Comscore Tracker

10 Fakta Kuda Nil yang Jarang Diketahui, Ternyata Gak Bisa Berenang

Mereka bisa berlari cepat

Kuda nil adalah salah satu hewan endemik benua Afrika yang terkenal. Hewan ini memiliki penampilan yang sangat khas, dengan tubuh besar, kaki pendek, serta mulut yang bisa terbuka sangat lebar. Sesuai namanya, mereka juga dikenal berhabitat di sekitar sungai, tak hanya Sungai Nil tapi juga sungai-sungai lain di Afrika.

Selain fakta-fakta tersebut, masih ada fakta-fakta unik lain tentang kuda nil yang bisa kita pelajari. Beberapa di antaranya mungkin akan membuatmu terkejut, lho. Ini dia 10 fakta unik tentang kuda nil yang jarang diketahui.

1. Ada spesies kuda nil kerdil

10 Fakta Kuda Nil yang Jarang Diketahui, Ternyata Gak Bisa Berenangkuda nil kerdil (tass.com)

Kuda nil yang hidup saat ini ternyata terdiri dari dua spesies. Selain kuda nil (Hippopotamus amphibious) yang biasa kita kenal, ada pula spesies kuda nil kerdil (Choeropsis liberiensis) yang lebih jarang diketahui. Dilansir Animalia, ukuran kuda nil kerdil mencapai panjang 1,75 meter dan berat 275 kg.

Ukuran tersebut sudah cukup besar, tapi masih kalah jauh dibanding kuda nil, yang panjangnya bisa mencapai 5 meter dan berat 4,5 ton. Persebaran kuda nil kerdil juga jauh lebih sempit, yaitu hanya di sekitar Afrika Barat, tak seperti kuda nil yang tersebar di hampir seluruh Afrika kecuali Afrika Utara.

2. Gak bisa berenang

10 Fakta Kuda Nil yang Jarang Diketahui, Ternyata Gak Bisa Berenangkuda nil sebenarnya tidak bisa berenang (mallorylindsay.com)

Kuda nil terkenal sebagai hewan yang sangat suka berada di air. Menurut National Geographic, mereka bisa menghabiskan hingga 16 jam di air dalam sehari. Tapi tak seperti yang dikira banyak orang, kuda nil ternyata gak bisa berenang. Tubuh mereka berat, dan kaki mereka terlalu pendek untuk menciptakan gaya yang cukup kuat untuk mengambang.

Lalu kenapa kuda nil bisa berada di air tanpa tenggelam? Laman San Diego Zoo mengatakan bahwa kuda nil sebenarnya "berjalan" di dasar sungai dangkal, menggunakan jari kakinya untuk mendorong tubuhnya bergerak. Jika masuk ke perairan yang dalam, kuda nil pasti akan tenggelam.

3. Bisa tidur di dalam air

10 Fakta Kuda Nil yang Jarang Diketahui, Ternyata Gak Bisa Berenangpotret kuda nil di kebun binatang tidur di dalam air (hindustantimes.com)

Kuda nil adalah hewan yang memang dirancang untuk menghabiskan waktu lama di air. Mereka memiliki membran bening khusus di matanya yang berfungsi sebagai pelindung dari kotoran di dalam air. Lubang hidung mereka juga bisa menutup dengan sendirinya, dan mereka bisa menahan napas hingga 5 menit.

Bahkan, kuda nil bisa tidur di dalam air! Itu karena mereka memiliki refleks khusus yang bisa membuat mereka naik ke permukaan air, mengambil napas, lalu kembali ke dalam air tanpa terbangun sama sekali. Luar biasa!

4. Bisa berlari lebih cepat daripada manusia

10 Fakta Kuda Nil yang Jarang Diketahui, Ternyata Gak Bisa Berenangpotret kuda nil berlari (newscientist.com)

Selain dikira perenang hebat, kuda nil juga sering disangka tak bisa berlari cepat. Dugaan itu wajar karena mereka memiliki tubuh yang besar dan berat serta kaki yang pendek. Tapi siapa sangka bahwa ternyata kuda nil sanggup berlari di darat dengan kecepatan melebihi rata-rata manusia.

Ya, kecepatan kuda nil saat berlari bisa mencapai 30 km/jam. Sementara, kecepatan lari rata-rata pria dewasa adalah 10 km/jam, seperti dilansir Healthline. Maka, kecuali kamu adalah atlet lari cepat, jangan coba-coba adu lari dengan kuda nil karena kemungkinan besar kamu akan kalah!

5. Hewan darat dengan mulut terbesar

10 Fakta Kuda Nil yang Jarang Diketahui, Ternyata Gak Bisa BerenangKuda nil memiliki mulut yang lebar dan gigi yang panjang. (nationalgeographic.com)

Salah satu ciri khas kuda nil adalah mulutnya yang lebar serta giginya yang besar. Guinness World Record menetapkan kuda nil sebagai hewan darat dengan mulut terbesar. Kuda nil bisa membuka mulutnya hampir 180 derajat, hingga mencapai lebar sekitar 1,2 meter!

Sementara gigi kuda nil juga adalah salah satu yang terbesar di antara hewan darat. Hanya gajah yang bisa mengungguli mereka, karena gading gajah sebenarnya merupakan modifikasi gigi seri yang bisa mencapai panjang 2 meter. Sementara panjang gigi kuda nil pun tak kalah menakjubkan, yaitu bisa sampai 122 cm.

Baca Juga: 8 Danau Unik di Tanzania, Mengandung Alkali hingga Ditinggali Kuda Nil

6. Bisa menjadi kanibal

10 Fakta Kuda Nil yang Jarang Diketahui, Ternyata Gak Bisa Berenangkuda nil memakan bangkai sesama spesiesnya (dailymail.co.uk)

Dengan gigi yang sangat besar, kuda nil bakal jadi predator yang sangat berbahaya seandainya mereka adalah karnivor. Untungnya, mereka merupakan herbivor pemakan tumbuhan. Akan tetapi, terkadang mereka juga bisa menjadi kanibal.

National Geographic melaporkan bahwa ilmuwan pernah mengamati kuda nil memakan bangkai sesamanya sendiri. Hal itu biasanya terjadi saat kondisi ekstrem. Misalnya saat kekeringan parah, sehingga kuda nil melakukan kanibalisme untuk mendapatkan nutrisi yang cukup.

7. Tidak serakus yang dikira banyak orang

10 Fakta Kuda Nil yang Jarang Diketahui, Ternyata Gak Bisa Berenangpotret kuda nil sedang makan (worldatlas.com)

Karena memiliki badan yang sangat besar, banyak orang mengira bahwa kuda nil adalah hewan yang rakus. Menurut San Diego Zoo, jumlah makanan kuda nil dalam sehari memang cukup banyak, yaitu bisa mencapai 40 kg. Tapi jika dibanding dengan berat tubuhnya, jumlah itu sebenarnya terbilang minim.

Jumlah itu hanya sekitar 1,5 persen dari berat tubuh kuda nil. Sebagai perbandingan, seekor sapi bisa memakan makanan seberat 2,5 persen berat tubuhnya setiap hari. Bahkan manusia pun bisa makan hingga 2 persen berat tubuhnya per hari. Jelas bahwa kuda nil ternyata tak serakus yang dikira banyak orang.

8. Bisa mengeluarkan suara yang sangat keras

https://www.youtube.com/embed/V9Mfe3H45_E

Kuda nil bukanlah hewan yang terkenal dengan suaranya. Banyak orang tahu seperti apa suara gajah atau singa, tapi suara kuda nil umumnya tak banyak diketahui. Menurut Live Science, kuda nil bisa mengeluarkan suara dengusan, deruman, atau gerutu yang keras, seperti dalam video di atas.

Seberapa keras? Ternyata intensitas suara yang mereka keluarkan bisa mencapai 115 desibel. Itu setara dengan suara speaker di konser musik rock dari jarak 4,5 meter. Artinya, suara kuda nil bisa berbahaya bagi pendengaran manusia.

9. Punya ritual perkawinan yang unik tapi menjijikkan

10 Fakta Kuda Nil yang Jarang Diketahui, Ternyata Gak Bisa BerenangKuda nil memiliki ritual kawin yang unik. (scientificamerican.com)

Banyak jenis hewan yang memiliki ritual unik dalam menarik perhatian lawan jenis untuk kawin. Kuda nil pun demikian, tapi ritual yang mereka lakukan terbilang tak sekadar unik, tapi juga menjijikkan. Kuda nil jantan menarik perhatian betina dengan cara buang kotoran di depan mereka!

Bahkan sambil buang kotoran, si jantan juga akan memutar-mutar ekornya supaya kotorannya terpencar kemana-mana. Jika si betina tertarik, ia pun akan melakukan ritual yang sama, yaitu membelakangi si jantan dan buang kotoran di hadapannya. Unik tapi menjijikkan, ya!

10. Merupakan hewan mamalia darat paling mematikan di dunia

10 Fakta Kuda Nil yang Jarang Diketahui, Ternyata Gak Bisa BerenangKuda nil adalah mamalia darat paling mematikan di dunia. (stuff.co.nz)

Afrika adalah benua yang penuh dengan berbagai hewan buas yang berbahaya. Banyak hewan mamalia besar yang bisa membunuh manusia, mulai dari singa, badak, hingga gajah. Namun dari antara semuanya, ternyata yang paling mematikan bagi manusia adalah kuda nil.

Laman BBC melaporkan bahwa kuda nil membunuh rata-rata 500 orang per tahun di Afrika. Dengan ukuran super besar serta gigitan yang kuat, kuda nil memang adalah hewan yang sangat berbahaya. Mereka juga bisa agresif, terutama saat bersama anak-anaknya. Kalau suatu saat kamu bertemu langsung, kamu harus sangat hati-hati dengan mereka!


Kuda nil adalah hewan yang terkenal, tapi tetap ada beberapa fakta baru yang bisa kita pelajari soal mereka. Dunia satwa memang penuh misteri dan menakjubkan!

Baca Juga: 5 Hal Menarik dari Kuda Nil, Hewan Berwajah Lucu yang Ganas

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya