsur Penyusun Tubuh Kitaindiatoday.in

Seperti dijelaskan di poin pertama, nitrogen biasanya terdapat dalam bentuk gas di sekitar kita. Tapi sebagaimana semua zat lain, tentu nitrogen juga bisa berwujud cair dan padat. Nah, nitrogen dalam bentuk cair adalah salah satu zat yang paling dingin di dunia, dengan titik didih sekitar –196 °C!

Karena suhu yang sangat rendah itu, nitrogen cair dimanfaatkan dalam berbagai bidang. Misalnya dalam bidang kuliner, laman BBC menyebut bahwa nitrogen cair digunakan untuk mendinginkan makanan atau minuman secara instan. Nitrogen cair juga cocok digunakan sebagai bahan pendingin untuk mesin dengan performa yang super tinggi, misalnya mesin mobil balap.

5. Nitrogen juga bisa berbahaya

5 Fakta Nitrogen, Salah Satu Unsur Penyusun Tubuh Kitathoughtco.com

Sebagaimana oksigen yang sangat berguna bagi kita juga bisa berbahaya jika kadarnya terlalu banyak di udara, nitrogen pun demikian. Kenaikan kadar nitrogen di udara biasanya dibarengi dengan menurunnya kadar oksigen. Maka menghirup udara yang terlalu banyak nitrogen bisa menyebabkan asfiksia alias sesak nafas.

Nitrogen juga bisa berbahaya dalam bentuk cair. Jika kita memasukkan jari ke nitrogen cair misalnya, jari kita bisa membeku dalam sekejap dan copot! Efek yang lebih fatal bisa terjadi jika nitrogen cair tertelan, maka penggunaan nitrogen cair dalam bidang kuliner harus dilakukan dengan ekstra hati-hati.

Itulah 5 fakta tentang nitrogen, unsur yang sangat berguna bahkan vital bagi kehidupan kita, tapi juga bisa berbahaya. Setuju kan kalau zat ini ternyata sangat menakjubkan?

Baca Juga: Cepat Lelah Saat Naik Motor? Perhatikan 5 Posisi Tubuh Berikut

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You