Comscore Tracker

Gak Disangka, 5 Hewan Ini Ternyata Gemar Berenang

Termasuk kucing juga, lho

Banyak hewan memiliki kemampuan untuk berenang. Hampir semua mamalia bisa berenang, dengan sedikit pengecualian misalnya jerapah dan kera besar. Amfibi sudah pasti bisa berenang, bahkan reptil dan unggas pun banyak yang memiliki kemampuan berenang.

Namun bisa berenang tidak sama dengan suka berenang. Banyak hewan yang bisa berenang tapi hanya akan melakukannya jika terpaksa. Tapi ada juga, lho, beberapa hewan yang tanpa disangka tidak hanya bisa berenang, tapi juga suka berenang. Mau tahu hewan apa saja? Ini dia lima contohnya.

1. Gajah 

Gak Disangka, 5 Hewan Ini Ternyata Gemar Berenangmargaritaville.com

Gajah adalah hewan darat terbesar di dunia, dengan bobot mencapai lebih dari 6 ton. Namun ternyata mereka jago berenang, lho. Mereka menggunakan empat kakinya untuk mendayung, sambil tetap mengeluarkan belalainya di atas permukaan air untuk bernapas seperti snorkel. Karena bisa bernapas dengan cara itu, gajah bisa berenang hingga berjam-jam!

Di alam liar, gajah memang suka berenang. Mereka khususnya suka berenang setelah kelelahan berjalan jauh. Dan menurut laman Render Loyalty, gajah bisa mengambang di air jika sudah lelah berenang. Ukuran tubuh mereka yang besar justru memudahkan mereka untuk mengapung di air.

2. Rusa besar 

Gak Disangka, 5 Hewan Ini Ternyata Gemar Berenanganimalhype.com

Mamalia besar lain yang ternyata gemar berenang adalah rusa besar (Alces alces). Rusa ini adalah spesies rusa terbesar di dunia, dengan tinggi 2 meter hingga ke bahu dan berat lebih dari 800 kg. Tapi ukuran besar itu gak menghalangi mereka berenang. Bahkan gak hanya berenang, rusa besar juga adalah penyelam yang andal.

Dilansir Animal Hype, rusa besar bisa menyelam hingga kedalaman 6 meter. Mereka menyelam untuk mencari tumbuhan air, khususnya pada musim dingin dimana makanan di darat semakin sulit ditemukan. Mereka bisa menahan napas di dalam air selama hampir satu menit. Sementara pada musim panas, rusa besar suka berenang sekadar untuk mendinginkan tubuhnya.

Baca Juga: 10 Potret Hidung Hewan yang Unik, Ada yang Berbentuk Pedang

3. Kungkang  

Gak Disangka, 5 Hewan Ini Ternyata Gemar Berenangtreehugger.com

Berikutnya ada kungkang, hewan yang dikenal sebagai salah satu hewan termalas dan terlamban di dunia. Dilansir World Animal Protection, kecepatan rata-rata kungkang di darat adalah 30 cm per menit, dan dalam sehari mereka hanya bergerak sejauh 38 meter. Namun ternyata kungkang suka berenang, dan mereka jauh lebih aktif di air daripada di darat.

Kecepatan kungkang di air sekitar tiga kali lipat kecepatan mereka di darat. Mereka juga mampu menahan napas dalam periode yang luar biasa, yaitu hingga 40 menit! Dan mereka terbukti menikmati berenang, karena mereka suka terjun dari pohon dan masuk ke air untuk berenang.

4. Bekantan 

Gak Disangka, 5 Hewan Ini Ternyata Gemar Berenangrealclearscience.com

Suka berenang bukanlah ciri yang umum dimiliki monyet. Namun bekantan adalah pengecualian yang unik. Monyet endemik Indonesia yang terkenal dengan hidung besar ini ternyata bisa dan suka berenang. Bekantan hidup di hutan Kalimantan yang dilewati banyak sungai, maka kemampuan berenang adalah adaptasi yang sangat penting bagi mereka.

Dilansir New Scientist, bekantan sampai memiliki ciri fisik untuk mendukung gaya hidup mereka, yaitu telapak tangan dan kaki yang sebagian ditutupi selaput. Dengan kemampuan berenangnya, bekantan bisa menghindari predator seperti macan dahan yang mengincar mereka di atas pohon dengan cara menceburkan diri ke air.

5. Kucing penangkap ikan 

Gak Disangka, 5 Hewan Ini Ternyata Gemar Berenangtheweek.in

Beberapa hewan keluarga kucing yang berukuran besar punya kemampuan dan kegemaran berenang, misalnya harimau. Tapi di kalangan kucing yang berukuran kecil, ciri itu cukup jarang. Salah satu yang unik adalah fishing cat alias kucing penangkap ikan (Prionailurus viverrinus). Sesuai namanya, kucing ini adalah pemakan ikan dan hewan air misalnya kepiting.

Kucing penangkap ikan gak hanya masuk ke air untuk mencari mangsa. Mereka memang suka berada di air, dan mereka bahkan bisa menyelam untuk jarak jauh, seperti dilansir Wild Cat Conservation. Kucing unik ini berhabitat di sekitar rawa dan sungai di Asia Selatan dan sebagian Asia Tenggara.

Itulah lima hewan yang tanpa disangka ternyata gak hanya bisa berenang tapi juga suka berenang. Terbukti bahwa keanekaragaman di dunia satwa itu sangat menakjubkan ya!

Baca Juga: Mirip Anak Punk, 5 Hewan Ini Miliki Rambut Mohawk Alami di Kepalanya

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya