Comscore Tracker

5 Hewan Endemik Selandia Baru yang Unik, dari Burung hingga Reptil

Hewan-hewan ini hanya ada di Selandia Baru

Selandia Baru adalah negara kepulauan di sebelah tenggara Australia. Negara persemakmuran Inggris ini terkenal akan keindahan alamnya dan keanekaragaman hayatinya yang unik. Banyak jenis satwa yang ditemukan di negara ini tidak akan kamu temukan di tempat lain.

Sebelum kedatangan manusia, tidak ada mamalia di Selandia Baru. Di negeri ini juga tidak ada ular. Hal itu memungkinkan berbagai jenis hewan unik berkembang biak dengan aman dan nyaman. Kebanyakan adalah burung, dan ada pula beberapa jenis kadal serta lumba-lumba. Lalu hewan unik apa saja yang ada di Selandia Baru? Maka daripada berlama-lama, yuk langsung simak ulasan beberapa hewan unik di Selandia Baru berikut ini.

1. Kiwi

5 Hewan Endemik Selandia Baru yang Unik, dari Burung hingga Reptilthedodo.com

Kiwi adalah salah satu burung terunik bukan saja di Selandia Baru, tapi juga di dunia. Maka tidak heran jika burung ini dinobatkan sebagai simbol negara. Burung unik ini tidak bisa terbang, tubuhnya bulat gempal, punya paruh panjang dan tipis, dan adalah satu-satunya burung yang punya lubang hidung di ujung paruhnya.

Kiwi termasuk ratite, yaitu keluarga burung yang tidak bisa terbang yang juga mencakup burung unta, emu, dan kasuari. Dari semua burung ratite, kiwi adalah yang paling kecil. Ukuran mereka kira-kira sebesar ayam, namun mereka memiliki telur dengan ukuran kira-kira 20 persen tubuhnya, rekor terbesar di antara semua burung.

2. Kea

5 Hewan Endemik Selandia Baru yang Unik, dari Burung hingga Reptilwilderlife.nz

Kea adalah jenis burung beo yang sangat unik. Mereka adalah satu-satunya beo yang hidup di pegunungan. Mereka omnivora, memakan mulai dari akar-akaran, daun, buah, serta serangga dan bahkan bangkai. Penampilan mereka juga terbilang unik karena warna bulunya yang tidak biasa.

Kea juga burung yang sangat pintar. Ilmuwan menyebut bahwa kecerdasan mereka setara dengan anak manusia berusia 4 tahun. Itu lumayan pintar lho! Selain itu kea juga terkenal suka bermain. Mereka suka bercanda dengan teman-temannya dan bahkan mengeluarkan suara yang mirip suara tawa. Saat seekor kea tertawa, umumnya teman-temannya akan ikut tertawa.

Baca Juga: 7 Hewan yang Bisa Hidup di Gurun Sahara, Gak Cuma Unta Lho!

3. Lumba-lumba Hector

5 Hewan Endemik Selandia Baru yang Unik, dari Burung hingga Reptildailymail.co.uk

Lumba-lumba Hector adalah salah satu spesies lumba-lumba terkecil di dunia. Mereka dinamai berdasarkan nama Sir James Hector, naturalis asal Skotlandia yang pertama mengamati hewan ini. Ukuran mereka hanya sekitar 1,4 m.

Ada pula sub-spesies dari lumba-lumba ini, yaitu lumba-lumba Maui yang adalah spesies lumba-lumba terkecil di dunia. Mereka biasanya berenang di sekitar tepi pantai dan laut dangkal untuk menghindari predator. Sayangnya mereka juga adalah salah satu lumba-lumba paling terancam punah, dengan jumlah diperkirakan hanya 100 ekor di alam bebas.

4. Tuatara

5 Hewan Endemik Selandia Baru yang Unik, dari Burung hingga Reptilaustraliangeographic.com.au

Tidak salah jika menyebut tuatara sebagai 'dinosaurus hidup' sebagaimana julukan yang sering diberikan kepada hewan ini. Hewan ini bukan termasuk kadal meskipun mirip, dan mereka konon sudah ada sejak 200 juta tahun lalu. Mereka adalah salah satu jenis reptil endemik Selandia Baru.

Salah satu keunikan dari tuatara adalah mereka punya 3 mata. Mata yang ketiga terletak di bagian atas kepalanya, meski mata tersebut tidak terlihat pada tuatara dewasa karena tertutup sisik. Fungsinya sendiri diperkirakan untuk sekadar untuk mendeteksi cahaya.

5. Penguin mata kuning

5 Hewan Endemik Selandia Baru yang Unik, dari Burung hingga Reptildoc.govt.nz

Selandia Baru ternyata memiliki spesies penguin, dan bukan hanya satu tapi 6 spesies! Salah satu yang terunik adalah penguin mata kuning. Mereka disebut juga hoiho dan hidup di bagian selatan Selandia Baru.

Penguin ini mendapat namanya karena pola berwarna kuning cerah yang terdapat di bagian matanya. Seperti penguin pada umumnya, penguin mata kuning adalah pemakan ikan. Sayangnya mereka termasuk spesies penguin yang terancam punah karena perusakan habitat dan kedatangan predator baru ke Selandia Baru.

Itulah 5 hewan endemik yang unik dari Selandia Baru. Ngomong-ngomong, Selandia Baru termasuk negara yang tidak terlalu jauh dari Indonesia. Jadi apakah kamu tertarik untuk jalan-jalan ke sana dan melihat hewan-hewan unik itu secara langsung?

Baca Juga: 6 Hewan Tampak Seram Ini Ternyata Gak Berbahaya bagi Manusia

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You