Comscore Tracker

5 Dinosaurus Kerabat Tyrannosaurus Rex, Gak Kalah Mengerikan!

Penampilan mereka sangat mirip T. rex

Tyrannosaurus rex atau biasa disingkat T. rex adalah salah satu dinosaurus paling populer di dunia. Si "raja kadal yang lalim" ini terkenal sebagai predator puncak pada masanya. Dengan ukuran panjang hingga 12 meter, berat hingga 8 ton, dan deretan gigi tajam, T. rex gak hanya bisa membuat kita ngeri tapi juga takjub.

Karena sangat populer, banyak fakta soal T. rex sudah diketahui orang-orang, mungkin termasuk kamu. Namun, tahukah kamu soal dinosaurus-dinosaurus lain yang merupakan kerabat dekat T. rex? Lima dinosaurus berikut tergabung dalam famili yang sama dengan T. rex, yaitu Tyrannosauridae, dan mereka gak kalah mengerikan dari T. rex. Ini dia ulasannya.

1. Alioramus

5 Dinosaurus Kerabat Tyrannosaurus Rex, Gak Kalah Mengerikan!dinosaurioss.com

Pertama ada Alioramus, dinosaurus karnivor ganas yang hidup sekitar 70juta hingga 65 juta tahun yang lalu. Mereka hidup di Asia, seperti terindikasi dari fosil mereka yang ditemukan di Mongolia dan Tiongkok. Alioramus sendiri sebenarnya adalah nama genus, dengan dua spesies yang sudah diketahui, yaitu Alioramus remotus dan Alioramus altai.

Laman Thought Co menyebut bahwa ukuran Alioramus jauh lebih kecil daripada T. rex. Dengan panjang mencapai 6 meter dan berat hingga 450 kg, mereka hanya seukuran T. rex yang masih muda. Namun, tentu saja mereka tetap salah satu dinosaurus predator yang ditakuti pada masanya.

2. Tarbosaurus

5 Dinosaurus Kerabat Tyrannosaurus Rex, Gak Kalah Mengerikan!dinosaurpictures.org

Gak hanya Aliramous kerabat T. rex yang hidup di Asia, ada juga Tarbosaurus dengan satu spesiesnya, yaitu Tarbosaurus bataar. Dibanding Alioramus, Tarbosaurus jauh lebih mirip T. rex dalam hal ukuran. Ilmuwan bahkan sampai menyebut Tarbosaurus sebagai versi Asia dari T. rex, seperti dilansir dari Live Science.

Secara penampilan pun, keduanya sangat mirip. Saking miripnya, beberapa orang lebih suka menyebut Tarbosaurus sebagai Tyrannosaurus bataar. Namun, mereka tetap punya perbedaan, yaitu Tarbosaurus yang memiliki moncong yang lebih sempit dan tangan lebih pendek daripada T. rex.

Baca Juga: 5 Jenis Hewan Purba yang Sering Dikira Dinosaurus, padahal Bukan 

3. Gorgosaurus

5 Dinosaurus Kerabat Tyrannosaurus Rex, Gak Kalah Mengerikan!reddit.com

Berikutnya, ada Gorgosaurus, kerabat T. rex yang hidup sekitar 75 juta tahun lalu. Berbeda dengan Alioramus dan Tarbosaurus, fosil Gorgosaurus ditemukan di Kanada dan Amerika Serikat. Ada satu spesies yang sudah diidentifikasi dari genus ini, yaitu Gorgosaurus libratus.

Soal ukuran, Gorgosaurus lebih kecil dari T. rex. Panjang mereka mencapai 9 meter, sedangkan beratnya mencapai 2,8 ton, seperti dikutip dari Paleontology World. Secara taksonomi, Gorgosaurus masih berkerabat dengan T. rex, tapi mereka punya kerabat yang lebih dekat lagi yaitu Albertosaurus.

4. Albertosaurus

5 Dinosaurus Kerabat Tyrannosaurus Rex, Gak Kalah Mengerikan!reddit.com

Inilah dinosaurus yang kekerabatannya sangat dekat dengan Gorgosaurus. Albertosaurus sarcophagus adalah nama spesiesnya dan mereka dinamakan demikian karena fosilnya ditemukan di Alberta, Kanada. Menurut laman Australian Museum, Albertosaurus dan Gorgosaurus tergabung dalam subfamili yang sama, yaitu Albertosaurinae.

Ukuran Albertosaurus pun hampir sama dengan Gorgosaurus, yaitu mencapai panjang 10 meter dan berat 2,8 ton. Dengan ukuran yang lebih kecil dari T. rex, Albertosaurus diperkirakan bisa menangkap mangsa dengan dua cara, yaitu menyergap diam-diam maupun mengejar mangsanya. Mereka diperkirakan bisa berlari dengan kecepatan 30 km/jam, lho!

5. Lythronax

5 Dinosaurus Kerabat Tyrannosaurus Rex, Gak Kalah Mengerikan!prehistoricfury.com

Terakhir, ada Lythronax, genus dinosaurus yang terdiri dari satu spesies yaitu Lythronax argestes. Fosil mereka ditemukan di Utah, Amerika Serikat di lapisan batuan yang berusia sekitar 80 juta tahun. National Geographic menyebut bahwa artinya Lythronax hidup sekitar 12 juta tahun sebelum kemunculan T. rex.

Ukuran Lythronax memang hanya setengah dari T. rex, yaitu panjang sekitar 7 meter dan berat 2,5 ton. Meski demikian, mereka punya kemiripan dengan T. rex pada tengkoraknya. Karena bentuk tengkoraknya, Lythronax diperkirakan memiliki keuntungan serupa dengan T. rex, yaitu punya penglihatan jarak jauh yang cukup bagus. Cocok untuk mengincar mangsanya!

Itulah lima dinosaurus yang merupakan kerabat Tyrannosaurus rex alias T. rex. Yang mana yang menurutmu paling mirip?

Baca Juga: 5 Pertanyaan Umum tentang Kepunahan Dinosaurus, Apa Penyebabnya? 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya