Comscore Tracker

5 Simbiosis Mutualisme Hewan Ini Jarang Diketahui, Ada Sesama Predator

Gak disangka, hewan-hewan ini bisa bekerja sama

Sejak kecil di bangku sekolah, kamu sudah belajar tentang simbiosis, yaitu hubungan yang terbentuk antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis. Salah satu jenis simbiosis adalah simbiosis mutualisme, yaitu hubungan yang saling menguntungkan antara dua jenis makhluk hidup.

Contoh paling umum dari hubungan semacam itu adalah burung jalak dan kerbau. Burung jalak mendapat keuntungan karena bisa makan kutu yang hidup di punggung kerbau. Sedangkan kerbau mendapat keuntungan karena badannya bersih dari gangguan kutu.

Tapi di dunia ini ada begitu banyak jenis hewan, maka simbiosis yang terjadi pasti ada banyak macamnya. Beberapa di antaranya mungkin belum pernah kamu dengar dan mungkin gak disangka. Simbiosis mutualisme antara hewan apa saja yang unik di dunia? Ini 5 simbiosis mutualisme antara hewan yang jarang diketahui di dunia.

1. Serigala dan hyena

5 Simbiosis Mutualisme Hewan Ini Jarang Diketahui, Ada Sesama Predatorfromthegrapevine.com

Serigala dan hyena sama-sama predator, maka bagaimana mereka bisa saling menguntungkan satu sama lain? Hyena pernah diamati berburu bersama dengan kelompok serigala, dan ternyata itu menguntungkan bagi kedua hewan tersebut.

Kemampuan berburu serigala jauh lebih baik daripada hyena, maka hyena memanfaatkannya untuk bisa mendapatkan hewan buruan, yang akan lebih sulit ditangkap jika berburu sendiri. Sedangkan serigala juga untung karena hyena punya rahang yang lebih kuat dari mereka. Jadi hyena bisa membantu menghancurkan tulang dan mempermudah serigala makan.

2. Kepiting dan landak laut

5 Simbiosis Mutualisme Hewan Ini Jarang Diketahui, Ada Sesama Predatornationalgeographic.com

Landak laut atau biasa disebut bulu babi ternyata punya hubungan persahabatan yang tidak diduga dengan kepiting. Kepiting suka 'menggendong' landak laut di punggungnya dan membawanya berjalan di dasar laut. Untuk apa ia melakukan itu?

Ternyata kepiting memanfaatkan duri-duri tajam landak laut sebagai perlindungan. Sedikit hewan yang berani macam-macam dengan landak laut, maka kepiting pun aman dari serangan predator. Sedangkan si landak laut pun untung karena bisa dapat tumpangan gratis!

3. Koyote dan badger

5 Simbiosis Mutualisme Hewan Ini Jarang Diketahui, Ada Sesama Predatormnn.com

Ini satu lagi contoh bagaimana dua hewan predator bisa saling bekerja sama dan menguntungkan satu sama lain. Koyote adalah hewan mirip serigala yang berburu hewan-hewan kecil seperti kelinci dan tupai tanah. Badger juga predator tapi berburu di dalam tanah. Jadi bagaimana cara mereka bekerja sama?

Koyote biasanya akan menunggu di dekat lubang galian badger. Tupai tanah terkadang akan keluar dari lubang untuk menghindari kejaran badger, dan si koyote pun akan langsung menyergap dan memangsanya.

Itu bukan berarti si badger jadi rugi dengan keberadaan koyote, karena terkadang hewan buruannya memilih untuk tetap di dalam tanah karena merasakan ancaman dari koyote. Dengan demikian si badger pun bisa lebih mudah menangkapnya. Jadi dari beberapa kali berburu bersama, keduanya pasti sama-sama mendapat untung.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Udang, Hewan Kecil yang Kerap Ada di Olahan Seafood

4. Tarantula dan katak

5 Simbiosis Mutualisme Hewan Ini Jarang Diketahui, Ada Sesama Predatorpetworlds.net

Kerjasama antara tarantula dan katak mungkin terdengar aneh, namun itu benar-benar terjadi di Hutan Amazon di Amerika Selatan. Tarantula hitam Kolombia mengizinkan katak humming bertotol tinggal di sarangnya. Untuk apa?

Rupanya hal itu dilakukan supaya si katak bisa memakan pengganggu yang suka memakan telur tarantula, yaitu semut. Telur-telur tarantula pun aman dari semut, sedangkan si katak sendiri aman dari gangguan karena tidak banyak hewan yang berani berhadapan dengan tarantula.

5. Ikan gobi dan udang pistol

5 Simbiosis Mutualisme Hewan Ini Jarang Diketahui, Ada Sesama Predatoraquainfo.nl

Ikan gobi dan udang pistol tinggal bersama di dasar laut. Udang pistol menggali lubang untuk tempat tinggal, dan ikan gobi akan tinggal bersamanya di lubang tersebut. Si ikan gobi pun mendapat tempat tinggal yang aman, dan sebagai balasannya si ikan gobi juga memberi beberapa keuntungan kepada udang pistol.

Udang pistol memiliki penglihatan yang sangat buruk, sedangkan ikan gobi sebaliknya. Maka ikan gobi akan memberi peringatan kepada udang pistol ketika ada bahaya datang, sehingga si udang bisa bersembunyi. Ikan gobi juga akan menuntun udang pistol keluar masuk sarang, dan bahkan terkadang mengumpulkan makanan bagi si udang.

Baca Juga: 10 Hewan dengan Pertahanan Diri Paling Aneh, Ada yang Meledakkan Diri!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You