Betina Lebih Dominan di Kelompok 5 Hewan Ini

Gak selalu jantan itu lebih dominan

Kita hidup dalam masyarakat manusia di mana pria umumnya punya peran yang lebih dominan. Hampir di seluruh bagian dunia, laki-laki lebih banyak menjadi pemimpin dibanding perempuan. Maka bisa dibilang, laki-laki adalah gender yang lebih dominan di antara manusia.

Bagaimana dengan hewan? Ada hewan yang umumnya hidup sendiri, tapi ada juga yang berkelompok seperti manusia. Banyak hewan yang berkelompok didominasi oleh pejantan, tapi rupanya tidak selalu begitu.

Pada beberapa jenis hewan, betinalah yang lebih dominan, seperti misalnya 5 hewan berikut.

1. Bonobo

Betina Lebih Dominan di Kelompok 5 Hewan Inisciencenews.org

Bonobo adalah sejenis simpanse yang hidup di Afrika. Seperti primata pada umumnya, bonobo hidup berkelompok, namun dalam kelompok mereka betina jadi yang lebih dominan. Maka dalam kelompok bonobo tidak ada pejantan alfa, adanya betina alfa.

Hal itu terbilang cukup unik karena sebenarnya bonobo jantan bertubuh lebih besar dan lebih kuat. Namun mereka malah tunduk kepada betina. Kenapa? Tidak seperti primata lain, status alfa pada kelompok bonobo tidak ditentukan berdasarkan kekuatan dalam pertarungan, tapi berdasarkan kebutuhan mereka untuk berkembang biak dan mempertahankan jenisnya.

Bonobo jantan lebih cenderung tunduk kepada betina yang punya daya tarik seksual. Si pejantan juga tidak pernah melawan betina yang bertindak agresif karena melindungi anaknya. Maka kebutuhan untuk kawin dan mempunyai keturunan sepertinya jadi pendorong bonobo jantan tunduk pada betina.

2. Lebah

Betina Lebih Dominan di Kelompok 5 Hewan Iniblythewoodbeecompany.com

Lebah hidup dalam koloni yang terdiri dari satu ratu, lebah jantan, dan ribuan pekerja. Sang ratu tentu saja adalah betina, dan semua lebah dalam koloni tersebut adalah keturunannya. Jumlah lebah pekerja bisa mencapai 95 persen dari semua lebah di koloni, dan semua lebah pekerja adalah betina.

Tapi tidak hanya jumlah yang membuat betina jadi lebih dominan dalam koloni lebah. Dalam hal peran pun demikian, karena lebah pekerja adalah penggerak dari koloni. Mereka mencari makan, membuat sarang, serta merawat ratu dan anak-anaknya.

Bagaimana dengan lebah jantan? Tugas mereka hanya satu: membuahi ratu. Mungkin terdengar mudah, tapi sebenarnya hidup lebah jantan tidak seenak itu. Tidak seperti betina, lebah jantan hanya punya 1 set kromosom, sehingga mereka lebih rentan terkena penyakit.

Baca Juga: 5 Hewan Imut Ini Ternyata Punya Insting Kanibalisme

3. Hyena tutul

Betina Lebih Dominan di Kelompok 5 Hewan Inipexels/Frans Van Heerden

Hyena adalah hewan yang terdiri dari 4 spesies. Hyena bergaris dan hyena cokelat hidup dalam kelompok yang didominasi jantan, sedangkan aardwolf hidup menyendiri. Hanya hyena tutul yang hidup dalam kelompok yang didominasi betina, tapi dominasi mereka bisa dibilang luar biasa.

Kenapa? Tidak seperti kelompok hewan lain, setiap ekor hyena tutul betina dominan atas hyena tutul jantan. Bahkan jantan yang terbesar sekalipun akan tunduk pada hyena betina yang masih kecil!

Alasan di balik dominasi yang luar biasa itu diperkirakan mirip dengan apa yang terjadi pada bonobo: untuk mempertahankan jenis mereka. Hyena betina yang dominan bisa menjaga dan membesarkan anak-anaknya lebih baik, maka hyena jantan pun harus tunduk demi keberlangsungan spesies.

4. Gurita

Betina Lebih Dominan di Kelompok 5 Hewan Iniuchicago.edu

Tidak hanya hewan darat, hewan laut pun banyak yang hidup berkelompok. Salah satunya adalah gurita. Namun, kelompok gurita lebih didominasi oleh betina daripada jantan, salah satunya karena ukuran gurita betina memang lebih besar.

Gurita adalah hewan yang kerap memakan sesamanya sendiri. Sehingga dalam hal kawin, si jantan harus hati-hati supaya tidak dilahap oleh si betina yang berukuran lebih besar. Maka cara yang dilakukan si jantan adalah melepas salah satu tentakelnya yang berisi sperma dan memberikannya kepada si betina, lalu segera kabur sebelum dimakan!

5. Orca

Betina Lebih Dominan di Kelompok 5 Hewan Inidivemagazine.co.uk

Orca atau yang biasa disebut paus pembunuh juga hidup dalam kelompok yang didominasi betina. Salah satu alasan dominasi tersebut adalah karena orca betina punya umur yang jauh lebih panjang daripada orca jantan. Sementara orca jantan umumnya hanya hidup sampai 50 tahun, si betina bisa hidup hingga 90 tahun.

Maka si betina yang berumur paling panjang pun akan jadi pemimpin kelompok. Karena hidup lebih lama, betina tersebut lebih tahu di mana tempat yang tepat untuk mencari makan, sehingga meningkatkan peluang kelompok untuk bertahan hidup dan mempunyai keturunan.

Itulah 5 hewan yang hidup dalam kelompok yang didominasi betina. Dari mereka kita bisa belajar bahwa wanita pun bisa punya peran yang gak kalah penting dari pria, atau bahkan lebih penting. Jadi girls, jangan pernah takut untuk mengejar mimpi meraih peran penting dalam masyarakat ya!

Baca Juga: Selain Siput, 5 Hewan Ini Juga Memiliki Gerakan Lamban

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You