Comscore Tracker

5 Spesies Ikan yang Coraknya Seperti Hewan Lain, Ada Ikan Jerapah

#IDNTimesScience Ada yang berjasa besar bagi manusia, lho

Ikan adalah jenis hewan yang memiliki keanekaragaman luar biasa. Laman World Atlas menyebut bahwa setidaknya ada 33.000 spesies ikan yang sudah ditemukan, dan jumlah aslinya kemungkinan besar jauh lebih banyak lagi. Karena jumlah spesies yang sangat banyak, maka pasti ikan-ikan tersebut sangat beraneka ragam.

Dalam hal penampilan, misalnya, banyak ikan yang memiliki keunikan tersendiri. Beberapa ikan memiliki corak unik yang membuat mereka tampak seperti hewan lain, bahkan dinamakan sesuai hewan tersebut. Inilah dia 5 contoh ikan yang punya penampilan unik tersebut.

1. Ikan harimau indonesia

5 Spesies Ikan yang Coraknya Seperti Hewan Lain, Ada Ikan JerapahIkan harimau indonesia (aquariumdomain.com)

Ada beberapa spesies ikan yang memiliki sebutan ikan harimau, salah satunya adalah ikan harimau indonesia (Datnioides microlepis). Ikan ini bercorak tubuh belang hitam-jingga persis seperti harimau. Sesuai namanya, ikan ini hidup di Indonesia. Tepatnya mereka bisa ditemukan di perairan tawar di Sumatera dan Kalimantan.

Keindahan corak ikan harimau indonesia membuat ikan ini kerap dijadikan ikan hias. Ikan ini bisa mencapai ukuran yang cukup besar, yaitu sekitar 46 cm seperti dilansir laman Aquatic Arts. Sama seperti harimau pula, ikan ini adalah karnivor. Mereka bisa makan bermacam jenis ikan atau hewan invertebrata yang berukuran lebih kecil dari tubuhnya.

2. Ikan semak leopard

5 Spesies Ikan yang Coraknya Seperti Hewan Lain, Ada Ikan JerapahIkan semak leopard (meethepet.com)

Sementara ikan semak leopard (Ctenopoma acutirostre) memiliki corak tutul pada tubuhnya sehingga mirip leopard, seperti tampak pada gambar di atas. Mirip ikan harimau, ikan ini juga merupakan ikan air tawar yang kerap dijadikan peliharaan. Ikan ini berhabitat asli di Afrika, tepatnya di Kongo dan Republik Afrika Tengah.

Ikan semak leopard pun merupakan karnivor, dan makanannya mencakup ikan kecil, amfibi, kerang, dan hewan krustasea. Mereka berburu dengan cara berdiam diri sambil menunggu mangsanya lewat, baru menyergapnya dengan cepat. Dilansir Georgia Aquarium, ikan ini unik karena memiliki organ labirin yang memungkinkan mereka bernapas langsung dari udara.

Baca Juga: 5 Fakta Ikan Batu, Ikan Paling Beracun di Dunia yang Jago Berkamuflase

3. Trout citah

5 Spesies Ikan yang Coraknya Seperti Hewan Lain, Ada Ikan JerapahTrout citah (fishingworld.com.au)

Tak ketinggalan, bahkan ikan yang memiliki corak tubuh mirip citah pun ada. Ikan itu adalah trout citah, yang merupakan ikan hasil persilangan dari trout pelangi (Oncorhynchus mykiss) dan trout sungai amerika (Salvelinus fontinalis). Hasil persilangan keduanya menghasilkan ikan hibrida yang steril dan tidak bisa bereproduksi di alam liar.

Persilangan itu sendiri dibuat untuk menghasilkan varian baru ikan trout yang digunakan dalam olahraga memancing. Maka pada 2019, laman Victoria Recreational Fish pun melaporkan bahwa sekitar 1.600 ekor trout citah dilepaskan di beberapa danau di Australia untuk tujuan tersebut.

4. Cichlid jerapah 

5 Spesies Ikan yang Coraknya Seperti Hewan Lain, Ada Ikan JerapahCichlid jerapah (aquariumdomain)

Ikan yang satu ini memiliki corak tubuh yang mirip dengan hewan tertinggi di dunia, yaitu jerapah. Cichlid jerapah (Nimbochromis venustus) adalah spesies ikan cichlid yang berasal dari Afrika. Corak tubuhnya yang unik pun membuat ikan ini jadi favorit untuk dipelihara di akuarium.

Cichlid jerapah tergolong ikan yang mudah dipelihara sehingga cocok bagi pemula. Ikan ini bisa berukuran cukup besar, yaitu hingga 25 cm saat dewasa. Mereka adalah karnivor yang bisa makan ikan kecil ataupun cacing dan udang.

5. Ikan zebra

5 Spesies Ikan yang Coraknya Seperti Hewan Lain, Ada Ikan JerapahIkan zebra (britannica.com)

Ada pula ikan yang tubuhnya memiliki corak belang seperti zebra. Sebenarnya ikan ini memiliki belang putih dan biru gelap, namun tampak seperti belang putih-hitam sehingga disebut ikan zebra (Danio rerio). Ikan yang berasal dari Asia ini berukuran kecil, panjangnya hanya sekitar 4 cm.

Namun meski kecil, ikan zebra ternyata memiliki jasa besar bagi manusia dalam bidang medis. Itu karena menurut The Guardian, ikan ini memiliki DNA yang 70 persen mirip DNA manusia. Ikan ini juga punya tubuh yang hampir transparan, sehingga para ilmuwan bisa dengan mudah mengamati bagian dalamnya tanpa harus membedah mereka.

Selain itu, ikan zebra juga memiliki tingkat reproduksi yang tinggi dan mudah dirawat. Dengan demikian para ilmuwan bisa dengan mudah mendapatkan ikan ini untuk dijadikan bahan percobaan. Maka ikan zebra pun sering diteliti, khususnya untuk penelitian penyakit dan pengembangan obat-obatan. Benar-benar ikan yang berjasa!

Itulah lima spesies ikan yang unik karena tubuhnya memiliki corak seperti hewan lain. Kalau menurutmu, ikan mana yang penampilannya paling cantik?

Baca Juga: 5 Fakta Giant Trevally, Ikan Predator yang Gemar Makan Burung

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya