Comscore Tracker

7 Fakta Argentinosaurus, Dinosaurus Terbesar yang Pernah Hidup!

Mereka juga merupakan hewan darat terbesar sepanjang masa

Dinosaurus merupakan jenis hewan purba yang terkenal memiliki ukuran luar biasa besar. Meski tidak semua, kebanyakan dinosaurus yang dikenal manusia berukuran jauh lebih besar daripada hewan zaman modern. Dengan panjang mencapai puluhan meter dan bobot puluhan ton, ukuran dinosaurus memang bisa sangat menakjubkan!

Namun, dari semua jenis dinosaurus, tentu ada yang ukurannya terbesar. Dinosaurus mana yang berhak menyandang titel tersebut? Jawabannya yaitu Argentinosaurus huinculensis atau biasa disebut Argentinosaurus. Yuk, cari tahu lebih jauh tentang raksasa ini melalui tujuh fakta berikut.

1. Berapa besar ukuran Argentinosaurus?

7 Fakta Argentinosaurus, Dinosaurus Terbesar yang Pernah Hidup!mnn.com

Fakta pertama yang kamu ingin tahu pasti soal ukurannya. Memangnya, berapa sih ukuran mereka? Laman Britannica menyebut bahwa dinosaurus ini diperkirakan memiliki ukuran panjang 37-40 meter dan bobot 99-110 ton! Sementara, tinggi hingga ke bahunya diperkirakan mencapai 8 meter.

Dengan demikian, Argentinosaurus pantas disebut dinosaurus terbesar sekaligus hewan darat terbesar yang pernah hidup. Namun mereka bukanlah hewan terbesar sepanjang masa karena masih kalah dari paus biru yang disebut National Geographic berukuran 32 meter dan berat 200 ton.

2. Ditemukan di Argentina pada 1987

7 Fakta Argentinosaurus, Dinosaurus Terbesar yang Pernah Hidup!geek.com

Kalau kamu menebak Argentinosaurus dinamakan demikian karena ditemukan di Argentina, tebakanmu sangat tepat. Tepatnya pada 1987, fosil mereka pertama kali ditemukan berupa potongan tulang belakang sebesar manusia dewasa!

Pada 1993, ilmuwan secara resmi menamakan dinosaurus yang ditemukan itu sebagai Argentinosaurus. Menurut laman BBC Earth, fosil Argentinosaurus memang hanya terdapat di Argentina saja.

3. Termasuk golongan Sauropoda, Argentinosaurus adalah pemakan tumbuhan

7 Fakta Argentinosaurus, Dinosaurus Terbesar yang Pernah Hidup!omniversum.nl

Argentinosaurus termasuk kelompok dinosaurus yang disebut Sauropoda, yaitu dinosaurus bertubuh besar dan berleher panjang yang adalah herbivor. Kamu mungkin tahu soal beberapa Sauropoda terkenal, misalnya brontosaurus dan brachiosaurus.

Karena berukuran raksasa, tentu Argentinosaurus butuh makanan yang sangat banyak. Diperkirakan, mereka harus mengonsumsi hingga 100 ribu kalori per hari. Tentu, kotoran yang mereka hasilkan pun sangat banyak yaitu sekitar 15 liter kotoran setiap kali buang air!

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Bertema Dinosaurus yang Cocok untuk Liburan Anak

4. Punya kecepatan yang lumayan

7 Fakta Argentinosaurus, Dinosaurus Terbesar yang Pernah Hidup!bbc.com

Dengan ukuran yang sangat besar, masuk akal untuk berpikir bahwa Argentinosaurus pasti gak bisa bergerak dengan lincah. Namun, menurut laman Thought Co, ternyata ilmuwan memperkirakan bahwa mereka bisa mencapai kecepatan 5 mil per jam alias sekitar 8 km per jam.

Tentu, Argentinosaurus yang sedang berlari tampak menakutkan dan bisa menyebabkan kerusakan besar!

5. Kemungkinan dimangsa oleh Giganotosaurus

7 Fakta Argentinosaurus, Dinosaurus Terbesar yang Pernah Hidup!curiosity.com

Apakah ada dinosaurus yang cukup berani untuk memangsa Argentinosaurus? Bisa jadi ada. Argentinosaurus hidup pada masa Cretaceous di Amerika Selatan berdampingan dengan Giganotosaurus, karnivor ganas yang lebih besar dari T-Rex!

Namun tentu, satu ekor Giganotosaurus tidak sanggup memangsa Argentinosaurus sendirian. Makanya, ilmuwan memperkirakan bahwa mereka akan berburu secara berkelompok untuk melumpuhkan si raksasa tersebut.

6. Fosil lengkap Argentinosaurus sulit ditemukan

7 Fakta Argentinosaurus, Dinosaurus Terbesar yang Pernah Hidup!phys.org

Sebenarnya fosil Argentinosaurus yang telah ditemukan sangat terbatas. Hingga kini, fosil mereka sangat sulit ditemukan secara lengkap. Gambar di atas hanyalah replika fosil lengkap Argentinosaurus yang dibuat sesuai perkiraan ukuran aslinya.

Bagian tengkoraknya sulit ditemukan karena memang sering kali terpisah setelah dinosaurus Sauropoda mati. Namun, para ilmuwan sudah berhasil menemukan puluhan tulang belakang, beberapa tulang rusuk, dan sebuah tulang paha.

7. Pernah muncul perdebatan tentang apakah Argentinosaurus memang dinosaurus terbesar

7 Fakta Argentinosaurus, Dinosaurus Terbesar yang Pernah Hidup!travelblog.org

Ada banyak jenis dinosaurus Sauropoda dan semuanya memiliki ukuran yang luar biasa. Makanya, cukup sulit bagi ilmuwan untuk memastikan Sauropoda mana yang berukuran paling besar. Status Argentinosaurus sebagai dinosaurus terbesar sendiri sempat diperdebatkan.

Patagotitan mayorum, Sauropoda yang ditemukan di Argentina pada 2014 sempat dikira sebagai yang terbesar.

Namun, perkiraan terakhir menyebut bahwa dinosaurus yang biasa disebut Patagotitan ini "hanya" mencapai panjang 37 meter dan berat 77 ton. Makanya, sejauh ini, para ilmuwan umumnya setuju bahwa gelar dinosaurus terbesar dipegang oleh Argentinosaurus.

Itulah tujuh fakta tentang Argentinosaurus, dinosaurus terbesar sekaligus hewan darat terbesar sepanjang masa. Mereka sangat luar biasa, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Dinosaurus, Hewan Purba yang Bikin Kagum

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya