Comscore Tracker

5 Fakta Megalania, Kadal Terbesar yang Pernah Hidup di Bumi

Megalania merupakan kerabat dari komodo dan biawak

Sebagai orang Indonesia, kamu pasti tahu komodo (Varanus komodoensis), hewan endemik Indonesia yang merupakan spesies kadal terbesar di dunia. Ukuran mereka yang sangat besar membuat banyak orang kagum, sekaligus ngeri karena komodo adalah predator ganas yang sangat mematikan.

Tapi tahukah kamu bahwa di zaman purba pernah hidup kerabat komodo yang ukurannya lebih besar lagi? Nama hewan tersebut adalah Megalania prisca, atau biasa disebut Megalania saja. Sebesar besar dan ganaskah Megalania itu? Yuk, cari tahu melalui lima fakta tentang Megalania berikut ini.

1. Merupakan kadal terbesar yang pernah hidup di bumi 

5 Fakta Megalania, Kadal Terbesar yang Pernah Hidup di Bumiprehistoric-wildlife.com

Komodo adalah kadal terbesar yang hidup saat ini, dengan panjang mencapai 3 meter dan bobot hingga 165 kg. Itu adalah ukuran yang sangat luar biasa, tapi masih belum ada apa-apanya dibanding Megalania. Dilansir laman Thought Co, panjang Megalania bisa mencapai 7 meter dan berat hingga 2 ton!

Beberapa sumber lain bahkan menyebut perkiraan ukuran hingga 8 meter atau lebih. Sementara tinggi mereka hingga ke punggung bisa setara pinggang orang dewasa. Dengan ukuran sebesar itu, Megalania adalah kadal terbesar yang pernah hidup di muka bumi.

2. Sekarang dikenal para ilmuwan sebagai Varanus prisca, tapi nama Megalania tetap dipakai 

5 Fakta Megalania, Kadal Terbesar yang Pernah Hidup di Bumidinopedia.fandom.com

Secara taksonomi, Megalania termasuk ke dalam ordo Squamata yang mencakup kadal dan ular. Itu artinya mereka tidak berkerabat dekat dengan Dinosaurus yang merupakan bagian klad Dinosauria. Masa hidup Megalania pun sekitar 2 juta tahun hingga 40 ribu tahun lalu, jauh berbeda dengan Dinosaurus yang sudah punah sejak 66 juta tahun lalu.

Menurut laman Prehistoric Wildlife, nama Megalania sendiri sebenarnya sudah tidak dipakai oleh para ilmuwan. Sekarang nama resmi mereka adalah Varanus prisca, sehingga tergabung dalam genus yang sama dengan komodo dan biawak. Namun demikian, nama Megalania tetap lebih umum dipakai karena lebih populer.

Baca Juga: 5 Hal Ilmiah yang Membuat Manusia Purba Bisa Menjadi Penyintas Hebat

3. Berhabitat di Australia 

5 Fakta Megalania, Kadal Terbesar yang Pernah Hidup di Bumioutdoordesign.com.au

Sejauh ini, fosil Megalania hanya ditemukan di Australia, terutama Australia bagian timur dan selatan. Mereka diperkirakan berhabitat di hutan dan padang rumput. Fosil mereka juga pernah ditemukan di sungai dan dalam gua, tapi sangat jarang hingga diperkirakan mereka tidak benar-benar hidup di kedua tempat tersebut.

4. Sanggup memangsa hewan yang sangat besar 

5 Fakta Megalania, Kadal Terbesar yang Pernah Hidup di Bumiaminoapps.com

Karena berukuran luar biasa, Megalania tentu punya kemampuan untuk memangsa hewan berukuran besar pula. Salah satunya Diprotodon, sejenis wombat raksasa yang bisa tumbuh hingga 4 meter dan berat 3 ton. Ada pula Procoptodon, kanguru raksasa setinggi 2 meter dan berat 240 kg.

Seperti komodo, Megalania juga diperkirakan memiliki liur beracun yang membantu mereka melumpuhkan mangsanya. Mereka merupakan predator yang berburu dengan cara menyergap mangsanya. Laman Australian Geographic juga menyebut bahwa Megalania kemungkinan juga merupakan pemakan bangkai.

5. Diperkirakan punah akibat kedatangan manusia 

5 Fakta Megalania, Kadal Terbesar yang Pernah Hidup di Bumireddit.com

Dengan ukuran yang sangat besar, Megalania diperkirakan merupakan predator alfa pada zamannya. Namun bukan berarti mereka selalu bebas dari ancaman. Pada zaman itu hidup pula Quinkana, buaya purba yang bisa mencapai ukuran setara dengan Megalania. Buaya ini bisa menjadi ancaman serius bagi Megalania.

Ada pula Thylacoleo carnifex, sejenis singa marsupial yang merupakan mamalia karnivor terbesar yang pernah hidup di Australia. Panjang mereka memang hanya 1,5 meter, tapi mereka punya gerakan yang lebih lincah serta gigitan yang sangat kuat. Maka Thylacoleo carnifex diperkirakan bisa memangsa Megalania, terutama jika mereka menyerang secara berkelompok.

Meski begitu, kedua predator tersebut bukanlah sebab utama kepunahan Megalania. Diperkirakan mereka mulai punah akibat kedatangan manusia pertama kali ke Australia sekitar 50 ribu tahun lalu. Manusia berburu mamalia berukuran besar yang jadi mangsa favorit Megalania. Perlahan tapi pasti, populasi Megalania pun berkurang dan akhirnya punah.

Itulah lima fakta tentang Megalania, si kadal terbesar yang pernah hidup di bumi. Benar-benar makhluk yang luar biasa ya!

Baca Juga: 10 Spesies Kadal Terunik, Ada yang Bisa Berlari di Atas Air! 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya