Comscore Tracker

5 Hewan yang Aromanya Enak, Ada yang Seperti Popcorn Mentega!

Kamu pasti suka wangi mereka

Sebagai manusia, kita memiliki kesadaran yang tinggi akan kebersihan. Selain bersih, kita juga senang dengan segala sesuatu yang beraroma wangi. Sebaliknya, binatang tidak seperti itu. Beberapa binatang memang punya kebiasaan membersihkan dirinya dari kotoran, namun secara umum hewan suka melakukan hal-hal yang dianggap jorok dan kotor oleh manusia.

Karena itu, gak heran jika banyak hewan yang memiliki bau tidak menyenangkan. Ada juga beberapa hewan yang mengeluarkan bau busuk untuk melindungi dirinya. Tapi tahukah kamu bahwa beberapa hewan ternyata punya aroma yang wangi? Ini dia lima contoh hewan dengan aroma yang unik dan bisa kita nikmati.

1. Binturung 

5 Hewan yang Aromanya Enak, Ada yang Seperti Popcorn Mentega!sandiegozoo.org

Binturung atau binturong (Arctictis binturong) adalah hewan mirip musang yang hidup di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Mereka disebut bearcat alias 'beruang kucing' karena penampilannya yang mirip gabungan kedua hewan tersebut. Selain penampilannya, ternyata binturung juga memiliki bau yang unik, lho.

Yap, dilansir How Stuff Works, binturung memiliki aroma seperti popcorn mentega! Bau unik itu ternyata berasal dari urin mereka, yang mengandung senyawa yang sama dengan yang terdapat dalam popcorn. Saat binturung buang air kecil, urinnya membasahi kaki dan ekornya, dan menyebar seraya mereka berjalan di atas pohon, sehingga menjadi sinyal penanda wilayahnya.

2. Semut kuning 

5 Hewan yang Aromanya Enak, Ada yang Seperti Popcorn Mentega!inaturalist.org

Sementara semut kuning (genus Acanthomyops) terkenal memiliki aroma yang unik dan mirip seperti aroma lemon. Aroma tersebut dikeluarkan oleh semut ini saat mereka merasa terancam. Karena wanginya itu, semut ini disebut juga semut citronella alias semut minyak serai, karena minyak serai mengandung senyawa citronella yang beraroma seperti lemon.

Semut ini berhabitat di Amerika Utara. Ukuran mereka kecil, hanya sekitar 4 mm. Meski bernama semut kuning, mereka juga bisa berwarna merah kecoklatan. Makanan mereka adalah nektar yang dihasilkan oleh aphid, sejenis serangga kecil yang 'diternakkan' oleh semut ini.

Baca Juga: Kenali 8 Fakta Hewan Krepuskular, Aktif di Waktu Fajar dan Senja Saja

3. Serangga batang peppermint 

5 Hewan yang Aromanya Enak, Ada yang Seperti Popcorn Mentega!zoochat.com

Serangga batang peppermint (Megacrania batesii) adalah salah satu spesies serangga batang yang terkenal karena aromanya yang unik. Sesuai namanya, serangga ini bisa mengeluarkan aroma mirip peppermint! Aroma itu berasal dari senyawa mirip susu yang mereka hasilkan dari kelenjar di dadanya.

Laman Oz Animals menyebut bahwa serangga unik ini terdapat di Australia, Oseania, Papua Nugini, serta Filipina. Selain aromanya, mereka juga unik karena warnanya yang hijau kebiruan. Jantan dan betinanya sama-sama memiliki sayap kecil, tapi mereka tidak bisa terbang.

4. Kakapo 

5 Hewan yang Aromanya Enak, Ada yang Seperti Popcorn Mentega!wired.com

Kakapo (Strigops habroptilus) adalah burung tak bisa terbang yang merupakan endemik Selandia Baru. Mereka merupakan sejenis burung beo, namun sangat unik karena adalah satu-satunya spesies burung beo yang tak bisa terbang. Keunikan lain dari burung ini adalah aroma manis seperti madu yang mereka keluarkan.

Wangi tersebut membuat burung ini sangat menarik, tapi sayangnya ada kerugian yang mereka dapatkan. Dilansir Treehugger, wangi tersebut membuat kakapo mudah dilacak predator. Ditambah lagi mereka tak bisa terbang dan membuat sarang di tanah. Itulah salah satu faktor yang menyebabkan populasi mereka terus berkuran dan kini terancam punah.

5. Lebah madu 

5 Hewan yang Aromanya Enak, Ada yang Seperti Popcorn Mentega!motherjones.com

Seperti apa aroma lebah madu? Kalau kamu mencium dekat sarang mereka, tentu akan tercium aroma madu karena mereka adalah penghasil madu. Tapi tahkah kamu bahwa lebah madu juga bisa mengeluarkan aroma seperti pisang? Aromanya memang cukup enak, tapi sebenarnya itu pertanda bahaya karena mereka mengeluarkan aroma itu sebagai tanda bagi koloninya untuk menyerang.

Maka saat kamu mencium aroma seperti ini dikeluarkan oleh lebah, sebaiknya kamu siap-siap kabur karena kemungkinan koloninya akan datang menyerangmu. Aroma tersebut juga bisa menempel pada pakaian, maka jika kamu disengat, jangan gunakan pakaian yang sama sebelum dicuci supaya kamu gak diserang lagi.

Gimana, terbukti kan bahwa hewan gak hanya bisa mengeluarkan bau busuk, tapi aroma yang wangi dan enak juga? Kira-kira, dari antara lima hewan di atas, yang mana yang paling ingin kamu cium aromanya?

Baca Juga: 6 Fakta Unik Sayap Hewan, Hewan Apa yang Mempunyai Sayap Terbesar?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya