Comscore Tracker

5 Fakta Gorila, Primata Terbesar Kerabat Dekat Manusia

Benarkah mereka agresif terhadap manusia?

Gorila adalah salah satu hewan primata yang paling dikenal. Mereka populer karena ukurannya yang besar, dan gestur memukul dada ketika sedang marah yang menjadi ciri khasnya. Sedemikian diseganinya hewan ini hingga menjadi inspirasi dari sosok King Kong sang primata raksasa yang telah muncul di layar lebar sejak dulu.

Tapi tentu fakta menakjubkan tentang hewan yang 98 persen DNA-nya sama dengan manusia ini gak hanya sampai di situ saja. Yuk pelajari 5 fakta lain tentang gorila berikut ini.

1. Primata terbesar yang masih hidup

5 Fakta Gorila, Primata Terbesar Kerabat Dekat Manusialiveanimalslist.com

Sangat wajar jika gorila terkenal karena ukurannya yang besar, karena faktanya mereka adalah primata terbesar yang masih hidup di bumi. Gorila terdiri dari 2 spesies, yaitu gorila barat (Gorilla gorilla) yang hidup di Afrika sebelah barat dan gorila timur (Gorilla beringei) yang hidup di sebelah timur.

Kedua spesies tersebut punya ciri fisik yang sangat mirip. Live Science menyebut bahwa secara umum, gorila memiliki tinggi hingga 180 cm. Yang istimewa adalah lengannya. Seperti hewan primata pada umumnya, lengan gorila lebih panjang daripada kakinya. Bentang lengan gorila jantan bisa mencapai 2,6 meter!

Berat gorila pun gak kalah menakjubkan. Gorila yang hidup di dataran rendah memiliki berat hingga 180 kg. Sedangkan gorila pegunungan biasanya lebih berat, dengan bobot hingga lebih dari 200 kg.

2. Mereka sangat kuat

5 Fakta Gorila, Primata Terbesar Kerabat Dekat Manusiathenigerianvoice.com

Dengan ukuran yang besar, tentu gorila punya kekuatan yang besar pula. Laman Discover Wildlife menyebut bahwa kekuatan gorila diperkirakan sekitar 4 hingga 10 kali lebih kuat daripada manusia. Kekuatan gigitan mereka pun luar biasa, yaitu sekitar 1.300 psi. Itu dua kali lebih kuat daripada kekuatan gigitan singa lho!

Baca Juga: Bekantan: Monyet Unik Hidung Besar Satwa Endemik Kalimantan

3. Mereka juga sangat pintar

5 Fakta Gorila, Primata Terbesar Kerabat Dekat Manusiathestar.com

Hewan primata biasanya terkenal dengan kecerdasannya. Tak terkecuali gorila. Mereka bisa menggunakan alat seperti ranting pohon untuk mencari makan. Gorila hidup dalam kelompok, dan mereka berkomunikasi satu sama lain menggunakan bahasa yang cukup kompleks, terdiri dari sekitar 25 suara berbeda.

Khususnya apabila gorila dibesarkan di penangkaran, maka kecerdasan mereka bisa lebih menonjol lagi. Seekor gorila betina bernama Koko diajari bahasa isyarat sejak umur 1 tahun, dan ketika usianya 40 tahun ia sudah bisa menggunakan 1.000 isyarat dan mengerti 2.000 kata bahasa inggris.

4. Mereka gak agresif terhadap manusia

5 Fakta Gorila, Primata Terbesar Kerabat Dekat Manusiaimmediate.co.uk

Film King Kong mungkin menggambarkan gorila sebagai hewan brutal yang siap bertarung melawan siapapun. Dan hal itu memang gak sepenuhnya salah. Kelompok gorila dipimpin oleh seekor pejantan alfa. Gorila alfa biasanya disebut silverback alias punggung perak karena bulu punggungnya yang berubah jadi kelabu seiring bertambah usia.

Silverback cenderung agresif kepada sesama pejantan. Jika ada pejantan yang masuk ke wilayahnya, silverback akan mengintimidasi dengan berbagai gerakan, salah satunya gerakan memukul-mukul dada yang populer itu. Jika si pejantan bergeming, silverback akan menyerang, kadang berujung pada kematian salah satu dari mereka.

Tapi bukan berarti gorila berbahaya bagi manusia. Gorila cenderung agresif hanya kepada sesama gorila. BBC melaporkan bahwa ada beberapa kasus serangan gorila terhadap manusia, tapi semuanya terjadi karena mereka diganggu. Dan serangan yang terjadi jarang menewaskan manusia. Itu bukti bahwa mereka sebenarnya lebih suka berdamai dengan manusia.

5. Mereka semakin terancam punah

5 Fakta Gorila, Primata Terbesar Kerabat Dekat Manusiaunsplash/Porco Rosso

Sayangnya semua hal menakjubkan tentang gorila mungkin gak akan cukup untuk menyelamatkan mereka dari ancaman kepunahan. Gorila betina biasanya hanya melahirkan satu bayi setiap 4 hingga 6 tahun. Dan secara total, seekor gorila betina hanya akan melahirkan 3 sampai 4 kali dalam hidupnya.

Laju reproduksi yang rendah plus perburuan dan perusakan habitat membuat jumlah mereka di alam liar terus tergerus. Spesies gorila barat dan gorila timur sama-sama berstatus sangat terancam di situs IUCN alias Uni Internasional untuk Konservasi Alam. Butuh perjuangan keras untuk bisa mencegah kepunahan menimpa mereka.

Itulah lima fakta tentang gorila, primata terbesar yang merupakan kerabat dekat manusia. Hewan yang besar dan kuat ini ternyata adalah raksasa yang lembut dan menakjubkan, maka tentu kita berharap agar spesies mereka bisa terus bertahan dan tidak sampai punah.

Baca Juga: Imutnya 7 Potret Pygmy Marmoset, Monyet Lucu yang Terkecil Dunia

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You