5 Dinosaurus Kerabat Tyrannosaurus Rex, Gak Kalah Mengerikan!

Penampilan mereka sangat mirip T. rex

Tyrannosaurus rex atau biasa disingkat T. rex adalah salah satu dinosaurus paling populer di dunia. Si "raja kadal yang lalim" ini terkenal sebagai predator puncak pada masanya. Dengan ukuran panjang hingga 12 meter, berat hingga 8 ton, dan deretan gigi tajam, T. rex gak hanya bisa membuat kita ngeri tapi juga takjub.

Karena sangat populer, banyak fakta soal T. rex sudah diketahui orang-orang, mungkin termasuk kamu. Namun, tahukah kamu soal dinosaurus-dinosaurus lain yang merupakan kerabat dekat T. rex? Lima dinosaurus berikut tergabung dalam famili yang sama dengan T. rex, yaitu Tyrannosauridae, dan mereka gak kalah mengerikan dari T. rex. Ini dia ulasannya.

1. Alioramus

5 Dinosaurus Kerabat Tyrannosaurus Rex, Gak Kalah Mengerikan!dinosaurioss.com

Pertama ada Alioramus, dinosaurus karnivor ganas yang hidup sekitar 70juta hingga 65 juta tahun yang lalu. Mereka hidup di Asia, seperti terindikasi dari fosil mereka yang ditemukan di Mongolia dan Tiongkok. Alioramus sendiri sebenarnya adalah nama genus, dengan dua spesies yang sudah diketahui, yaitu Alioramus remotus dan Alioramus altai.

Laman Thought Co menyebut bahwa ukuran Alioramus jauh lebih kecil daripada T. rex. Dengan panjang mencapai 6 meter dan berat hingga 450 kg, mereka hanya seukuran T. rex yang masih muda. Namun, tentu saja mereka tetap salah satu dinosaurus predator yang ditakuti pada masanya.

2. Tarbosaurus

5 Dinosaurus Kerabat Tyrannosaurus Rex, Gak Kalah Mengerikan!dinosaurpictures.org

Gak hanya Aliramous kerabat T. rex yang hidup di Asia, ada juga Tarbosaurus dengan satu spesiesnya, yaitu Tarbosaurus bataar. Dibanding Alioramus, Tarbosaurus jauh lebih mirip T. rex dalam hal ukuran. Ilmuwan bahkan sampai menyebut Tarbosaurus sebagai versi Asia dari T. rex, seperti dilansir dari Live Science.

Secara penampilan pun, keduanya sangat mirip. Saking miripnya, beberapa orang lebih suka menyebut Tarbosaurus sebagai Tyrannosaurus bataar. Namun, mereka tetap punya perbedaan, yaitu Tarbosaurus yang memiliki moncong yang lebih sempit dan tangan lebih pendek daripada T. rex.