5 Tanaman dengan Penampilan Terunik, Ada yang Mirip Batu Hidup

Ada juga yang mirip bola baseball

Ada begitu banyak jenis tumbuhan di dunia ini. Kebanyakan mungkin tampak biasa-biasa saja dan sehari-hari kamu sudah melihatnya. Tapi ingat, alam selalu bisa membuat kita terkejut dan takjub. Gak percaya? Coba lihat 5 tumbuhan berikut ini yang penampilan super uniknya pasti akan buat kamu terheran-heran.

1. Jamur gigi setan

5 Tanaman dengan Penampilan Terunik, Ada yang Mirip Batu Hidupyoutube.com

Gak bercanda, memang itulah nama dari tumbuhan jamur yang tampangnya mengerikan ini. Kalau kamu tipe orang yang takut melihat darah, mungkin kamu akan pingsan kalau melihat jamur ini secara langsung. Nama ilmiah jamur ini adalah Hydnellum peckii dan habitatnya ada di Amerika Utara dan Eropa.

Tentu saja cairan merah itu bukan benar-benar darah. Tapi adalah sejenis cairan kimia bernama atromentin yang merupakan antibakteri sekaligus antikoagulasi. Warna merah dari zat tersebut bahkan juga digunakan sebagai pewarna tekstil.

Jamur ini tidak beracun, tapi bukan bahan makanan pula karena rasa dan baunya konon sangat tidak enak.

2. Welwitschia mirabilis

5 Tanaman dengan Penampilan Terunik, Ada yang Mirip Batu Hidupbeyondbabeesh.com

Welwitschia mirabilis adalah tanaman endemik Gurun Namib yang berada di wilayah Namibia dan Angola. Dari gambar di atas, tanaman ini mungkin sekilas terlihat seperti tumpukan daun kering saja. Itu karena tanaman ini punya batang yang sangat pendek, namun akarnya bisa mencapai panjag 30 meter untuk mencari air.

Yang unik dari Welwitschia mirabilis adalah tanaman ini hanya memiliki 2 daun yang terus bertumbuh. Namun karena suhu yang panas, daun tersebut umumnya membelah sehingga terlihat seolah memiliki banyak daun. Tanaman ini bisa hidup hingga 1.500 tahun lamanya di tengah kondisi gurun yang sangat ekstrem.

Baca Juga: 6 Tanaman Parasit dengan Bentuk dan Warna Indah

3. Actaea pachypoda

5 Tanaman dengan Penampilan Terunik, Ada yang Mirip Batu Hidupncsu.edu

Actaea pachypoda adalah tumbuhan endemik Amerika Selatan. Tumbuhan ini terkenal dengan keunikan pada bentuk buahnya yang mirip mata boneka sehingga tumbuhan ini pun sering disebut tumbuhan mata boneka. Batangnya juga unik karena berwarna merah mencolok.

Meski penampilannya unik, jangan coba-coba memakan buahnya karena sangat beracun. Jika dikonsumsi, racunnya bisa menyebabkan serangan jantung dan kematian. Namun uniknya burung-burung kerap mengonsumsi buahnya tanpa keracunan.

4. Tanaman baseball

5 Tanaman dengan Penampilan Terunik, Ada yang Mirip Batu Hidupworldofsucculents.com

Melihat tanaman ini mirip seperti melihat sebuah bola baseball di tanah. Tanaman bernama latin Euporbia obesa ini memang memiliki bentuk yang sangat unik. Bentuknya bulat sempurna seperti bola pada saat masih muda, namun seraya bertumbuh akan menjadi mirip tabung.

Bentuknya yang unik itu membuat tanaman ini sering dijadikan tanaman hias. Ditambah dengan perusakan habitat dan karena butuh waktu lama untuk berkembang biak, tanaman ini pun menjadi langka di alam liar. Namun tanaman ini banyak dikembangbiakkan untuk dijual.

5. Lithop

5 Tanaman dengan Penampilan Terunik, Ada yang Mirip Batu Hidupbalconygardenweb.com

Tanaman lithop disebut juga batu hidup, dan mungkin kamu paham alasannya. Ya, bentuk tanaman ini mirip seperti batu yang mengeluarkan bunga. Tanaman ini tidak punya batang, dan hanya terdiri dari 2 daun yang dari celahnya akan tumbuh bunga berwarna kuning. Daunnya yang berwarna keabu-abuan membuat tanaman ini sangat mirip dengan batu.

Itulah 5 tanaman dengan penampilan yang sangat unik dari seluruh dunia. Jadi ternyata gak cuma hewan, keunikan tanaman pun bisa membuat kita kagum bukan?

Kalau menurutmu sendiri, tanaman mana yang penampilannya paling unik?

 

Baca Juga: 5 Fakta Anggrek Hantu, Tanaman Indah Walaupun Hidup Tanpa Daun

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You