Comscore Tracker

8 Kemampuan Unik Hewan yang Gak Banyak Orang Tahu

Kelelawar bisa berenang, benarkah?

Penelitian terhadap hewan sudah berlangsung ratusan tahun lamanya. Maka kita mungkin berpikir bahwa tidak banyak lagi hal mengejutkan yang bisa kita temukan dari dunia hewan. Apalagi hewan-hewan yang sudah sehari-hari kita lihat dan pelajari.

Tapi jangan remehkan alam, karena ia selalu bisa mengejutkanmu. Misalnya 8 hewan ini, yang pastinya sudah kamu tahu sejak dulu dan mungkin sering kamu lihat. Tapi mereka pun punya kemampuan tersembunyi yang mungkin kamu gak tahu, loh. Gak percaya? Ini dia buktinya.

1. Harimau bisa mendeteksi denyut nadi

8 Kemampuan Unik Hewan yang Gak Banyak Orang Tahucntraveller.in

Sejak kecil kamu pasti sudah tahu soal harimau. Tapi mungkin kamu belum tahu semua hal tentang mereka. Misalnya, harimau ternyata bisa mendeteksi denyut nadi mangsanya lho.

Saat berburu, harimau akan menyerang bagian lehernya. Setelah itu, harimau akan mendeteksi denyut nadi mangsanya dengan menggunakan folikel rambutnya.

Dengan demikian harimau jadi tahu apakah denyut nadi mangsanya sudah berhenti sehingga mereka bisa melepas gigitan dan mulai makan. Keren bukan?

Dan satu lagi, tahukah kamu bahwa otot kaki harimau sangat kuat hingga terkadang mereka bisa tetap berdiri tegak setelah mati?

2. Kelelawar bisa berenang

8 Kemampuan Unik Hewan yang Gak Banyak Orang Tahudeepseanews.com

Hampir semua mamalia memiliki kemampuan alami untuk berenang. Apakah kelelawar juga bisa? Ya! Dan mereka ternyata cukup jago lho. Gerakan renang kelelawar mirip seperti gabungan gaya dada dan gaya kupu-kupu yang biasa manusia lakukan.

Di alam, kelelawar kadang tercebur ke sungai dan harus berenang menuju ke tepi. Tapi mereka tidak bisa keluar dari tepian yang dibatasi tembok.

Maka jika seekor kelelawar tercebur ke kolam renang buatan manusia, mereka bisa mati tenggelam karena tidak bisa keluar.

3. Penguin bisa melompat keluar dari air

8 Kemampuan Unik Hewan yang Gak Banyak Orang Tahufineartamerica.com

Penguin adalah perenang yang handal. Tapi bagaimana cara mereka keluar dari air jika tepiannya cukup terjal? Mereka melompat. Ya, penguin bisa melompat keluar dari air seperti lumba-lumba. Dan lompatan mereka cukup tinggi, bisa mencapai hampir 2 meter.

Jadi jika dikejar predator di laut, mereka bisa menghindarinya dengan cara melompat ke daratan.

4. Kuda nil bisa berlari cepat

8 Kemampuan Unik Hewan yang Gak Banyak Orang Tahulistal.com

Kuda nil adalah hewan darat terbesar ketiga di bumi setelah gajah dan badak. Berat mereka bisa mencapai 1,5 ton dan kaki mereka pendek.

Tapi jangan remehkan mereka, karena kuda nil ternyata bisa berlari cukup cepat lho. Kecepatan maksimum mereka bisa mencapai 30 km per jam alias lebih cepat dari kecepatan lari rata-rata manusia.

Baca Juga: 5 Hewan Tampak Menggemaskan Ini Sebenarnya Mematikan 

5. Lebah bisa menari

8 Kemampuan Unik Hewan yang Gak Banyak Orang Tahuunsplash/Damien Tupinier

Lebah adalah serangga yang hidup dalam koloni. Mirip seperti semut, lebah pekerja biasanya akan berkeliling mencari makan. Lalu ketika berhasil menemukannya lebah tersebut akan memberi tahu koloninya lokasi sumber makanan tersebut supaya mereka bisa bersama-sama menuju ke sana.

Tapi bagaimana caranya? Dengan menari! Ya, lebah memberitahu lokasi sumber makanan dengan cara terbang membentuk pola setengah lingkaran sambil menggerak-gerakkan tubuh mereka dengan cepat, persis seperti sedang menari.

Dengan tarian tersebut, lebah pekerja yang lain bisa mengetahui arah dan juga jarak sumber makanan tersebut. Keren banget ya!

6. Burung unta bisa mengaum

8 Kemampuan Unik Hewan yang Gak Banyak Orang Tahudeviantart.com

Burung unta memang adalah burung yang sangat unik. Kamu mungkin sudah tahu bahwa burung unta adalah burung terbesar sekaligus burung dengan lari tercepat di dunia. Tapi tahukah kamu bahwa burung unta jantan bisa mengaum?

Tentu aumannya tidak persis seperti singa, tapi suara burung unta jantan memang cukup dalam hingga sekilas terdengar seperti suara auman. Saat sedang 'mengaum', leher mereka akan membesar karena terisi udara.

7. Kelinci punya pandangan 360 derajat

8 Kemampuan Unik Hewan yang Gak Banyak Orang Tahuunsplash/Waranya Mooldee

Kalau kamu punya kelinci, kamu pasti senang bermain dengan mereka. Tapi tidak usah coba-coba mengendap-endap dari belakang untuk mencoba mengejutkan mereka, karena itu gak akan berhasil. Kenapa? Karena kelinci bisa melihat ke belakang tanpa menengok!

Ya, mata kelinci memiliki sudut pandang 360 derajat alias ke segala arah. Jadi mereka bisa mengarahkan pandangannya ke manapun tanpa perlu menengok. Selain kelinci, ada satu hewan lagi yang memiliki kemampuan hebat tersebut yaitu burung beo.

8. Simpanse bisa tertawa

8 Kemampuan Unik Hewan yang Gak Banyak Orang Tahudailymail.co.uk

Sebagai primata yang konon berkerabat dekat dengan manusia, simpanse memang memiliki tingkah laku yang cukup mirip dengan manusia. Salah satunya, tahukah kamu bahwa mereka ternyata bisa tertawa? Simpanse yang hidup di penangkaran senang digelitik dan mereka biasanya akan tertawa.

Selain simpanse, primata lain seperti bonobo dan gorila pun akan tertawa jika digelitik. Bahkan tikus dan sejenis burung bernama burung kea juga bisa tertawa dan bahkan senang bercanda dengan teman-temannya.

Itulah 8 hewan yang pasti sudah kamu tahu sebelumnya, tapi ternyata memiliki kemampuan unik. Gimana, jadi makin kagum kan dengan keunikan dunia binatang di sekitar kita?

Baca Juga: 5 Hewan yang Berburu dengan Cara Cerdas, Ada yang Bisa Memancing

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You