Bagaimana Cara Ilmuwan Menentukan Umur Fosil? Ini Penjelasannya

Kok ilmuwan bisa tahu ya?

Ketika membaca atau menonton ulasan tentang hewan purba, biasanya kita akan mendapat informasi mengenai masa hidup hewan tersebut. Misalnya, si dinosaurus ganas T-rex konon hidup di bumi sekitar 65-67 juta tahun yang lalu. Sementara velociraptor hidup sekitar 75 juta tahun yang lalu.

Angka-angka tersebut tentu tidak sembarangan dikarang oleh para ahli paleontologi. Mereka mengambil kesimpulan masa hidup T-rex berdasarkan usia fosil T-rex yang mereka temukan. Namun pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana cara para ahli mengetahui usia sebuah fosil? Nah, berikut ini adalah penjelasan bagaimana para ahli menentukan usia sebuah fosil.

1. Metode pertama adalah penanggalan relatif

Bagaimana Cara Ilmuwan Menentukan Umur Fosil? Ini Penjelasannyablogs.discovermagazine.com

Sebagian besar fosil yang ditemukan ditentukan umurnya dengan menggunakan metode penanggalan relatif. Caranya adalah dengan membandingkan usia fosil dengan sesuatu yang berasal dari periode waktu yang sudah diketahui.

Sebagai contoh, misalkan sebuah fosil T-rex ditemukan menempel di sebuah lempeng batuan. Lalu setelah diselidiki, ternyata lempeng batuan tersebut sama dengan batuan lain yang sudah ditemukan sebelumnya. Batuan lain tersebut diketahui berasal dari periode waktu bernama zaman Maastrichtian.

Nah, zaman Maastrichtian diketahui terjadi sekitar 65-67 juta tahun yang lalu, maka kesimpulannya adalah T-rex pasti hidup di periode waktu tersebut. Selesai deh. Sederhana kan?

2. Bisa juga menggunakan indeks fosil

Bagaimana Cara Ilmuwan Menentukan Umur Fosil? Ini Penjelasannyasciencestruck.com

Masih tentang penanggalan relatif, bagaimana jika sebuah fosil ditemukan berada pada sebuah lempeng batuan, tapi ternyata lempeng tersebut gak sama dengan batuan lain manapun yang sudah ditemukan sebelumnya? Jika kasusnya seperti itu, para ahli bisa menggunakan indeks fosil.

Indeks fosil adalah fosil-fosil yang sudah ditemukan sebelumnya dan sudah diketahui umurnya. Fosil yang digunakan sebagai indeks fosil harus berasal dari periode waktu yang spesifik. Selain itu, fosil tersebut harus memiliki penyebaran geografis yang luas.

Contoh fosil yang sering dijadikan indeks fosil adalah fosil Brachiopoda, sejenis kerang purba. Jadi seandainya sebuah fosil yang ingin kita ketahui umurnya terdapat di sebelah fosil Brachiopoda, maka tentu fosil itu berumur sama dengan Brachiopoda tersebut.