Comscore Tracker

6 Hewan Unik yang Namanya Berawalan Huruf A, Ada yang Mirip Babi

Pernah lihat hewan-hewan ini?

Di dunia ini ada banyak hewan dengan nama berawalan huruf A yang sangat kita kenal. Contohnya adalah anjing, ayam, serta angsa, yang pasti pernah kamu lihat karena banyak terdapat di sekitar kita. Ada pula anoa, anteleop, serta anakonda yang merupakan hewan liar tapi banyak diketahui.

Namun tentu masih banyak lagi hewan yang namanya berawalan huruf A di dunia ini. Sebagian besar belum banyak diketahui, padahal mereka punya keunikan masing-masing. Inilah enam contoh hewan unik dengan nama berawalan huruf A yang tak banyak dikenal.

1. Armadillo

6 Hewan Unik yang Namanya Berawalan Huruf A, Ada yang Mirip Babipotret armadillo (interestingfunfacts.com)

Armadillo adalah hewan mamalia yang sangat unik karena memiliki perisai alami pada tubuhnya. Armadillo terdiri dari sekitar 20 spesies dengan beragam ukuran, mulai dari armadillo raksasa (Priodontes maximus) yang bisa mencapai panjang 1,8 meter, hingga armadilo peri merah muda (Chlamyphorus truncatus) dengan panjang hanya 15 cm.

Perisai armadillo bagaikan cangkang kura-kura, terbuat dari plat bertulang yang disebut osteoderm dan tumbuh pada kulit mereka. Meski berfungsi melindungi tubuhnya, armadillo justru jarang mengandalkan perisainya untuk pertahanan diri. Menurut One Kind Planet, mereka lebih suka berlari untuk menghindari bahaya.

2. Aaardvark

6 Hewan Unik yang Namanya Berawalan Huruf A, Ada yang Mirip Babipotret aardvark (nationalgeographic.com)

Aardvark (Orycteropus afer) juga merupakan hewan mamalia yang tak kalah unik. Hewan ini memiliki moncong yang mirip moncong babi, tapi mereka sama sekali tak berkerabat dengan babi. Aaardvark adalah satu-satunya spesies tersisa dari ordo Tubulidentata, karena seluruh kerabat dekat mereka sudah punah.

Aaardvark merupakan hewan endemik Benua Afrika. Mereka adalah pemakan serangga, terutama rayap, dan moncongnya berfungsi untuk mendeteksi mangsanya. Aardvark hidup dalam liang di tanah, yang mereka gali menggunakan kaki serta cakarnya yang kuat. Karena itulah mereka dinamakan aardvark, yang berarti "babi tanah".

3. Aardwolf

6 Hewan Unik yang Namanya Berawalan Huruf A, Ada yang Mirip Babipotret aardwolf (ourbreathingplanet.com)

Sementara nama aardwolf (Proteles cristata) berarti "serigala tanah", tapi mereka bukan sejenis serigala. Aaardwolf adalah salah satu spesies hiena. Namun mereka sangat unik karena berukuran paling kecil, dengan panjang hingga 1,1 meter dan berat mencapai 12 kg seperti dilansir Britannica.

Aaardwolf juga unik dibanding spesies hiena lain karena mereka tidak makan daging. Seperti aardvark, mereka adalah pemakan serangga, khususnya rayap. Mereka mencari mangsanya di dalam tanah menggunakan penciuman yang tajam serta telinganya yang lebar.

Baca Juga: 5 Hewan Mematikan yang Menghuni Hutan Amazon, Ada Hewan Apa Aja?

4. Alpaka

6 Hewan Unik yang Namanya Berawalan Huruf A, Ada yang Mirip Babipotret alpaka (treehugger.com)

Berikutnya ada alpaka (Lama pacos), hewan yang tergabung dalam famili Camelidae alias keluarga unta. Alpaka adalah yang terkecil dalam famili tersebut, dengan tinggi mencapai 90 cm hingga ke bahu dan berat 65 kg. Alpaka merupakan hewan domestik yang dipercaya berasal dari vikuna (Vicugna vicugna) dan guanaco (Lama guanicoe).

Alpaka merupakan endemik Amerika Selatan. Penampilan mereka mirip llama (Lama glama) yang juga merupakan hewan domestik. Kedua hewan tersebut sama-sama didomestikasi oleh penduduk sekitar Pegunungan Andes, tapi untuk tujuan berbeda. Llama dipakai untuk mengangkut barang, sedangkan alpaka dipelihara untuk diambil bulunya.

5. Arapaima

6 Hewan Unik yang Namanya Berawalan Huruf A, Ada yang Mirip Babipotret arapaima (si.edu)

Ada pula jenis ikan unik yang namanya berawalan huruf A, yaitu arapaima. Arapaima adalah ikan yang tergabung dalam genus Arapaima dan terdiri dari sekitar 5 spesies. Arapaima adalah salah satu ikan air tawar terbesar di bumi. Spesies Arapaima gigas bahkan bisa mencapai ukuran maksimal hingga 3 meter dan berat 200 kg.

Arapaima unik karena mereka mengambil oksigen dari udara, bukan dari air seperti kebanyakan ikan. Maka menurut National Geographic, ikan ini hanya bisa menyelam 10--20 menit sebelum kembali ke permukaan air untuk bernapas. Arapaima adalah pemakan ikan, kadal, bahkan burung, tapi mereka juga kadang makan buah dan biji-bijian.

6. Aphid

6 Hewan Unik yang Namanya Berawalan Huruf A, Ada yang Mirip Babipotret aphid (britannica.com)

Satu lagi hewan unik berawalan huruf A yang perlu kamu ketahui adalah aphid. Aphid merupakan serangga yang tergabung dalam superfamili Aphidoidea. Mereka terdiri dari sangat banyak spesies, bahkan tak kurang dari 4.000 spesies. Serangga ini tersebar di seluruh dunia, dan seringkali dianggap sebagai hama tanaman.

Beberapa jenis aphid bisa membentuk simbiosis mutualisme dengan semut. Semut melindungi aphid dari predator, dan sebagai gantinya aphid memproduksi semacam cairan madu yang dikonsumsi semut. Semut bahkan bisa memicu aphid mengeluarkan cairan tersebut dengan cara menggosok-gosok antenanya ke tubuh mereka.

Itulah enam hewan unik yang namanya berawalan huruf A tapi belum banyak dikenal. Bumi ini memang benar-benar dipenuhi keanekaragama satwa yang luar biasa!

Baca Juga: Tak Disangka 5 Hal Unik Ini Dapat Dilakukan oleh Hewan, Apa Saja?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya