7 Fakta Argentinosaurus, Dinosaurus Terbesar yang Pernah Hidup!

Mereka juga merupakan hewan darat terbesar sepanjang masa

Dinosaurus merupakan jenis hewan purba yang terkenal memiliki ukuran luar biasa besar. Meski tidak semua, kebanyakan dinosaurus yang dikenal manusia berukuran jauh lebih besar daripada hewan zaman modern. Dengan panjang mencapai puluhan meter dan bobot puluhan ton, ukuran dinosaurus memang bisa sangat menakjubkan!

Namun, dari semua jenis dinosaurus, tentu ada yang ukurannya terbesar. Dinosaurus mana yang berhak menyandang titel tersebut? Jawabannya yaitu Argentinosaurus huinculensis atau biasa disebut Argentinosaurus. Yuk, cari tahu lebih jauh tentang raksasa ini melalui tujuh fakta berikut.

1. Berapa besar ukuran Argentinosaurus?

7 Fakta Argentinosaurus, Dinosaurus Terbesar yang Pernah Hidup!mnn.com

Fakta pertama yang kamu ingin tahu pasti soal ukurannya. Memangnya, berapa sih ukuran mereka? Laman Britannica menyebut bahwa dinosaurus ini diperkirakan memiliki ukuran panjang 37-40 meter dan bobot 99-110 ton! Sementara, tinggi hingga ke bahunya diperkirakan mencapai 8 meter.

Dengan demikian, Argentinosaurus pantas disebut dinosaurus terbesar sekaligus hewan darat terbesar yang pernah hidup. Namun mereka bukanlah hewan terbesar sepanjang masa karena masih kalah dari paus biru yang disebut National Geographic berukuran 32 meter dan berat 200 ton.

2. Ditemukan di Argentina pada 1987

7 Fakta Argentinosaurus, Dinosaurus Terbesar yang Pernah Hidup!geek.com

Kalau kamu menebak Argentinosaurus dinamakan demikian karena ditemukan di Argentina, tebakanmu sangat tepat. Tepatnya pada 1987, fosil mereka pertama kali ditemukan berupa potongan tulang belakang sebesar manusia dewasa!

Pada 1993, ilmuwan secara resmi menamakan dinosaurus yang ditemukan itu sebagai Argentinosaurus. Menurut laman BBC Earth, fosil Argentinosaurus memang hanya terdapat di Argentina saja.

3. Termasuk golongan Sauropoda, Argentinosaurus adalah pemakan tumbuhan

7 Fakta Argentinosaurus, Dinosaurus Terbesar yang Pernah Hidup!omniversum.nl

Argentinosaurus termasuk kelompok dinosaurus yang disebut Sauropoda, yaitu dinosaurus bertubuh besar dan berleher panjang yang adalah herbivor. Kamu mungkin tahu soal beberapa Sauropoda terkenal, misalnya brontosaurus dan brachiosaurus.

Karena berukuran raksasa, tentu Argentinosaurus butuh makanan yang sangat banyak. Diperkirakan, mereka harus mengonsumsi hingga 100 ribu kalori per hari. Tentu, kotoran yang mereka hasilkan pun sangat banyak yaitu sekitar 15 liter kotoran setiap kali buang air!