Comscore Tracker

Gak Nyangka, 6 Jenis Hewan Ini Bisa Mencapai Berat Satu Ton!

Termasuk unta, lho!

Ada banyak jenis hewan di dunia ini yang memiliki berat luar biasa. Salah satunya tentu paus, mamalia laut yang merupakan hewan terbesar di bumi. Sementara di darat, ada gajah, badak, kuda nil, hingga kerbau dan sapi yang bobotnya bisa sangat berat.

Berat dari hewan-hewan tersebut bisa mencapai 1 ton atau lebih. Nah, kali ini kita akan melihat beberapa hewan darat maupun laut yang tanpa disangka juga bisa mencapai berat 1 ton. Inilah enam hewan di antaranya.

1. Jerapah

Gak Nyangka, 6 Jenis Hewan Ini Bisa Mencapai Berat Satu Ton!Jerapah (pexels.com/Africa Vacation Safaris)

Kebanyakan orang pasti tahu bahwa jerapah adalah hewan tertinggi di dunia. Tinggi jerapah jantan bisa lebih dari 5,5 meter, seperti dilansir Britannica. Namun, tak banyak yang tahu bahwa jerapah bukan hanya hewan yang sangat tinggi, tetapi juga sangat berat.

Jerapah betina saja bisa mencapai berat 1,1 ton, sementara si pejantan bisa seberat 1,9 ton alias hampir 2 ton. Meski berat, jerapah bisa berlari cukup kencang, yaitu 50 km/jam atau bahkan 60 km/jam dalam jarak dekat. Karena berat dan sanggup berlari kencang, jerapah merupakan hewan yang sulit ditaklukkan predator, bahkan oleh singa sekalipun.

2. Unta

Gak Nyangka, 6 Jenis Hewan Ini Bisa Mencapai Berat Satu Ton!Unta Baktria (pexels.com/Geri Art)

Unta juga bukan hewan yang terkenal dengan bobot tubuhnya. Mereka lebih dikenal sebagai hewan tangguh penghuni padang pasir yang memiliki punuk pada punggungnya. Namun, ternyata unta pun memiliki bobot yang cukup berat hingga mencapai 1 ton.

Unta terdiri dari tiga spesies, dan spesies yang terbesar adalah unta baktria domestik (Camelus bactrianus) atau unta mongolia. Dilansir One Kind Planet, panjang mereka bisa mencapai 2,1 meter dan berat antara 300 kg hingga 1 ton.

Unta baktria domestik diternakkan untuk menjadi hewan transportasi melintasi padang pasir. Mereka sangat kuat dan mampu membawa beban hingga 200 kg. Dengan dua punuk yang mereka miliki, unta baktria domestik mampu bertahan tanpa air hingga beberapa minggu.

3. Antelop

Gak Nyangka, 6 Jenis Hewan Ini Bisa Mencapai Berat Satu Ton!Eland Raksasa (pexels.com/TheOtherKev)

Apakah kamu tahu antelop? Antelop adalah jenis hewan yang masih berkerabat dengan sapi dan kerbau. Mereka terdiri dari banyak spesies, dan kebanyakan memiliki perawakan yang langsing sehingga bisa berlari cepat. Namun, ada pula spesies antelop yang bertubuh besar dan berat bahkan mencapai 1 ton.

Spesies itu disebut eland raksasa (Taurotragus derbianus). Eland raksasa berukuran besar sehingga tampak lebih mirip kerbau, tapi bentuk tanduk mereka sangat berbeda dengan kerbau. Dilansir Animalia, eland raksasa berkuran panjang hingga 2,9 meter dan berat hingga 1 ton. Meski besar, mereka tetap bisa berlari kencang dengan kecepatan mencapai 70 km/jam.

Baca Juga: 5 Hewan Mematikan yang Menghuni Hutan Amazon, Ada Hewan Apa Aja?

4. Beruang kutub

Gak Nyangka, 6 Jenis Hewan Ini Bisa Mencapai Berat Satu Ton!Beruang Kutub (pexels.com/pixabay)

Ada pula hewan karnivor darat yang beratnya bisa mencapai 1 ton, yaitu beruang kutub. Beruang kutub sebenarnya memiliki bobot normal antara 350 hingga 600 kg bagi pejantan, sementara betinanya lebih kecil lagi. Namun, terkadang beruang kutub bisa tumbuh hingga ukuran yang jauh lebih besar.

Laman Live Science menyebut bahwa pada 1960 ada seekor beruang kutub jantan yang tercatat memiliki berat hingga 1 ton. Sayangnya, pemanasan global membuat beruang kutub pada zaman modern ini semakin sulit untuk hidup dan mencari makan. Namun, jelas bahwa dalam kondisi yang tepat mereka memang bisa mencapai bobot yang luar biasa.

5. Buaya

Gak Nyangka, 6 Jenis Hewan Ini Bisa Mencapai Berat Satu Ton!Buaya Muara (pixabay.com/pen_ash)

Beralih ke hewan penghuni lautan, buaya pun ternyata biasa mencapai berat 1 ton, bahkan lebih. Buaya terdiri dari banyak spesies, dan spesies terbesar adalah buaya muara (Crocodylus porosus) yang hidup di laut. Spesies ini tercatat bisa mencapai panjang 6 meter dan berat 1.075 kg!

Menurut laman Discover Wildlife, buaya muara yang berukuran lebih besar bisa jadi pernah hidup pada masa lalu. Diperkirakan spesies ini sebenarnya bisa mencapai berat 1,5 ton bahkan hingga 2 ton. Namun, sejauh ini belum ada buaya dengan ukuran sebesar itu yang pernah tertangkap dan dicatat.

6. Ikan pari

Gak Nyangka, 6 Jenis Hewan Ini Bisa Mencapai Berat Satu Ton!potret pari manta raksasa berenang bersama seorang penyelam (marinemegafauna.org)

Terakhir, tahukah kamu bahwa ikan pari pun bisa mencapai ukuran yang luar biasa? Tak tanggung-tanggung, bahkan berat hingga lebih dari 2 ton pun bisa mereka capai! Spesies pari terbesar di dunia adalah pari manta raksasa (Mobula birostris). Menurut Oceana, spesies ini bisa mencapai lebar 8,8 meter dan berat sekitar 2,4 ton.

Itu bahkan bukan satu-satunya spesies, karena ada pula pari manta karang (Mobula alfredi) yang beratnya mencapai 2 ton sedangkan lebarnya hingga 7 meter. Banyak pula spesies ikan pari yang beratnya tak mencapai 1 ton, tetapi bisa sampai ratusan kilogram. Luar biasa!

Hewan-hewan di atas sebenarnya tak terkenal dengan bobotnya, tetapi ternyata mereka bisa mencapai berat yang luar biasa, bahkan mencapai 1 ton atau lebih. Gimana, kamu nyangka, gak?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya