Comscore Tracker

10 Burung Pemangsa Terbesar di Dunia, Cepat dan Kuat! 

Ada yang beratnya sampai belasan kilogram

Burung pemangsa adalah jenis burung yang paling keren dan menakjubkan. Misalnya elang, yang sudah sejak lama dianggap sebagai simbol kecepatan dan kekuatan. Selain elang, burung-burung yang termasuk burung pemangsa adalah burung pemakan bangkai, alap-alap, dan burung hantu.

Karena kecepatan dan kekuatannya, burung pemangsa bahkan mendapat sebutan raptor dalam bahasa Inggris, sebuah sebutan yang juga dipakai untuk beberapa jenis dinosaurus. Nah, dari antara semua raptor alias burung pemangsa di dunia, tahukah kamu yang mana yang ukurannya terbesar? Ini dia daftar sepuluh burung pemangsa terbesar di dunia.

10. Elang emas 

10 Burung Pemangsa Terbesar di Dunia, Cepat dan Kuat! audubon.org

Mulai dari urutan kesepuluh, ada elang emas (Aquila chrysaetos) yang merupakan elang terbesar di Amerika Utara. Laman Ebird menyebut bahwa elang ini memiliki bentang sayap yang mencapai 2,2 meter dan berat 6,1 kg. Mereka disebut elang emas karena memiliki warna emas di sekitar leher dan belakang kepalanya.

9. Lammergeier 

10 Burung Pemangsa Terbesar di Dunia, Cepat dan Kuat! birdwatchingspain.net

Lammergeier (Gypaetus barbatus) adalah sebutan lain untuk burung kondor berjanggut yang tersebar di Eurasia serta Afrika. Sebutan kondor berjanggut diberikan karena bulu di bawah paruh mereka yang seperti janggut. Soal ukuran, lammergeier memiliki bentang sayap yang bisa mencapai 2,8 meter dan berat 7 kg.

8. Elang filipina  

10 Burung Pemangsa Terbesar di Dunia, Cepat dan Kuat! traveloka.com

Disebut juga elang pemakan monyet, elang filipina (Pithecophaga jefferyi) merupakan elang endemik Filipina. Mereka termasuk elang terbesar di dunia dengan bentang sayap 2,2 meter dan berat hingga 8 kg. Sesuai sebutannya, elang ini adalah pemakan monyet, tapi mereka juga suka berburu burung, kelelawar, tikus, reptil, dan bahkan burung pemangsa lain.

7. Elang harpy 

10 Burung Pemangsa Terbesar di Dunia, Cepat dan Kuat! mongabay.com

Berikutnya ada elang harpy (Harpia harpyja) yang memiliki ciri khas berupa bulu di atas kepalanya yang tegak ke atas. Bentang sayap burung ini memang "hanya" mencapai 2 meter, tapi berat mereka mencapai 9 kg sehingga merupakan elang terberat di dunia. San Diego Zoo juga menyebut bahwa cakar mereka yang tajam bisa mencapai panjang 13 cm!

6. Elang laut steller 

10 Burung Pemangsa Terbesar di Dunia, Cepat dan Kuat! sandiegozoo.org

Inilah spesies elang terbesar di dunia. Elang laut steller (Haliaeetus pelagicus) disebut laman National Geographic bisa mencapai bentang sayap 2,4 meter dan berat 9 kg. Mereka berhabitat di sekitar Rusia dan Asia Timur, khususnya Jepang. Sebagai elang laut, makanan utama elang ini adalah ikan salmon, tapi mereka juga makan berbagai hewan laut lain.

Baca Juga: Gak Cuma Jago Menyelam, Ini 7 Fakta Menarik Burung-burung Laut

5. Kondor berwajah lipatan 

10 Burung Pemangsa Terbesar di Dunia, Cepat dan Kuat! sa-venues.com

Sebutan lain burung ini adalah kondor nubia, dan nama latin mereka adalah Torgos tracheliotos. Laman Animalia menyebut bahwa mereka adalah burung kondor terbesar di Afrika, dengan bentang sayap mencapai 2,9 meter dan berat 9,4 kg. Ukuran mereka cukup besar untuk mengusir predator lain, misalnya anjing liar, dan merebut mangsa mereka.

4. Kondor california 

10 Burung Pemangsa Terbesar di Dunia, Cepat dan Kuat! allaboutbirds.org

Burung kondor california (Gymnogyps californianus) adalah burung pemangsa terbesar di Amerika Utara. Bentang sayap mereka bisa mencapai 2,8 meter dan berat 10 kg. Burung ini pernah mengalami kepunahan dari alam liar pada 1987. Tapi mereka masih terdapat di penangkaran dan kini sudah diperkenalkan kembali ke alam liar.

3. Kondor himalaya 

10 Burung Pemangsa Terbesar di Dunia, Cepat dan Kuat! ebird.org

Di posisi ketiga ada kondor himalaya (Gyps himalayensis) yang tersebar di kawasan Himalaya hingga ke Tiongkok. Ukuran burung ini mencapai bentang sayap 3 meter dan berat 12 kg. Mereka hidup di ketinggian 600 hingga 4.500 meter di atas permukaan laut, dan berburu di ketinggian hingga lebih dari 5.000 meter.

2. Kondor hitam eurasia 

10 Burung Pemangsa Terbesar di Dunia, Cepat dan Kuat! miratico.com

Disebut juga kondor cinereous (Aegypius monachus), burung ini memiliki bentang sayap hingga 3 meter dan berat mencapai 14 kg. Mereka tersebar di kawasan Eurasia, dan ukurannya yang besar membuat mereka dominan terhadap burung kondor lain di wilayahnya. Selain itu paruh mereka juga lebih kuat sehingga lebih mampu merobek makanannya berupa bangkai.

1. Kondor andes 

10 Burung Pemangsa Terbesar di Dunia, Cepat dan Kuat! chimuadventures.com

Inilah burung yang menyandang status burung pemangsa terbesar di dunia. Kondor andes (Vultur gryphus) memiliki bentang sayap hingga 3,2 meter dan berat 15 kg. Sayap mereka bahkan disebut sebagai sayap dengan luas area terbesar di antara semua burung. Selain bangkai, kondor andes juga kerap memangsa telur burung dan bahkan anak-anak burung lain.

Itulah sepuluh burung pemangsa yang memiliki ukuran terbesar di dunia. Ukuran mereka sangat menakjubkan, ya!

Baca Juga: 6 Fakta Hoatzin, Burung Endemik Amazon yang Disebut Burung Reptil

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya